Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh inovasi pembelajaran dan kurikulum merdeka terhadap karakter kemandirian belajar peserta didik di Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Katolik di Kota Manado. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik analisis regresi untuk mengukur hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang baik dan signifikan inovasi pembelajaran guru terhadap karakter kemandirian belajar peserta didik dengan Uji T sebesar 16.029 > 0,159 nilai t Tabel dan dengan signifikansi 0,000 ˂ 0,05 sedangkan koefisien determinasi diperoleh R 0,664 dan R2 sebesar 0,718, terdapat pengaruh yang baik dan signifikan kurikulum merdeka terhadap karakter kemandirian belajar peserta didik dengan Uji T sebesar 15.029 > 0,159 nilai t Tabel dan dengan signifikansi 0,000 ˂ 0,05 sedangkan koefisien determinasi R sebesar 0,694 dan R2 sebesar 0,758, terdapat pengaruh yang baik dan signifikan inovasi pembelajaran dan kurikulum merdeka terhadap karakter kemandirian belajar SMA dan SMK Katolik di Kota Manado dengan Uji F sebesar 131.181 > 0,199 dan nilai F tabel dengan signifikansi 0,000 ˂ 0,05 dengan koefisien R sebesar 0,795, R2 sebesar 0,632 dan adjusted R2 sebesar 0,627.
References
Ariyanto Andy, Sutama, M. (2022). Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 9(2), 101–116.
Astini, N. K. S. (2022). Tantangan Implementasi Merdeka Belajar Pada Era New Normal Covid-19 Dan Era Society 5.0. Lampuhyang, 13(1), 164–180. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v13i1.298
Difana Leli Anggraini, D. (2022). Peran Guru Dalam Mengembangan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(3), 290–298. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i3.53
Dodi, I. (2019). Menggagas Pendidikan Nilai dalam Sistem Pendidikan Nasional. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), 109–122. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/73
Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084/660
Gugule, H., & Mesra, R. (2022). Peran Program Pengembangan Dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Dalam Inovasi Tanaman Coklat Pada Kelompok Tani Di Desa Mopusi Kabupaten Bolaang Mongondow. In JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala (Vol. 7, Issue 4). Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala. https://doi.org/10.58258/jupe.v7i4.4139
Gusnita, G., Melisa, M., & Delyana, H. (2021). Kemandirian Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif TPSq. Jurnal Absis : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(2), 286–296. https://doi.org/10.30606/absis.v3i2.645
Jannah, F., Irtifa, T., & Zahra, P. F. A. (2022). Pengertian Kurikulum Merdeka Latar Belakang. Al Yazidiy: Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Pendidikan, 4(2), 55–65.
Kurnia Bungsu, T., Vilardi, M., Akbar, P., Bernard, M., Siliwangi, I., Terusan, J. L., Sudirman, J., Tengah, C., Cimahi, K., & Barat, J. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Smkn 1 Cihampelas. Journal on Education, 1(2), 382–389.
Ma’ruf, M. H. (2024). Analisis Peran Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa di Era Pendidikan Kontemporer. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 16–23. https://doi.org/10.24176/anargya.v7i1.12407
Manaf, A., & Natsir, S. R. (2023). Nilai Karakter Kemandirian Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SD (Meta-Analysis Fixed Effect Model). Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(2), 179. https://doi.org/10.24042/terampil.v9i2.13881
Mua, M. M., & Mentang, P. J. (2022). Implementasi Model Experiential Learning dalam Pembelajaran PAK Materi Budaya Kekerasan Versus Budaya Kasih pada Siswa Kelas XI SMA Katolik Don Bosco Lembean, Minahasa Utara. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5447–5454. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1200
Mua, M. M., Sawatu, B. W., & Rado, M. C. (2024). Implementation of Religious Literacy in Shaping the Moral Character of Students. EDUTEC : Journal of Education And Technology, 7(3), 534–547. https://doi.org/10.29062/edu.v7i3.787
Mua, M. M., & Solung, K. L. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint terhadap Motivasi Belajar Siswa SMA Katolik Don Bosco Lembean. ECCE: Jurnal Pendidikan Pastoral Kateketik, 1(1), 41–51. https://doi.org/10.59975/ecce.v1i1.4
Muhammad Reza Arviansyah, A. S. (2023). Efektivitas dan Peran Guru Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. LENTERA Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(4), 319–330. https://doi.org/10.59059/perspektif.v1i4.766
Nahdhiah, U., & Suciptaningsih, O. A. (2024). Optimization of Kurikulum Merdeka through differentiated learning: Effectiveness and implementation strategy. Inovasi Kurikulum, 21(1), 349–360. https://doi.org/10.17509/jik.v21i1.65069
Nugraha, T. S. (2022). Kurikulum Merdeka untuk pemulihan krisis pembelajaran. Inovasi Kurikulum, 19(2), 251–262. https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.45301
Pangalila, T., Paka, N., Pombaile, E., Abdul, A., & Sampel, F. L. (2024). Pemanfaatan aplikasi canva sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa Kelas X-4 SMA Negeri 1 Tondano. Academy of Education Journal, 15(1), 415–420. https://doi.org/10.47200/aoej.v15i1.2212
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak Restu. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319.
Rahmi, D. (2020). Penggunaan Model Discovery Learning Dengan Metode Permainan Pada Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. In Inovasi Pendidikan (Vol. 7, Issue 2). LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. https://doi.org/10.31869/ip.v7i2.2299
Rambung, O., Sion, Bungamawelona, Puang, Y., & Salenda, S. (2023). Transformasi Kebijakan Pendidikan Melalui Implementasi. Jurnal Ilmu Pendidikan , 1(3), 598–612.
Sabirin, M. (2022). Peran Teknologi pada Seorang Guru terhadap Inovasi pendidikan di Generasi Z. Center for Open Science. https://doi.org/10.31219/osf.io/zqv5a
Wafa, I. (2023). Inovasi Pendidikan Berbasis E-Learning. Center for Open Science. https://doi.org/10.31237/osf.io/hk7q6
Wahyudi, N., & Widodo, H. (2020). Inovasi Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Brain Based Learning di SMK Muhammadiyah 1 Temon. In TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam (Vol. 15, Issue 2, pp. 247–256). Institut Agama Islam Negeri Madura. https://doi.org/10.19105/tjpi.v15i2.3639
Warouw, R. A., Pangalila, T., & Keintjem, M. V. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Dalam Pembelajran Ppkn Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Xi Ips Di Sma Negeri 2 Tondano. Academy of Education Journal, 14(2), 367–376. https://doi.org/10.47200/aoej.v14i2.1673
Wiriani, W. T. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Online. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 57–63. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i1.436
Jurnal Moral Kemasyarakatan memungkinkan pembaca untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikelnya dan memungkinkan pembaca menggunakannya untuk tujuan lain yang sah menurut hukum. Jurnal memegang hak cipta. Setelah artikel diterbitkan, hak cipta ditransfer dari penulis ke penerbit jurnal.
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .