Penerapan Media Pembelajaran Go Buya Berbasis Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar 12 Perbatasan Entikong
Pdf

Keywords

Media Pembelajaran Go Buya
Pendidikan Karakter
Perbatasan Entikong

How to Cite

Syamsijulianto, T., Sapriya, S., Sa'ud, U. S., & Riyana, C. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Go Buya Berbasis Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar 12 Perbatasan Entikong. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 9(2), 239–254. https://doi.org/10.21067/jmk.v9i2.10607

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan media pembelajaran Go Buya berbasis pendidikan karakter terjadi peningkatan pendidikan karakter di Sekolah Dasar (SD) 12 Entikong, Kalimantan Barat. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SD berperan penting dalam pembentukan karakter peserta didik yang bertanggung jawab, kritis, dan berkepribadian positif. Media pembelajaran Go Buya dikembangkan dengan pendekatan game-based education untuk meningkatkan pendidikan karakter peserta didik, khususnya dalam nilai-nilai toleransi dan cinta tanah air. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest dan posttest pada 25 peserta didik yang dipilih secara acak dari total populasi sebanyak 50 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Go Buya secara signifikan meningkatkan nilai persatuan dan karakter peserta didik, dengan hasil pretest rata-rata sebesar 60,92 dan posttest sebesar 73,77. Uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran Go Buya memberikan efek positif dalam meningkatkan pendidikan karakter di SD perbatasan. Hasil ini mengindikasikan bahwa melalui game dalam pembelajaran dapat sebagai metode pembelajaran dapat menjadi solusi efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan karakter peserta didik di daerah perbatasan.

https://doi.org/10.21067/jmk.v9i2.10607
Pdf

References

Aisyah, S. A. A., & Ramadhan, M. H. (2023). Peranan Media Pembelajaran Terhadap Minat Siswa Dalam Pembelajaran Ppkn. Jurnal Krakatau Indonesian Of Multidisciplinary Journals, 1(1), 220–225. http://jurnal.desantapublisher.com/index.php/krakatau/index

Ariatama, S., Prayoga, A., Sopha, F. Z. A., Anggraini, M. S., & Handayani, W. (2022). Penanaman Pendidikan Karakter Dalam Mengembangkan Warga Negara Pada Era Generasi Milenial. De Cive : Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(2). https://doi.org/10.56393/decive.v2i2.513

Atmaja, T. S., Dewantara, J. A., & Utomo, B. B. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Sekolah Menengah Atas Perbatasan Entikong Kalimantan Barat. Jurnal Basicedu, 4(4), 1257–1266. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.545

Bednar, J., & Page, S. (2007). Can game(s) theory explain culture?: The emergence of cultural behavior within multiple games. Rationality and Society, 19(1), 65–97. https://doi.org/10.1177/1043463107075108

Cohen, A., Soffer, T., & Henderson, M. (2022). Students’ use of technology and their perceptions of its usefulness in higher education: International comparison. Journal of Computer Assisted Learning, 38(5). https://doi.org/10.1111/jcal.12678

Dwijayani, N. M. (2019). Development of circle learning media to improve student learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099

Haleem, A., Javaid, M., Qadri, M. A., & Suman, R. (2022). Understanding the role of digital technologies in education: A review. Sustainable Operations and Computers, 3. https://doi.org/10.1016/j.susoc.2022.05.004

Halloran, R. O., Deale, C., Halloran, R. O., Ph, D., Deale, C., & Ph, D. (2017). Designing a Game Based on Monopoly as a Learning Tool for Lodging Development Designing a Game Based on Monopoly as a Learning Tool for Lodging Development. 3758(October). https://doi.org/10.1080/10963758.2010.10696983

Hartanto, W. (2020). Inovasi Media Pembelajaran Mobile Learning ( M-Learning) : Implementasi, Efisiensi, Efektivitas, Dan Daya Tarik. PROSIDING Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi Jilid 2.

Hermuningsih, S. (2018). PENDIDIKAN GLOBAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL. International Conferece: Globalizing Local Wisdom Education & Ecomic.

Kasandra, A., Hendrawan, F. E., Amisar, S. R. F., & Abdila, Y. E. (2023). Peran Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Journal of Education on Social Issues, 2(3). https://doi.org/10.26623/jesi.v2i3.52

Korona, M., & Hutchison, A. (2023). Integrating Media Literacy Across the Content Areas. Reading Research Quarterly, 58(4). https://doi.org/10.1002/rrq.517

Kurniawaty, I., Purwati, P., & Faiz, A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air. Jurnal Education and Development, 10(3).

Mayweg-Paus, E., & Zimmermann, M. (2021). Educating cultural literacy with open educational resources: Opportunities and obstacles of digital teacher collaborations. In Dialogue for Intercultural Understanding: Placing Cultural Literacy at the Heart of Learning. https://doi.org/10.1007/978-3-030-71778-0_11

Nasution, T. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Karakter Siswa. Ijtimaiyah Jurnal Ilmu Sosial Dan Budaya, 53(9).

Oktavianti, Ika & Ratnasari, Y. (2017). PERMAINAN MONOPOLI ENGKLEK JELAJAH BUDAYA PATI UNTUK PEMBELAJARAN TEMATIK. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia (PBSI) FKIP Universitas Muria Kudus, 63–71.

Palindangan, L. K., & Wirawan, F. W. (2020). Disrupsi Teknologi Digital dan Etika Komunikasi. In n book: Budaya Pop: Komunikasi dan Masyarakat (p. 318). PT Gramedia Pustaka Utama. https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia

Pranata, A., & Syamsijulianto, T. (2024). Implementasi Evaluasi Pembelajaran Go Buya di MIS Istiqomah Perbatasan Entikong Kalimantan Barat. Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1). https://doi.org/DOI: 10.35878/kifah.v3i1.1196

Purnasari, P. D. S. Y. D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Pedagogi. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(3).

Purnawibawa, R. A. G., Wirawan, I. G. M. A. S., & Sembiring, S. (2021). Peluang dan Tantangan Digitalisasi Warisan Budaya Benda dan Tak Benda sebagai Upaya Pelestarian Budaya Indonesia: Vol. I (I). Penerbit Lakeisha.

Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53–60. https://doi.org/10.29333/aje.2019.426a

Riyana, C. (2007). Implementasi Pembelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Di Sekolah. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 3(2).

Riyana, C. (2010). Peningakatan Kompetensi Pedagogis Guru Melalui Penerapan Model Education Centre Of Teacher Interactive Virtual (Educative). Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(1).

Sappile, B. I., Mahmudah, L., Gugat, R. M. D., Farlina, B. F., Shofi, A., Mubarok, & Mardikawati, B. (2024). Dampak penggunaan pembelajaran berbasis game terhadap motivasi dan prestasi belajar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1).

Sapriya, S., Dzahiri, A. K., & Rohayani, I. (2010). Pengaruh proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan pendidikan interventif terhadap karakter warga negara muda. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 7(1).

Sapriya, Wuryandani, W., Maftuh, B., & Budimansyah, D. (2014). Internalisasi Nilai Karakter Disiplin Melalui Penciptaan Iklim Kelas Yang Kondusif Di Sd Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, IV(2).

Saputra, E. (2012). Eksistensi PKn Sebagai Pendidikan Nilai dalam Membangun Karakter Bangsa. Tingkap, 8(2).

Sari, A. C., Fadillah, A. M., Jonathan, J., & Prabowo, M. R. D. (2019). Interactive gamification learning media application for blind children using android smartphone in Indonesia. Procedia Computer Science, 157, 589–595. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.09.018

Sari, S. P., & Bermuli, J. E. (2021). Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Siswa pada Pembelajaran Daring Melalui Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 110. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3150

Sa’ud, U. S., & Satori, D. (2003). Implementasi Program “Life Skills” Dan “Broad-Based Education” Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.17509/jap.v1i1.6056

Sa’ud, U. S., & Makmun, A. S. (2011). Perencanaan Pendidikan : Suatu Pendekatan Komprehensif. In Remaja Rosdakarya. Jakarta.

Semadi, Y. P. (2019). Filsafat Pancasila Dalam Pendidikan Di Indonesia Menuju Bangsa Berkarakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 2(2).

Suyanta, S. (2013). Membangun Pendidikan Karakter Dalam Masyarakat. Jurnal Ilmiah ISLAM FUTURA, 13(1), 1–11.

Suyitno, I. (2012). Pengembangan Pendidikan Karakter-dan Budaya Bangsa Berwawasan Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(1).

Syamsijulianto, T. (2022). INOVASI PEMBINAAN BAHASA DAN LITERASI: Vol. I (A. Wijayanto, Ed.; I). Akademia Pustaka. www.akademiapustaka.com

Syamsijulianto, T. E. Al. ,. (2021). Pelajar Pancasila dan Karakter Pelajar (I Agustus 2021). Duta Media Yogyakarta.

Syamsijulianto, T., Rahman, R., Sari, M. Z., Ratumanan, S. D., & Solehun, S. (2022). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Tradisi Masyarakat Melayu Perbatasan Pada Siswa Sekolah Dasar. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 39–51. https://doi.org/10.30997/dt.v9i1.4848

Tran-Duong, Q. H. (2023). The effect of media literacy on effective learning outcomes in online learning. Education and Information Technologies, 28(3). https://doi.org/10.1007/s10639-022-11313-z

Tuhuteru, L., Supit, D., Mulyadi, Abdurahman, A., & Assabana, M. S. (2023). Urgensi Penguatan Nilai Integritas dalam Pendidikan Karakter Siswa. Journal on Education, 5(3).

Welbers, K., Konijn, E. A., Burgers, C., de Vaate, A. B., Eden, A., & Brugman, B. C. (2019). Gamification as a tool for engaging student learning: A field experiment with a gamified app. E-Learning and Digital Media, 16(2). https://doi.org/10.1177/2042753018818342

Zulfikar, M. F., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Karakter Bangsa. JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1). https://doi.org/10.31932/jpk.v6i1.1171

Jurnal Moral Kemasyarakatan memungkinkan pembaca untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikelnya dan memungkinkan pembaca menggunakannya untuk tujuan lain yang sah menurut hukum. Jurnal memegang hak cipta. Setelah artikel diterbitkan, hak cipta ditransfer dari penulis ke penerbit jurnal.

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .