Abstract
Pendidikan Kewarganegaraan memainkan peran penting dalam membentuk karakter privat dan publik mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi tingkat karakter mahasiswa (civic disposition) dengan menggunakan media Edugame berbasis Living Values Education (LVE). Penelitian ini menggunakan mix-methods dengan sampel jenuh 58 mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner skala Likert (skor 1-5) dan wawancara terstruktur, yang dianalisis dengan aplikasi SPSS 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata civic disposition mahasiswa berkisar antara 3,71 hingga 4,29, menunjukkan persepsi positif terhadap pembelajaran berbasis Edugame. Selain itu, hasil reliabilitas menunjukkan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,953, menandakan konsistensi yang tinggi. Kemudian variabel karakter mahasiswa untuk menghormati, melindungi, dan menggunakan hak yang dimiliki secara setara kepada setiap orang (X3) mendapatkan penghargaan tinggi responden dan variabel karakter mahasiswa untuk berpartisipasi secara bertanggungjawab dalam kehidupan politik/kewarganegaraan (X4) mendapatkan skor terendah. Responden lebih memilih media visual dan interaktif, seperti Peraga, Presentasi, Edugame, dan Video untuk meningkatkan civic disposition warga negara. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media Edugame berbasis LVE dapat dikembangkan lebih lanjut sebagai media pembelajaran yang interaktif dan meningkatkan karakter mahasiswa.
References
Abduh, M. (2017). Bermain dan Regulasi Diri (Kajian Teori Vygotsky). Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2. http://hdl.handle.net/11617/9568.
Adillah, F. C. (2022). Implementation of Living Values Education Pancasila Values In the Generation of Indonesians. QISTINA: Jurnal Multidisiplin Indonesia. https://doi.org/10.57235/qistina.v1i1.15.
Aini, L. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Menjalin Sebagai Pendidikan Demokrasi Yang Berkarakter. https://doi.org/10.31219/osf.io/4t2dh.
Angraini, R. (2017). Karakteristik Media Yang Tepat Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Nilai. Journal of Moral and Civic Education Vol 1 No 1. https://doi.org/10.24036/8851412020171116.
Apriani, et al. (2017). Pengaruh Living Values Education Program (LVEP) Terhadap Penanaman Karakter Nasionalisme Siswa SD Dalam Pembelajaran Tematik. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an Vol 1 No 2. https://doi.org/10.30738/tc.v1i2.1947.
Arifin, S. (2016). Islamic Religious Education and Radicalism in Indonesia: Strategy of De-Radicalization Through Strengthening the Living Values Education. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 6(1), 93–126. https://doi.org/10.18326/ijims.v6i1.93-126
Arweck, E, & Nesbitt, E. (2004). 'Living Values: An Educational Program'—From Initiative To Uptake. British Journal of Religious Education, Taylor & Francis. https://doi.org/10.1080/01416200420042000181910.
Asrori, M.A.R. (2017). Peran Pendidikan Karakter Melalui Revolusi Mental Untuk Membangun Generasi Bangsa. https://doi.org/10.29100/ppkn.v2i2.343.
Bandura, A. (1989). Human Agency in Social Cognitive Theory. American psychologist, 44(9), 1175.
Branson, M. S. (1998). Making the Case for Civic Education: Educating Young People for Responsible Citizenship. Calabasas: CCE.
Fadhli, K., et al. (2023). Peningkatan Literasi Siswa melalui Edugames Dengan Mading Art Question. Jurnal Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat (Vol. 4, Issue 1). https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v4i1.3378.
Faturrahman. (2020). Hakikat Nilai Hormat dan Tanggung Jawab Thomas Lickona dalam Perspektif Islam (Sebuah Pendekatan Integratif-Interkonektif). 5(2), 2580–6505. https://doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v3i2.
Hastangka & Prasetyo D. (2021). Implementasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Jurnal Civicus. https://doi.org/10.31764/civicus.v9i1.5816.
Hssina, B., et al. (2014). Edugame an Android Game for Teaching Children. In International Journal of Innovation and Applied Studies (Vol. 9, Issue 4). http://www.ijias.issr-journals.org/.
Izzati, F. A. (2021). Pentingnya Sikap Toleransi dan Empati Dalam Mewujudkan Warga Negara Yang Baik (Good Citizenship) Di Masa Pandemi. Jurnal Kalacakra, 1, 85–90. https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/kalacakra/index.
Izzulhaq, IA. (2022). Pengembangan Game Edukasi Tema Kegiatanku Berbasis Puzzle Sebagai Media Pembelajaran Di SD Negeri Jerangkang., Universitas Teknokrat Indonesia.
Komalasari, K., & Saripudin, D. (2018). The Influence of Living Values Education-Based Civic Education Textbook on Student’s Character Formation. International Journal of Instruction, 11(1), 395–410. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11127a.
Komalasari, K. (2019). Living Values Based Interactive Multimedia in Civic Education Learning. International Journal of Instruction, ERIC, https://eric.ed.gov/?id=EJ1202152.
Kuswantoro, et al. (2021). Game “Roro Jonggrang” Sebagai Media Belajar Untuk Mengenalkan Cerita Rakyat. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 5(1), 33–38. https://doi.org/10.36040/jati.v5i1.3379.
Lestari, Ayu. (2021). Pembelajaran Daring Menggunakan Metode Permainan (Game Based Learning). https://doi.org/10.31219/osf.io/fj9h7.
Lonto, AL. (2019). Students' Civic Disposition Through Learning Civics and Pedagogical Competences of High School Teachers. Universal Journal of Educational Research, academia.edu.
Malatuny, YG, & Rahmat, R. (2017). Pembelajaran Civic Education Dalam Mengembangkan Civic Disposition. Pedagogika: Jurnal Pedagogik dan …, ojs3.unpatti.ac.id, https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/pedagogika/article/view/1654.
Mikrouli, P., et al. (2024). Applications and Learning Outcomes of Game Based Learning in Education. International Educational Review. https://doi.org/10.58693/ier.212.
Mone, Apdiana. (2016). Demokrasi dan Sistem Pemerintahan. Jurnal Konstitusi. https://doi.org/10.31219/osf.io/fg9vw.
Muharam, R. S., & Prasetyo, D. (2021). Pemanfaatan media youtube untuk mendukung e-learning pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi. Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(1), 1. https://doi.org/10.12928/citizenship.v4i1.19444.
Mulawarman, D., et al. (2022). The Correlation Between Online Game Addiction and Social Interaction Among Universitas Syiah Kuala Students. Vol. VI (Issue 3).
Mulyono, B. (2017). Reorientasi civic disposition dalam kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan sebagai upaya membentuk warga negara yang ideal. Jurnal Civics (Vol. 14). http://dx.doi.org/10.21831/civics.v14i2.17007.
Munif, K. (2015). Membangun Karakter Budaya Politik Dalam Berdemokrasi. https://doi.org/10.21043/ADDIN.V9I2.617.
Ndona, Y. (2018). Kemanusiaan Dalam Falsafah Hidup Masyarakat Batak Toba. (Vol. 1, Issue 1). http://journal.uad.ac.id/index.php/citizenship.
Nurgiansah, T. H. (2021). Pemanfaatan E-Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. JINTECH: Journal of Information Technology, 2(2). https://journal.ar-raniry.ac.id/index.php/jintech.
Owen, D. (2020). Political Knowledge and the Development of Civic Dispositions and Skills. https://civiced.org.
Pangalila, T. (2017). Peningkatan Civic Disposition Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)., repository.unima.ac.id, http://repository.unima.ac.id:8080/handle/123456789/426.
Panjaitan, M., et al. (2024). Sosialisasi Pentingnya Kesadaran Warga Negara Mewujudkan Pemilu Damai Dan Jujur Tahun 2024 Di Kelurahan Sei Agul. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(1), 967–972. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i1.2826.
Parwati, Y., et al. (2023). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dalam Meningkatkan Civic Disposition Siswa Pada Kurikulum Merdeka. De Cive : Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(9). https://doi.org/10.56393/decive.v3i9.1782.
Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 4 Tahun 2022 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
Pivec, M. (2007). Editorial: Play and Learn: Potentials of Game-Based Learning. British Journal of Educational Technology. https://doi.org/10.1111/j.1467-8535.2007.00722.x.
Pratama L.D. & Setyaningrum W. (2018). Game-Based Learning: The effects on student cognitive and affective aspects. J. Phys.: Conf. Ser. 1097 012123. DOI 10.1088/1742-6596/1097/1/012123.
Pratama, R.A., et al. (2020). Tingkat Kecanduan Game Online Pada Mahasiswa Fakultas Keperawatan. Journal Nursing Care 3 (2). https://doi.org/10.24198/jnc.v3i2.22850.
Ranuharja, F., et al. (2021). Development of Interactive Learning Media Edugame Using ADDIE Model. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 14(1). https://doi.org/10.24036/tip.v14i1.
Ritonga, M. K., et al. (2020). Analisis Terhadap Mahasiswa Prodi PPKn STKIP Labuhanbatu Dalam Studi Kasus Kunjungan Perpustakaan dan Aplikasinya Pada Penerapan Karakter Semangat Kebangsaan. Civitas (Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Civic). https://doi.org/10.36987/civitas.v6i2.3539.
Saleh, K., & Munif, A. (2015). Membangun Karakter Budaya Politik Dalam Berdemokrasi. ADDIN (Vol. 9, Issue 2).
Saribu, Y. (2018). Tinjauan Konstitusional Pasal 27 Ayat (1) UUD 1945 Tentang Persamaan Kedudukan Di Depan Hukum Pada Proses Penangkapan Bagi Seseorang Yang Diduga Melakukan Tindak Pidana. Jurnal Lex Administratum 6 (1).
Saripudin, D, & Komalasari, K. (2015). Living Values Education in School Habituation Program and Its Effect On Student Character Development. The New Educational Review, bibliotekanauki.pl. https://bibliotekanauki.pl/articles/2012453.pdf.
Shea, K. (2003). Making The Case for Values/Character Education: A Brief Review Of The Literature. Living Values Education. Retrieved on February 8, 2008.
Surjono, H. D. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan Pengembangan. UNY Press.
Sweller, J. (2011). Cognitive Load Theory. In Psychology of Learning and Motivation (Vol. 55, pp. 37-76). Academic Press.
Tillman, D, & Colomina, PQ. (2001). Living Values Educator Training Guide., books.google.com.
Trisiana, A. (2020). Penguatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Digitalisasi Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol 10 No 2. http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v10i2.9304.
Tuasikal, P & Laka, B.M. (2020). Penguatan Keidentitasan Kewarganegaraan Pada Kalangan Mahasiswa Dalam Mencegah Gaya Hidup Hedonisme. Prosiding Seminar Nasional Peningkatan Mutu Pendidikan Vol 1 No 1 (62 -67).
Ulfa, I., et al. (2020). Suku, Ras dan Agama Mempengaruhi Kedudukan Hak Asasi Manusia Di Indonesia. Action Research Literate, 4(2).
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Viola, Ilaria, et al. (2021). Learning Through Gaming in Times of COVID-19: The Pedagogical Value Of Edugames. In Proceedings of the 2021 12th International Conference on E-Education, E-Business, E-Management, and E-Learning (IC4E '21). Association for Computing Machinery, New York, NY, USA, 140–144. https://doi.org/10.1145/3450148.3450170.
Yuliani, D., & Dewi, D. A. (2024). Kesetaraan Hak Warga Negara Dalam Pemaknaan Sila Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab. Rhizome : Jurnal Kajian Ilmu Humaniora, 3(2), 45–49. https://doi.org/10.56393/rhizome.v1i4.232.
Zhang, Wenlan. (2007). The Examined Thought about Essence and Value of Edugame, Looking at Combination of Education and Game from Game Angle. Open Education Research.
Jurnal Moral Kemasyarakatan memungkinkan pembaca untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikelnya dan memungkinkan pembaca menggunakannya untuk tujuan lain yang sah menurut hukum. Jurnal memegang hak cipta. Setelah artikel diterbitkan, hak cipta ditransfer dari penulis ke penerbit jurnal.

Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .
