Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk dan dampak cyberbullying terhadap kesehatan mental dan moral remaja di Asrama Putri Santa Elisabet, Kabupaten Nagekeo - Boawae, Flores Nusa Tenggara Timur. Menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus, penelitian ini melibatkan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pendekatan studi kasus memungkinkan peneliti untuk mengeksplorasi fenomena ini dalam konteks yang nyata dan kompleks. Informan dalam penelitian ini berjumlah 6 orang dengan kriteria informan yaitu siswa Sekolah Menengah Atas kelas X, XI, XII yang pernah mengalami dan atau menyaksikan cyberbullying di asrama tempat mereka tinggal atau sekolah tempat mereka belajar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa cyberbullying di lingkungan asrama Puteri Santa Elisabet tidak hanya berdampak pada kesehatan mental, tetapi juga secara signifikan menghambat perkembangan sosial-emosional remaja putri. Penurunan kemampuan empati dan peningkatan perilaku agresif merupakan temuan yang perlu mendapatkan perhatian lebih lanjut. Penelitian ini menyimpulkan bahwa perlu adanya upaya pencegahan dan penanganan cyberbullying yang komprehensif di lingkungan sekolah, melibatkan siswa, guru, orang tua, dan masyarakat.
References
Diannita, A., Salsabela, F., Wijiati, L., & Putri, A. M. S. (2023). Pengaruh Bullying terhadap Pelajar pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Journal of Education Research, 4(1), 297–301. https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.117
Elmalia Maulidina Tsani, Wilvie Kamila Augest, Ruri Afriyan Hidayat, & Nazwa Aurellia Sahfrina. (2024). Cyberbullying: Tantangan Bagi Pengguna Media Sosial Terhadap Kesehatan Mental di Indonesia. Student Scientific Creativity Journal, 2(4), 20–29. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v2i4.3319
Fazry, L., & Cipta Apsari, N. (2021). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Cyberbullying Di Kalangan Remaja. Jurnal Pengabdian dan Penelitian Kepada Masyarakat (JPPM), Vol. 2 No.
Fikri Fauzi, M., & Wibawa, A. (2022). Dampak dan Maraknya Cyberbullying pada Society 5.0. Jurnal Inovasi Teknologi dan Edukasi Teknik, 2(11), 498–503. https://doi.org/10.17977/um068v2i112022p498-503
Ikhsan, M., Informatika, T., Teknik, F., & Asahan, U. (2024). Tantangan Cyberbullying di Kalangan Remaja Analisis di Era Teknologi 21. 2(4).
Jasmine, K. (2014). Pengaruh Cyberbullying Terhadap Kesehatan Mental Pada Remaja. Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu, 10, 192–201.
Ni’mah, S. A. (2023). Pengaruh Cyberbullying pada Kesehatan Mental Remaja. Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra dan Budaya (SEBAYA) Ke-3, 329–338.
Nugroho, T. P., Nafin, A., Setiawati, M., & Arrizal, N. Z. (2021). Tinjauan Yuridis Atas Pemulihan Hak Bagi Korban Cyberbullying Di Indonesia. Prosiding Conference On Law and Social Studies, 1–15. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/COLaS
Oktaviani, I. R., Fachrizal, M. A., Putri, A. N., & Nurhaadiiansyah, M. D. (2022). Nilai Moral Bagi Kalangan Muda Dalam Mempergunakan Internet. Kampret Journal, 1(1), 32–41. https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.12
Pramanik, G. F., Rohman, U., & Ismail, S. (2024). Analisis Dampak Bullying Terhadap Kepercayaan Diri Remaja. Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling, 9(1), 2226. https://doi.org/10.33394/realita.v9i1.10215
Putri, W. S. R., Nurwati, N., & S., M. B. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.24198/jppm.v3i1.13625
Republik Indonesia. (2008). Undang-Undang tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Bi.Go.Id, September, 1–2. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/37589/uu-no-11-tahun-2008
Rosadi, R. A., Hamzah, B. R., Delano, R. R., & Razali, G. (2024). Pengaruh Interaksi Sosial di Media Sosial terhadap Kejadian Cyberbullying dan Dampaknya terhadap Kesehatan Mental Remaja. JICN: Jurnal Intelek dan Cendekiawan Nusantara, 1(2), 3242–3245.
Ru’iya, S., Sutrisno, Suyadi, & Kistoro, H. C. A. (2022). Korelasi Pelepasan Moral dan Cyberbullying pada Remaja di Madrasah Aliyah Negeri di Sleman. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 7(2), 177–185. https://doi.org/10.21067/jmk.v7i2.7430
Sakti, M. A., Mesra, R., Kunci, K., & Kesehatan. (2024). Pengaruh Gaya Hidup Digital Terhadap Kesehatan Mental dan Sosial Remaja. Tahun 2024 ETIC (EDUCATION AND SOCIAL SCIENCE JOURNAL), 1(4), 348–355. https://naluriedukasi.com/index.php/eticjournal/index
Sridatin Tia Maharani, A. T. dan M. S. S. (2024). Perilaku cyberbullying : sikap, norma subjektif dan persepsi kontrol perilaku pada remaja gen z. 6(2), 219–231.
Subhan, F., Sipahutar, I. Z., Manalu, J., Nababan, R., Sinurat, R., & Manik, S. G. (2023). Sinergisitas Pendidikan Kewarganegaraan dalam Meminimalisir Tindakan Cyberbullying di Dunia Digital. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan dan Politik, 1(2), 96–110. https://doi.org/10.61476/p4647r60
Sukmawati, R., & Tarmizi, M. I. (2022). Dampak Tindakan Perundungan Terhadap Perkembangan Mental Siswa Serta Pencegahannya. Tjyybjb.Ac.Cn, 27(2), 58–66. https://doi.org/10.13040/IJPSR.0975-8232.12(10).5595-03
Tamamiyah, L. (2024). Analisis Dampak Perundungan Terhadap Moral Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(12), 1348–1355. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i12.2616
Yunita, R., Barlianto, W., & Kapti, R. E. (2017). Efektifitas Pengaruh Social Skill Training Dalam Menurunkan Perilaku Isolasi Sosial Remaja Korban Bullying di SMK Ahmad Yani Probolinggo. Jurnal Kesehatan Mesencephalon, 3(2). https://doi.org/10.36053/mesencephalon.v3i2.45
Jurnal Moral Kemasyarakatan memungkinkan pembaca untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikelnya dan memungkinkan pembaca menggunakannya untuk tujuan lain yang sah menurut hukum. Jurnal memegang hak cipta. Setelah artikel diterbitkan, hak cipta ditransfer dari penulis ke penerbit jurnal.

Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .
