Project Based Learning Terintegrasi Profil Pelajar Pancasila: Implementasi Nilai Karakter Bernalar Kritis
Pdf

Keywords

bernalar kritis
Karakter
Pembelajaran Berbasis Proyek
Profil Pelajar Pancasila

How to Cite

Satria, T. G., Sapriya, S., Sa`ud, U. S., & Riyana, C. (2025). Project Based Learning Terintegrasi Profil Pelajar Pancasila: Implementasi Nilai Karakter Bernalar Kritis. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 10(1), 87–96. https://doi.org/10.21067/jmk.v10i1.11020

Abstract

Pembelajaran berbasis proyek dan profil pelajar pancasila merupakan komponen utama dalam kurikulum merdeka. Nilai karakter bernalar kritis sesuai dengan pembelajaran pada abad ke 21. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami perspektif guru dalam mengimplementasikan pembelajaran berbasis proyek dengan profil pelajar pancasila nilai karakter bernalar kritis. Metode kualitatif menggunakan pendekatan studi kasus. Partisipannya adalah guru kelas 5 sekolah dasar (SD) di Lubuklinggau. Guru diberikan kuesioner, diikuti dengan wawancara. Peneliti menggunakan data collection sebagai alat utama. Sebagai sumber daya pendukung, peneliti menggunakan wawancara, catatan lapangan, dan studi dokumentasi. Temuan menunjukkan proyek yang terdapat pembelajaran IPAS pada kurikulum merdeka sangat banyak dan tidak relevan dengan jumlah jam pelajaran yang tersedia. Kesimpulan dalam studi ini adalah Semua stakeholder harus berkolaborasi untuk memahami, merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, dan menindaklanjuti pembelajaran proyek dengan nilai karakter bernalar kritis.  Kendala mengimplementasikan proyek dengan profil bernalar kritis harus disadari semua pemangku kepentingan untuk berkolaborasi untuk memahami, merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, dan menindaklanjuti pembelajaran proyek dengan profil pelajar pancasila nilai karakter bernalar kritis.

https://doi.org/10.21067/jmk.v10i1.11020
Pdf

References

Ardianti, S. D., Pratiwi, I. A., & Kanzunnudin, M. (2017). Implementasi Project Based Learning (PjBL) berpendekatan Science Edutainment Terhadap Kreatifitas Peserta Didik. Refleksi Edukatika; Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 145–150. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1225

Asrijanty. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Auliah, L., Syaiful, S., & Syamsurizal, S. (2020). Pengembangan Modul Digital Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Open Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 13. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i1.9885

Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 61–70.

Baker, G. S. (2020). Critical Thinking A Profound Handbook to Improve Your Memory and Logical Skills, Level Up Your Decision Making and Problem Solving!

Bergsteiner, H., Avery, G. C., & Neumann, R. (2010). Kolb’s Experiential Learning Model: Critique From A Modelling Perspective. Studies in Continuing Education, 32(1), 29–46. https://doi.org/10.1080/01580370903534355

Deliana, Susanti, H., Putri, M. D., & Jalinus, N. (2024). Paradigma Karakteristik Kurikulum Merdeka dalam Pembentukan Kreativitas Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 3253–3260. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.12899

Dewey, J. (1938). Experience and education. Collier Books.

Eggen, P., & Kauchak, D. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran: Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir (6th ed.). Indeks.

Fadriati, F., Muchlis, L., & BS, I. A. (2023). Model Pembelajaran PAI dengan Project Based Learning Berbasis ICT untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. ISLAMIKA, 5(1), 177–188. https://doi.org/10.36088/islamika.v5i1.2542

Friedrichsen, P. M. (2001). Moving from Hands-On to Inquiry-Based: A Biology Course for Prospective Elementary Teachers," . The American Biology Teacher, 63(8), 562–568. https://doi.org/https://doi.org/10.1662/0002-7685(2001)063[0562:MFHTIA]2.0.CO;2

Ginsburg, H. P., & Sylvia. (2001). Piaget’s Theory of Intellectual Development Revisited. Journal of Chemical Education, 78(8), 1107. https://doi.org/10.1021/ed078p1107.1

Häkkinen, P., Järvelä, S., Mäkitalo-Siegl, K., Ahonen, A., Näykki, P., & Valtonen, T. (2017). Preparing teacher-students for twenty-first-century learning practices (PREP 21): a framework for enhancing collaborative problem-solving and strategic learning skills. Teachers and Teaching, 23(1), 25–41. https://doi.org/10.1080/13540602.2016.1203772

Hidayat, K., Sapriya, Hasan, S. H., & Wiyanarti, E. (2022). Optimizing Critical Thinking Skills by Utilizing Social Science Learning E-Modules. 17(8), 1837–1843. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.7031686

Irawan, S., & Iasha, V. (2021). Model Pembelajaran Core Dan Disposisi Matematis, Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Buana Pendidikan, 17(2), 122. https://doi.org/https://doi.org/10.36456/bp.vol17.no2.a3942

Jane Krauss, S. B. (2013). Thinking Through Project Based Learning Guiding Deeper Inquiry. Corwin A SAGE Company.

Kavanagh, S. S., & Rainey, E. C. (2017). Learning to Support Adolescent Literacy: Teacher Educator Pedagogy and Novice Teacher Take Up in Secondary English Language Arts Teacher Preparation. American Educational Research Journal, 54(5), 904–937. https://doi.org/10.3102/0002831217710423

Kokotsaki, D., Menzies, V., & Wiggins, A. (2016). Project-Based Learning: A Review of The Literature. Improving Schools, 19(3), 267–277. https://doi.org/10.1177/1365480216659733

Krulik, S., & Rudnick, J. A. (1999). Innovative Tasks to Improve Critical and Creative Thinking Skills. Developing Mathematical Reasoning in Grades K-12, 138–145.

Liaw, S.-S., & Huang, H.-M. (2013). Perceived satisfaction, perceived usefulness and interactive learning environments as predictors to self-regulation in e-learning environments. Computers & Education, 60(1), 14–24. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2012.07.015

Luthvitasari, Navies P, N. M. D., & Linuwih, S. (2012). Implementasi Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif, dan Kemahiran Generik Sains. Journal of Innovative Science Education, 1(2). https://doi.org/https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise/article/view/630

Duffy, T. M., & Cunningham, D. J. (1996). Constructivism: Implications for the Design and Delivery of Instruction. (D. H. Jonassen, Ed.) (Handbook o).

Monika, Asmara, Y., & Satria, T. G. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Tematik Integratif berbasis Proyek untuk Siswa Kelas IV SD Negeri Mambang Kecamatan Muara Kelinggi. LJESE: Linggau Journal of Elementary School Education, 2(2), 35–46. https://doi.org/https://doi.org/10.55526/ljese.v2i2.251

Nayazik, A. (2017). Pembentukan Keterampilan Pemecahan Masalah melalui Model IDEAL Problem Solving dengan Teori Pemrosesan Informasi [Formation of Problem-Solving Skills through the IDEAL Problem-Solving Model with Information Processing Theory]. Kreatif-Inovatif (Kreano). Jurnal Matematika, 8(2), 182–190.

Priatmoko, S. (2018). Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam Di Era 4.0. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(2), 221–239. https://doi.org/10.52166/talim.v1i2.948

Quint, J., & Condliffe, B. (2018). Project-Based Learning: A Promising Approach to Improving Student Outcomes. Issue Focus. MDRC.

Rahimah, R. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru SMP Negeri 10 Kota Tebingtinggi dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka Melalui Kegiatan Pendampingan Tahun Ajar 2021/2022. ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 6(1), 92–106. https://doi.org/10.30821/ansiru.v6i1.12537

Reisman, A., Kavanagh, S. S., Monte-Sano, C., Fogo, B., McGrew, S. C., Cipparone, P., & Simmons, E. (2018). Facilitating Whole-Class Discussions in History: A Framework for Preparing Teacher Candidates. Journal of Teacher Education, 69(3), 278–293. https://doi.org/10.1177/0022487117707463

Samala, A. D., Ambiyar, A., Jalinus, N., Dewi, I. P., & Indarta, Y. (2022). Studi Teoretis Model Pembelajaran: 21st Century Learning dan TVET. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2794–2808. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2535

Setiawati, D. T., Halimah, S., & Budiyanti, Y. (2024). Pengaruh model pembelajaran project based learning dan minat belajar terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam siswa sekolah menengah pertama. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 32. https://doi.org/10.29210/1202423632

Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran. Ar-Ruzz Media.

Suryani, N., Muspawi, M., & Aprillitzavivayarti, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(1), 773. https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i1.3291

Syachtiyani, W. R., & Trisnawati, N. (2021). Analisis Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 90–101. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.878

Tascı, B. G. (2015). Project Based Learning from Elementary School to College, Tool: Architecture. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 186, 770–775. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.130

Thomas, J. W. (2000). A Review of Research on Project Based Learning. The Autodesk Foundation.

Wanglang, C., & Chatwattana, P. (2023). The Project-Based Learning Model Using Gamification to Enhance 21st Century Learners in Thailand. Journal of Education and Learning, 12(2), 99. https://doi.org/10.5539/jel.v12n2p99

Wardhani, A. I., Rukayah, R., & Kurniawan, S. B. (2023). Analisis Kesulitan Guru dalam Mengimplementasikan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBl) pada Kurikulum Merdeka Materi Membangun Masyarakat yang Beradab. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 141. https://doi.org/10.20961/jpd.v11i2.79476

Wijaya, K., Siregar, S., Sutrisno, Yuzni, S. Z., Sari, R. A., Idris, I., & Ramadani. (2021). The Effectiveness of Learning with the Team Based Project Method in the Decision Making Technique Course by Using the Product Oriented Module. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 23(3), 216–234. https://doi.org/10.21009/jtp.v23i3.22907

Zimmerman, D. C. (2010). Project Based Learning for Life Skill Building in 12th Grade Social Studies Classrooms: A Case Study. https://eric.ed.gov/?id=ED510590

Jurnal Moral Kemasyarakatan memungkinkan pembaca untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikelnya dan memungkinkan pembaca menggunakannya untuk tujuan lain yang sah menurut hukum. Jurnal memegang hak cipta. Setelah artikel diterbitkan, hak cipta ditransfer dari penulis ke penerbit jurnal.

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .