Karakter guru dalam Aspek Kompetensi Kepribadian pada Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar
Pdf

Keywords

Guru Sekolah Dasar
Kompetensi Kepribadian
Sekolah Dasar

How to Cite

Sari, M. Z., Simbolon, M. E., Hendayani, S., Gunawan, A., & Acesta, A. (2025). Karakter guru dalam Aspek Kompetensi Kepribadian pada Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 10(2), 757–767. https://doi.org/10.21067/jmk.v10i2.11048

Abstract

Sistem pendidikan tidak terlepas dari sumber daya. Guru menjadi salah satu garda terdepan dalam pelaksanaan yang dinamis berkembang dan berubah sesuai kebutuhan. Pemerintah Indonesia mengatur bahwa guru wajib memiliki 4 kompetensi yaitu kompetensi profesional, sosial, pedagogik dan kepribadian. Kompetensi kepribadian sangat erat dengan kesadaran dan motivasi dalam mengajar pada individu guru. Proses kegiatan belajar mengajar yang tentu bukan hanya mentransfer ilmu tapi juga mentransfer nilai karakter. Sekolah dasar menjadi satuan pendidikan paling awal pada jenjang formal dimana kualitas kompetensi guru nya harus baik untuk menghasilkan siswa yang berkarakter baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan kompetensi kepribadian guru dalam proses pembelajaran dari sudut pandang guru itu sendiri dan juga siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan observasi dan survei melalui instrumen rubrik yang diisi oleh guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di tiga sekolah mendapatkan hasil yang berbeda antara tanggapan siswa dan guru pada indikator-indikator kompetensi kepribadian guru dalam proses pelaksanaan pembelajaran. Hal ini berarti guru belum secara utuh mengoptimalkan kemampuan kompetensi kepribadiannya dalam mengajar.

https://doi.org/10.21067/jmk.v10i2.11048
Pdf

References

Agustin, I. T. (2019). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Pembentukan Karakter Siswa di SD Negeri Margorejo VI/524 Surabaya. Education and Human Development Journal, 5(1), 21–31. https://doi.org/10.33086/ehdj.v5i1.1122

Ali, M. M. (2022). Optimalisasi Kompetensi Kepribadian Dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam ( PAI ) Dalam Mengajar. 1(2), 94–111. https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.27

Amin, M., Rahayu, E., Tryana, N., Nikmah, N., & Yanto, I. (2023). Kompetensi Kepribadian Guru dalam Mengembangkan Karakter Anak Usia Dini di Raudhatul Athfal Al-Fityah Pekanbaru. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 6(02), 75–88. https://doi.org/10.46963/mash.v6i02.885

Anisah, A. S. (2022). Memotivasi Belajar Peserta Didik Melalui Joyfull Learning di SDN I Sukalaksana Pada Kegiatan KKN Tematik Masa Pandemi Covid 19. JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 138. https://doi.org/10.52434/jpm.v1i3.2248

Aspi STAI Rakha Amuntai, M., Selatan, K., & STAI Rakha Amuntai, S. (2022). Profesional Guru Dalam Menghadapi Tantangan Perkembangan Teknologi Pendidikan. Adiba: Journal of Education, 2(1), 64–73.

Dwintari, J. W. (2017). Kompetensi Kepribadian Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7, 51–57. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/pkn/article/view/4271

Eliyanti, M., Adi, Y. K., Angraeni, S., & Pratiwi, D. P. (2021). Teacher Personality Competencies As Character Model of Elementary School Students. Indonesian Journal of Elementary Teachers Education, 2(1). https://doi.org/10.25134/ijete.v2i1.4140

Gray, P. (2013). Free To Learn. Basic Books.

Harianto, E. (2020). “Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa.” Jurnal Didaktika, 9(1), 2. https://doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.2

Nurtanto Muhammad. (2016). Mengembangkan kompetensi profesionalisme guru dalam menyiapkan pembelajaran yang bermutu. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, 10, 553–565. http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/viewFile/8975/6535

Muljawan, A. (2016). Pengaruh Kepribadian Guru Yang Empati Terhadap Pembelajaran Efektif. Jurnal Asy-Syukriyyah, 17(1), 71–83. https://doi.org/10.36769/asy.v17i1.63

Omeri, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(3), 464–468. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7355

Permatasari, F., & Arianto, Y. (2022). Urgensi Kompetensi Kepribadian Guru Sebagai Upaya Pengembangan Karakter Siswa. IDEA: Jurnal Psikologi, 6(1), 57–63. https://doi.org/10.32492/idea.v6i1.6106

Rosni, R. (2021). Kompetensi guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 7(2), 113. https://doi.org/10.29210/1202121176

Sumardjoko, B. (2022). Analisis Peningkatan Kompetensi Kepribadian dan Profesional guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaran. 1–23.

Wulandari Wangi Ni Kadek, F. D. A. I. G. (2024). Jurnal Inovasi Pendidikan. Jurnall Inovasi Pendidikan, 6(1), 52–61. https://journalpedia.com/1/index.php/jip/article/view/1285

Yarbrough, J. R., Universitas, A., Barat, M. T., John, B., Perkembangan, T., Lev, S., Kritis, R., Mezirow, J., Learning, A., & Teori-teori, M. D. (n.d.). Machine Translated by Google Mengadaptasi teori pembelajaran orang dewasa untuk mendukung pembelajaran online yang inovatif dan canggih - Model WVMD Machine Translated by Google. 1–15.

Yuniaristanto. (2020). Pengukuran Kinerja:Teori dan Aplikasi. Deepublish, 2(2), 121–130. https://doi.org/10.5281/zenodo.2628070

Zultrianti Sari, M., Supriatna, N., & Disman, D. (2024). Persepsi Anak tentang Pengaruh Teknologi dan Tradisi Lisan terhadap. 9(2), 357–367.

Jurnal Moral Kemasyarakatan memungkinkan pembaca untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikelnya dan memungkinkan pembaca menggunakannya untuk tujuan lain yang sah menurut hukum. Jurnal memegang hak cipta. Setelah artikel diterbitkan, hak cipta ditransfer dari penulis ke penerbit jurnal.

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .