Nilai-Nilai Keteladanan Pangeran Hidayatullah Untuk Penguatan Karakter Mahasiswa
Pdf

Keywords

Nilai
Keteladanan
Pangeran Hidayatullah
Karakter
Mahasiswa

How to Cite

Mansyur, M., Budimansyah, D., Wahyu, W., & Nurdin, E. S. (2025). Nilai-Nilai Keteladanan Pangeran Hidayatullah Untuk Penguatan Karakter Mahasiswa. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 10(1), 194–205. https://doi.org/10.21067/jmk.v10i1.11535

Abstract

Nilai-nilai karakter di kalangan mahasiswa saat ini menunjukkan gejala pelunturan yang signifikan, ditandai krisis moral seperti penyalahgunaan narkoba, tawuran pelajar, serta merosotnya semangat nasionalisme. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi nilai-nilai kejuangan Pangeran Hidayatullah dan mengkaji efektivitas penerapan model keteladanan dalam proses internalisasi nilai pada mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif-analitis dengan pengumpulan data meliputi studi dokumentasi, observasi partisipatif, wawancara mendalam, angket/kuesioner serta pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga nilai utama kejuangan Pangeran Hidayatullah yang relevan untuk dijadikan contoh teladan, yaitu nilai keberanian, religiusitas, dan solidaritas. Penerapan model keteladanan terbukti mampu meningkatkan pemahaman dan aktualisasi nilai kejuangan mahasiswa dalam aktivitas akademik dan non-akademik. Simpulan penelitian bahwa model keteladanan berbasis nilai-nilai kejuangan Pangeran Hidayatullah efektif sebagai strategi pendidikan karakter di perguruan tinggi.

https://doi.org/10.21067/jmk.v10i1.11535
Pdf

References

Atkinson, R. (2007). The Life Story Interview as a Bridge in Narrative Inquiry. In D. J. Clandinin (Ed.), Handbook of narrative inquiry: Mapping a Methodology. Sage Publications, Inc.

Badan Pusat Statistik. (2021). Statistik Kriminal 2021. Jakarta: Direktorat Statistik Ketahanan Sosial.

Bandura, A. (1977). Social Learning Theory. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.

Bandura, A. (1986). Social foundations of thought and action: A social cognitive theory. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall.

Bondan, A. H. (1953). Suluh Sedjarah Kalimantan. Djakarta: Djambatan.

Fitriani, Yulianti. (2019). Model Internalisasi Nilai Estetik-Empirik Pendidikan Seni Sebagai Bekal Kemampuan Mendidik Calon Guru (Riset Grounded Theory Pada Konteks Pendidikan Musik di UPI Kampus Serang). Disertasi Pada Program Studi Pendidikan Umum dan Karakter, Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

Hakam, Kama Abdul & Encep Syarief Nurdin. (2016). Metode Internalisasi Nilai-Nilai Untuk Memodifikasi Perilaku Berkarakter. Bandung : Maulana Media Grafika.

Irhandayaningsih, A. (2012). Peranan Pancasila Dalam Menumbuhkan Kesadaran Nasionalisme Generasi Muda di Era Global. Jurnal Humanika, volume 16, no. 9, Juli.

Lickona, Thomas. (1991). Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Lickona, Thomas. (2012). Educating For Character, Mendidik Untuk Membentuk Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Maulida K.M., Khusnul, Sumarno. (2021). Pendidikan Karakter Melalui Biografi Bung Tomo Dalam Pembelajaran Sejarah Berbasis Developmental Approach-Transformatif di SMAN 1 Krembung. Jurnal Avatara, e-Journal Pendidikan Sejarah Volume 11, No. 1 .

Mayor, H.Gusti (1979). Perang Banjar. Banjarmasin: Rapi.

Narvaez, D., & Lapsley, D. K. (2005). Moral development, self, and identity. Mahwah, New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.

Nucci, L., & Narvaez, D. (2008). Handbook of Moral and Character Education. Routledge.

Rahmat, Sri Wahyuni Tanzhil. (2017). Model Pembinaan Pendidikan Karakter Mahasiswa di Perguruan Tinggi, Jurnal Civicus, Volume 21, No.1. Juni.

Rokeach, M. (1973). The Nature of Human Values. New York: Free Press.

Smith, E. R., & Mackie, D. M. (2009). Social psychology (3rd ed.). New York, NY: Psychology Press.

Smith, L. M. (2009). Biographical Method. In N. K. Denzin & Y. S. Lincoln (Eds.), Handbook Of Qualitative Research. Sage Publications, Inc.

Subiyakto, Bambang. (2015). Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari: Upaya Dan Ajaran Nilai-Nilai Karakter Dalam Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Disertasi Program Studi Pendidikan IPS, Program Doktoral Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Sumara, D., Humaedi, S., Santoso, MB. (2017). Kenakalan Remaja dan Penanganannya. Jurnal Penelitian & PPM Vol 4, No. 2.

Syam, Suehartono, Awaluddin Hasrin, Hans F. Pontororing. (2021). Perilaku Kriminal Remaja dan Penanganannya. Educouns Journal, Jurnal Pendidikan dan Bimbingan Konseling, Volume 2, No. 1, Mei 2021.

Triandis, H. C. (1995). Individualism and Collectivism. Boulder: Westview Press.

Umar, Mardan. (2019). Model Internalisasi Nilai Kedamaian Melalui Pendidikan Agama Islam Di Universitas Negeri Manado. Disertasi pada Program Studi Pendidikan Umum dan Karakter, Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

Wajidi, dkk. (2019). Pangeran Hidayatullah, Perjuangan Mangkubumi Kesultanan Banjarmasin. Banjarmasin : Balitbangda Kalimantan Selatan.

Jurnal Moral Kemasyarakatan memungkinkan pembaca untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikelnya dan memungkinkan pembaca menggunakannya untuk tujuan lain yang sah menurut hukum. Jurnal memegang hak cipta. Setelah artikel diterbitkan, hak cipta ditransfer dari penulis ke penerbit jurnal.

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .