Mentoring Berbasis Kristiani sebagai Katalis dalam Mengatasi Krisis Karakter dan Kepercayaan Diri Mahasiswa Katolik
Pdf

Keywords

Karakter
Kepercayaan Diri
Mentoring Berbasis Kristiani

How to Cite

Tarihoran, E., Darianto, D., Ardiansyah, A. A., & Santoso, K. T. (2025). Mentoring Berbasis Kristiani sebagai Katalis dalam Mengatasi Krisis Karakter dan Kepercayaan Diri Mahasiswa Katolik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 10(2), 742–756. https://doi.org/10.21067/jmk.v10i2.11721

Abstract

Mahasiswa Katolik di Indonesia sering menghadapi tantangan dalam pengembangan karakter dan kepercayaan diri di lingkungan pendidikan tinggi akibat tekanan akademik, pengaruh budaya sekuler, serta kurangnya pembinaan yang sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran mentoring berbasis Kristiani sebagai katalis dalam pengembangan karakter dan kepercayaan diri mahasiswa di UA-KMK Santo Thomas Aquinas, Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini melibatkan 14 mahasiswa aktif dalam program mentoring. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan Focus Group Discussion (FGD), kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program mentoring terbukti memberi dampak signifikan dalam pengembangan karakter, meningkatkan kepercayaan diri, serta memperkuat keterampilan sosial mahasiswa. Interaksi dengan mentor menciptakan suasana kolaboratif yang mendukung pengembangan pribadi dan refleksi diri. Studi ini menyimpulkan bahwa mentoring berbasis nilai Kristiani tidak hanya menjadi model strategis pendidikan karakter, tetapi juga mendukung pengembangan pribadi, pendalaman spiritual, dan pembentukan komunitas iman mahasiswa Katolik. Penelitian ini memberikan wawasan baru tentang efektivitas mentoring berbasis agama dalam membangun generasi muda Katolik yang tangguh, berintegritas, dan memiliki komitmen kuat terhadap iman mereka.

https://doi.org/10.21067/jmk.v10i2.11721
Pdf

References

Adon, M. J. (2021). Spirituality of Catholic teachers in realizing multicultural education in Indonesia. Millah: Journal of Religious Studies, 21(1), 275–310. https://doi.org/10.20885/millah.vol21.iss1.art10

Alhadabi, A., & Karpinski, A. C. (2020). Grit, self-efficacy, achievement orientation goals, and academic performance in University students. International Journal of Adolescence and Youth, 25(1), 519–535. https://doi.org/10.1080/02673843.2019.1679202

Andersen, C. L., & West, R. E. (2020). Improving Mentoring in Higher Education in Undergraduate Education and Exploring Implications for Online Learning. Revista de Educación a Distancia (RED), 20(64). https://doi.org/10.6018/red.408671

Birkett, K. (2019). The theological curriculum for twenty-first century ministry: a UK perspective. Practical Theology, 12(4), 1–13. https://doi.org/10.1080/1756073X.2019.1638576

Brailey, G. S., & Parker, S. D. (2020). The identity imperative: mentoring as a tool for Christian young adult identity formation. International Journal of Children’s Spirituality, 25(2), 109–123. https://doi.org/10.1080/1364436X.2020.1819775

Catholicsensibility. (2019). Christus Vivit 67: Mentoring Young People. Wordpress.Com. https://catholicsensibility.wordpress.com/2019/07/02/christus-vivit-67-mentoring-young-people/

Chiroma, N. (2017). Mentoring and the ministerial formation of seminary students. STJ | Stellenbosch Theological Journal, 3(1). https://doi.org/10.17570/stj.2017.v3n1.a03

Chiroma, N. H., & Cloete, A. (2015). Mentoring as a supportive pedagogy in theological training. HTS Teologiese Studies / Theological Studies, 71(3), 1–8. https://doi.org/10.4102/hts.v71i3.2695

De Four-Babb, J., Pegg, J., & Beck, M. (2015). Reducing Intellectual Poverty of Outsiders within Academic Spaces through Informal Peer Mentorship. Mentoring & Tutoring: Partnership in Learning, 23(1), 76–93. https://doi.org/10.1080/13611267.2015.1011038

Engel, J. D. (2020). Pendampingan Pastoral Keindonesiaan. KURIOS (Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen), 6(1), 47–60. http://sttpb.ac.id/e-journal/index.php/kurios/article/view/153%0Ahttp://sttpb.ac.id/e-journal/index.php/kurios/article/download/153/81

Freeks, P. F. E. (2023). The notions of mentoring and motherhood from a practical theological approach: Biblical examples and viewpoints. Pharos Journal of Theology, 104(2). https://doi.org/10.46222/pharosjot.104.404

Hakro, A. N., & Mathew, P. (2020). Coaching and mentoring in higher education institutions: a case study in Oman. International Journal of Mentoring and Coaching in Education, 9(3), 307–322. https://doi.org/10.1108/IJMCE-05-2019-0060

Hall, W. A., & Liva, S. (2021). Mentoring as a transformative experience. Mentoring & Tutoring: Partnership in Learning, 29(1), 6–22. https://doi.org/10.1080/13611267.2021.1899583

Lancer, N., Clutterbuck, D., & Megginson, D. (2016). Techniques for Coaching and Mentoring. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315691251

Le, H.-G., Sok, S., & Heng, K. (2024). The benefits of peer mentoring in higher education: findings from a systematic review. Journal of Learning Development in Higher Education, 31. https://doi.org/10.47408/jldhe.vi31.1159

Lu, J. I. (2021). Educational models of spiritual formation in theological education: Introspection‐based spiritual formation. Teaching Theology & Religion, 24(1), 28–41. https://doi.org/10.1111/teth.12560

Luis Baun, A., Hatmoko, T. L., & Laka, L. (2023). Peran Kepedulian Guru dan Keyakinan Agama Peserta Didik untuk meningkatkan Self Efficacy Akademik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 168–178. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i2.8537

Makasengku, A., Mononimbar, Y. Y., & Daryanto, N. (2022). Dampak Pola Mentoring terhadap Proses Pembentukan Karakter Mahasiswa Pendidikan Agama Kristen di STAK Terpadu Pesat. MANTHANO: Jurnal Pendidikan Kristen, 1(1), 27–38. https://doi.org/10.55967/manthano.v1i1.4

Martini, E. &. (2022). Bentuk Karakter Mahasiswa Katolik, UA-KMK Aquinas Adakan Mentoring. LPM Papyrus. https://www.lpm-papyrus.com/2022/10/bentuk-karakter-mahasiswa-katolik-ua.html

McCorkle, L. S., Diamond, L. L., Yang, H.-W., & Swindell, J. (2024). Preparing future leaders: what should we know about mentoring? Mentoring & Tutoring: Partnership in Learning, 32(1), 6–28. https://doi.org/https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/13611267.2023.229074

Muhibah, S. (2020). Model Pengembangan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Di Perguruan Tinggi: Studi Kasus Di Universitas Tirtayasa Banten. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 18(1), 54–69. https://doi.org/10.32729/edukasi.v18i1.683

Ndereba, K. M. (2022). A Holistic Approach to Youth Ministry Models in Africa. Journal of Youth and Theology, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.1163/24055093-bja10030

Pabbajah, M., Abdullah, I., Widyanti, R. N., Jubba, H., & Alim, N. (2020). Student demoralization in education:The industrialization of university curriculum in 4.0.Era Indonesia. Cogent Education, 7(1), 1779506. https://doi.org/10.1080/2331186X.2020.1779506

Paus Fransiskus. (2019). Christus Vivit (Editor:, S. B. H. T. P. D. oleh: R.P. Andreas Suparman, & Agatha Lydia Natania (eds.)). DOKPEN KWI.

Paus Yohanes Paulus II. (1979). Catechesi Tradendae. In Dokpen KWI Terjemahan Hardawiryana, SJ (pp. 1–2). Dokpen KWI.

Porter, S. L. (2019). Will/Heart/Spirit: Discipleship that Forms the Christian Character. Christian Education Journal, 16(1), 79–94. https://doi.org/10.1177/0739891318820334

Prawiromaruto, I. H., & Stevanus, K. (2022). Pendidikan Karakter Kristen Melalui Pengutamaan Formasi Rohani. DUNAMIS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 7(2), 543–556. https://doi.org/10.30648/dun.v7i2.926

Riyanto, A. (2014). Katolisitas Dialogal: Ajaran Sosial Katolik. PT Kanisius.

Saputra, E. G. T. W. S. (2022). Buka Kegiatan Mentoring, UA-KMK St. Thomas Aquinas Adakan Misa. Lpm-Papyrus.Com/. https://www.lpm-papyrus.com/2022/03/buka-kegiatan-mentoring-ua-kmk-st.html

Sari, M. Z., Supriatna, N., Disman, D., Kristanto, K., & Handayani, S. (2024). Persepsi Anak tentang Pengaruh Teknologi dan Tradisi Lisan terhadap Perkembangan Kognitif dan Karakter Anak. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 9(2), 357–367. https://doi.org/10.21067/jmk.v9i2.10513

Sullivan, J. W. (2023). Friendship and Spiritual Learning: Seedbed for Synodality. Religions, 14(5). https://doi.org/10.3390/rel14050592

Syahra, R. (2020). Krisis Moral Dan Krisis Identitas: Kendala Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi. 1–14. https://simposiumjai.ui.ac.id/wp-content/uploads/20/2020/03/17.2.2-Rusydi-Syahra.pdf

Wetu, H. (2017). Pendidikan karakter sebagai bagian dari revolusi mental menurut pandangan Gereja Katolik. Atma Reksa : Jurnal Pastoral Dan Kateketik, 2(1), 10. https://doi.org/10.53949/ar.v2i1.9

Jurnal Moral Kemasyarakatan memungkinkan pembaca untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikelnya dan memungkinkan pembaca menggunakannya untuk tujuan lain yang sah menurut hukum. Jurnal memegang hak cipta. Setelah artikel diterbitkan, hak cipta ditransfer dari penulis ke penerbit jurnal.

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .