Implementasi Model Problem Based Learning dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar
Pdf

Keywords

Model
Problem-Based Learning
Karakter
Sekolah Dasar

How to Cite

Tati, A. D. R., Pangalila, T., & Bahri, B. (2025). Implementasi Model Problem Based Learning dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 10(1), 325–335. https://doi.org/10.21067/jmk.v10i1.11792

Abstract

Pendidikan karakter bukan mata pelajaran yang berdiri sendiri, namun dapat terintegrasi pada semua mata pelajaran dengan tujuan dapat memberikan dampak positif bagi peserta didik untuk menjadi manusia yang tidak hanya memiliki kemampuan kognitif yang baik tapi juga memiliki perkembangan afektif yang positif. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui implementasi model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) dalam mewujudkan peserta didik yang berkarakter di tingkat sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi literatur (review). Data dan informasi yang diperoleh berasal dari berbagai sumber bacaan, kemudian disusun berdasarkan hasil studi literatur. Penarikan kesimpulan dilakukan setelah menelaah pendahuluan, masalah, tujuan, dan isi pembahasan. Implementasi Model PBL dalam menanamkan nilai karakter peserta didik, terutama dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis, analitis, logis, dan sistematis, serta mampu memecahkan sebuah masalah secara ilmiah. Kesimpulan dalam penulisan ini bahwa implementasi model PBL dalam pembelajaran dapat dilakukan melalui kerja sama peserta didik dalam menyelesaikan tugas serta pembelajaran yang kontekstual.

https://doi.org/10.21067/jmk.v10i1.11792
Pdf

References

Abbott, A. &. (2017). Indonesian Identity and Cultural Values. New York City: Springer.

Al Aziiz, M. S. (2024). Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dan PBJL (Project Based Learning). Rayah Al-Islam, 2386-2400.

Anatasya, E. &. (2021). Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pendidikan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 291-304.

Andriani, A. (2022). Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Disiplin Positif (DISPOS): Menghilangkan Sanksi Menjadi Kesepakatan. Yogyakarta: Maghza Pustaka.

Anindya, S. Y. (2024). Analisis Makna Simbolik dan Nilai-Nilai Motif Batik Jetis Sebagai Implementasi Etnopedagogi untuk Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 348-357.

Baharun, H. &. (2018). Strengthening Students' Character in" Akhlaq" Subject Through Problem Based Learning Model. Online Submission, 21-30.

Bahri, B. (2016). Integrasi Nilai Karakter pada Mata Kuliah Sejarah Lokal (pp. 155-164). Makassar: Himpunan Sarjana Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Indonesia (HISPISI) bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar.

Bahri, B. N. (2018). Development of Local Historical Learning Resources South Sulawesi Based on Character Education in Department of Historical Education Faculty of Social Science at State University of Makassar. American Journal of Educational Research, 220-237.

Bahri, M. S. (2023). Need Analysis of Character Education-Based Local History Learning Resources. Journal of Social Studies Education Research, 413.

Clark, R. C. (2023). E-learning and the Science of Instruction: Proven Guidelines for Consumers and Designers of Multimedia Learning. New Jersey: john Wiley & Sons.

Elbes, E. K. (2022). Character Building in English for Daily Conversation Class Materials for English Education Freshmen Students. J. English Lang. Teach. Learn, 36-45.

Hasanah, N. S. (2021). Sosialisasi tentang Pentingnya Pendidikan Tingkat Perguruan Tinggi kepada Masyarakat Desa Jaring Halus. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 23-29.

Hayati, F. N. (2020). Strengthening of Religious Character Education Based on School Culture in the Indonesian Secondary School. European Educational Researcher, 87-100.

Herrington, J. &. (2007). Authentic Learning Supported by Technology: Ten Suggestions and Cases of Integration in Classrooms. Educational Media International, 219-236.

Indonesia, P. R. (2006). Indonesia Patent No. 20.

Izzah, S. I. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPS. deas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 765-772.

Judiani, S. (2010). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kemendikbudristek, 280-289.

Lickona, T. (2021). Character education: Restoring Virtue to the Mission of Schools. Philadelphia: Routledge.

Lutfiyati, L. R. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 4419-4427.

Mahbubi, M. &. (2023). Sinergitas Guru dan Orangtua Dalam Membentuk Karakter Disiplin dan Rasa Hormat Peserta Didik. Cendikia, 194-209.

Martinez, J. A. (2023). Character Education Initiatives and Preparation for School Administrators: A Review of Literature. Journal of Leadership, Equity, and Research, 80-99.

Maryam, N. S. (2023). Urgensi Pendidikan Karakter bagi Mahasiswa di Era Digital. Jurnal Pendidikan Sang Surya, 95-106.

Mentang, P. J. (2024). Pengaruh Inovasi Pembelajaran dan Kurikulum Merdeka Terhadap Karakter Kemandirian Belajar Peserta Didik di Manado. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 296-308.

Mukaromah, S. A. (2022). The Lunge of Global Ideologies: The Challenges of Pancasila Ideology Education in the Middle of Global Existence in the Era of Globalization. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran. Pengabdian Bidang Pembelajaran, 1-30.

Muzakkir, H. Z. (2024). Teachers’ Beliefs Towards Character Education Curriculum in Primary School: a Systematic Literature Review. Education, 1178-1192.

Nurdian, A. I. (2024). Exploring the influence of Project for Strengthening the Profile of Pancasila Students and School Culture to Character Building: The Mediating role of Student Self-Awareness. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling.

Puspitarini, Y. D. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 53-60.

Rahayu, A. P. (2023). The Relationship of Extracurricular Activities with Students' Character Education and Influencing Factors: a Systematic Literature Review. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 459-474.

Samsinar, S. (2020). Urgensi Learning Resources (Sumber Belajar) dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 194-205.

Sulistyowati, E. (2012). Implementasi Kurikulum Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Citra Aji Parama.

Syukur, M. e. (2021). Integrasi Nilai Karakter pada Pembelajaran Sejarah Lokal. Bandung: Media Sains Indonesia.

Utama, K. H. (2020). Meta-Analysis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 889-898.

Zakiyah, Z. B. (2024). Physics Learning Innovation: Song and Animation-Based Media as a Learning Solution for Mirrors and Lenses for Junior High School Students. Journal of Educational Technology and Learning Creativity, 183-191.

Jurnal Moral Kemasyarakatan memungkinkan pembaca untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikelnya dan memungkinkan pembaca menggunakannya untuk tujuan lain yang sah menurut hukum. Jurnal memegang hak cipta. Setelah artikel diterbitkan, hak cipta ditransfer dari penulis ke penerbit jurnal.

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .