Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan nilai-nilai Pendidikan Kewarganegaraan dalam meningkatkan kesadaran akan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di lingkungan industri. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan, yang melibatkan analisis berbagai sumber akademik dan regulasi terkait K3. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penguatan nilai-nilai PKn, seperti tanggung jawab sosial dan kepedulian terhadap rekan kerja, tanggung jawab, kepatuhan hukum, partisipasi aktif, dan solidaritas sosial, diyakini dapat berperan dalam membentuk budaya keselamatan kerja secara signifikan meningkatkan kepatuhan pekerja terhadap prosedur keselamatan, mengurangi risiko kecelakaan, serta membangun lingkungan kerja yang lebih aman dan produktif.Teori Konstruktivisme Sosial dan Theory of Planned Behavior digunakan untuk menjelaskan bagaimana interaksi sosial dan sikap positif terhadap K3 mempengaruhi kepatuhan pekerja terhadap prosedur keselamatan. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi perusahaan dalam merancang program pelatihan K3 yang efektif, dengan menekankan pentingnya internalisasi nilai-nilai kewarganegaraan sebagai bagian dari budaya organisasi.
References
Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behaviour. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(1), 179–211. https://doi.org/10.47985/dcidj.475
Akbal, M. (n.d.). Pendidikan Kewarganegaraan dalam pembangunan karakter bangsa. In Seminar Nasional Kerjasama: Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar Dan Himpunan Sarjana Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Indonesia. 2, 485–493.
Belladonna, A. P., & Anggraena, S. N. (2019). Penguatan Pengetahuan Kewarganegaraan (Civic Knowledge) Dalam Meningkatkan Kesadaran Hukum Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 3(2), 196. https://doi.org/10.31571/pkn.v3i2.1442
Budimansyah, D. (2016). Pendidikan nilai moral dalam dimensi pendidikan kewarganegaraan: menyambut 70 tahun Prof. Drs. H.A. Kosasih Djahiri.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches(4th ed.). Sage Publications.
Dewey, J. (2008). Experiance and Education, Pendidikan Berbasis Pengalaman. Terjemahan. Teraju.
Endriastuty, Y., & Adawia, P. R. (2018). Pengetahuan Tentang K3 Terhadap Budaya K3 Pada Perusahaan Manufaktur. Jurnal Ecodemica, 2(2), 193–201. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica
Hakim, I. F., Naili, M., Sabrina, A., Anja, I., & Iqbal, M. (2024). Analisis Hubungan dan Implikasi Nilai-Nilai Karakter Dalam Kompetensi Inti. TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 20–30. https://doi.org/10.36769/tarqiyatuna.v3i1.400
Hasrinal, Darma, I. Y., & Diana, J. R. (2018). Hubungan Unsafe Act Dan Unsafe Condition Dengan Kejadian Kecelakaan Kerja Pada Pekerja Bengkel Mobil. Kesehatan Medika Saintika, 10(2), 101–107. https://doi.org/https://jurnal.syedzasaintika.ac.id.
ILO. (1998). Encyclopedia of Occupational Health and Safety. Edited by J. M. Stellman.
ILO. (2018). Meningkatkan Keselamatan dan Kesehatan Pekerja Muda. Kantor Perburuhan Internasiona (CH-1211 Geneva 22 (ed.)).
Indah, A. (2017). Evaluasi Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Pada Proyek Bangunan Gedung Di Kabupaten Cirebon. Jurnal Teknik Sipil & Perencanaan, 19, 1–8.
Irkas, A. U. D., Fitri, A. M., Purbasari, A. A. D., & Pristya, T. Y. (2020). Hubungan Unsafe Action dan Unsafe Condition dengan Kecelakaan Kerja pada Pekerja Industri Mebel. Toxicology and Industrial Health, 11(3), 363–370. https://doi.org/10.1177/07482337221098600
Irzal. (2016). Dasar-dasar Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Kencana.
Istianah, A., Mazid, S., Hakim, S., & Susanti, R. (2021). Integrasi nilai-nilai pancasila untuk membangun karakter pelajar pancasila di lingkungan kampus. Jurnal Gatranusantara, 19(1), 62–70.
John, R. (2008). Ikhtisar Kesehatan dan Keselamatan Kerja(3rd ed.). Erlangga.
Notoatmodjo, S. (2010). Ilmu Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta.
Perdana, R. M. (2021). Analysis of Theory of Planned Behavior (TPB) in Disobedience Behavior towards Occupational Health and Safety (K3). Journal of Economics, Business, and Government Challenges, 4(02), 140–148. https://doi.org/10.33005/ebgc.v4i2.199
Primadianto, D., Karisma Putri, S., & Alifen, R. S. (2018). Pengaruh Tindakan Tidak Aman (Unsafe Act) Dan Kondisi Tidak Aman (Unsafe Condition) Terhadap Kecelakaan Kerja Konstruksi. Jurnal Dimensi Pratama Teknik Sipil, 7(1), 77–84. https://publication.petra.ac.id/index.php/teknik-sipil/article/view/7036
Rahayu, Y. M., & Kurniati, P. (2025). Membangun budaya keselamatan kerja melalui partisipasi sosial untuk memperkuat kesadaran kewarganegaraan. 5(1), 243–249. https://doi.org/10.53866/jimi.v5i1.704
Ramadhani, T. N., & Hasibuan, A. (2024). Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu Pengaruh Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja ( K3 ) Terhadap Kinerja Pekerja Konstruksi : Tinjauan Literatur. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(6), 550–555.
Ramli, S. (2010). Sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja OHSAS 18001. Dian Rakyat.
Reasoa, M. M., & Wibowo, D. H. (2022). Hubungan Servant Leadership Dengan Organizational Citizenship Behavior Pada Karyawan. Motiva Jurnal Psikologi, 5(1), 38. https://doi.org/10.31293/mv.v5i1.6353
Saraswati, Y., Ridwan, A., & Iwan Candra, A. (2020). Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja, Analisis K Gedung Kuliah Bersama Kampus Unair Surabaya, Pembangunan C. JURMATEKS : Jurnal Manajemen Teknologi & Teknik Sipil, 3(2), 247–260. https://doi.org/http://dx.doi.org/
Sartika, R., Maftuh, B., Nurdin, E. S., & Budimansyah, D. (2024). Pengembangan Model Pembelajaran Inkuiri dalam Mata Kuliah. 9(2), 266–276.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D . Alfabeta.
Sukmayadi, T., Maarif, M., Fitri, H. R., Dewi, A. K., Merkuri, Y. G., & Haryanti, A. N. (2024). Membangun Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa melalui Literasi Kewarganegaraan di Universitas Ahmad Dahlan. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(2), 245–256. https://doi.org/10.24269/dpp.v12i2.9388
Swaputri, E. (2010). Analisis Penyebab Kecelakaan Kerja. Kesehatan Masyarakat, 5(2), 95–105.
Vygotsky, L. S., & Cole, M. (1978). Mind in society: Development of higher psychological processes. Harvard University Press.
Wahab, A. . (2011). Teori & Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Alfabeta.
Zead, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.
Jurnal Moral Kemasyarakatan memungkinkan pembaca untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikelnya dan memungkinkan pembaca menggunakannya untuk tujuan lain yang sah menurut hukum. Jurnal memegang hak cipta. Setelah artikel diterbitkan, hak cipta ditransfer dari penulis ke penerbit jurnal.

Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .
