Abstract
Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah rendahnya literasi budaya dan kewargaan mahasiswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, khususnya dalam memahami dilema moral dalam konteks kehidupan berbangsa dan bernegara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan berbasis dilema moral dengan bantuan teknologi Augmented Reality (AR) guna memperkuat literasi budaya dan kewargaan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall berupa analysis design, development, implementation, and evaluation. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil validasi menunjukkan bahwa media yang dikembangkan memperoleh skor rata-rata 4,5 dari ahli materi dan 4,45 dari ahli media, yang keduanya termasuk kategori “Sangat Baik.” Penilaian dari praktisi pembelajaran juga menunjukkan hasil positif. Keseluruhan data membuktikan bahwa media pembelajaran ini layak untuk diujicobakan lebih lanjut sebagai alternatif inovatif dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang kontekstual dan berbasis dilema moral untuk meningkatkan literasi budaya dan kewargaan.
References
Adianti, R. (2023). Problematika Guru PPKn Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Digital. Academy of Education Journal, 14(2), 388–398. https://doi.org/10.47200/aoej.v14i2.1676
Aituru, Y. P., & Andrias, M. Y. (2023). Keberagaman Dalam Kesatuan: Bhinneka Tunggal Ika Sebagai Pilar Pembentukan Hukum Nasional di Republik Indonesia. UNES Law Review, 5(4), 4797–4805.
Cicilia, I., Marsidi, Martini, & Santoso, G. (2022). Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Upaya Membentuk Generasi Penerus Bangsa yang Berkarakter. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 1(03), 146–155. https://jupetra.org/index.php/jpt/article/view/420
Creswell, J. W. (2013). Research Design Pendekatan Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar.
Damri, & Putra, F. (2020). Pendidikan Kewarganegaraan. Kencana.
Fauzy, F. I., Sumaryana, Y., & Sudiarjo, A. (2024). Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality (Ar) Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Rumah Ibadah Umat Beragama Di Indonesia. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 8(4), 4482–4489.
Hamdani, A. D., Dewi, D. A., & Hayat, R. S. (2024). Minimnya Literasi Budaya dan Kewargaan Dapat Mereduksi Nilai Karakter Kebangsaan. Bahasa Dan Pendidikan, 4(1), 140–147. https://doi.org/10.55606/cendikia.v4i1.2348
Hodriani, H., Halking, H., Dharma, S., Nainggolan, M., & Junaidi, J. (2025). Moral Dilemma-Based Citizenship Education Learning As An Effort To Strengthen Cultural And Citizen Literacy. Proceedings of the 5th International Conference on Innovation in Education, Science, and Culture, ICIESC 2023, 24 October 2024, Medan, Indonesia. https://doi.org/10.4108/eai.17-9-2024.2353000
Japar, D. (2020). Media dan Teknologi Pembelajaran PPKn. In 2021. Jakad Publishing.
Joefrie, Y. Y., & Anshori, Y. (2016). Teknologi Augmented Reality. Majalah Ilmiah Ektek, 31(June), 36–48. https://www.medigraphic.com/pdfs/educacion/cem-2017/cem172y.pdf
Junaidi, J., Hodriani, H., & Safitri, I. (2024). Peran Vital Profesionalisme Guru Sebagai Upaya Mewujudkan Pendidikan Berkualitas di Sumatera Utara. Jurnal Studi Edukasi Integratif, 1(1), 23–31.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Materi Pendukung Literasi Budaya Dan Kewargaan (Vol. 3, Issue 1). https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Kurniawan, M. I. (2023). Kemampuan Literasi Budaya dan Kewargaan Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 11(2), 228–237. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v11i2.26819
Mahmud, R., Ngiu, Z., Yunus, R., Hamim, U., & Wantu, As. (2023). Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi. Samudra Biru.
Naibaho, J. (2023). Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di sdn 01 bilah barat rantau prapat. Ilma (Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keagamaan), 2(1), 13–19.
Naibaho, J., & Sitompul, H. (2023). Problematika Pembelajaran PPKn Di Sma Negeri 1 Sibolga (Studi Kasus Masa Pandemi Covid-19). Pancasila and Civics Education Journal (PCEJ), 2(1), 1–7. https://doi.org/10.30596/jcositte.v1i1.xxxx
Nurholisa, N., Legiani, W. H., & Nida, Q. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Berbasis Fenomena Sosial Pada Mata Pelajaran PPKn Di SMAN 1 Mancak. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 298–306.
Permana, B. S., Hazizah, L. A., & Herlambang, Y. T. (2024). Teknologi pendidikan: efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi di era digitalisasi. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(1), 19–28.
Putri, C. F., & Saputra, E. R. (2022). Penggunaan Media Poster dalam Pembelajaran PPKn di Kelas Tinggi. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 3(2), 127. https://doi.org/10.30595/jrpd.v3i2.12807
Raharjo, R., Armawi, A., & Soerjo, D. (2017). Penguatan Civic Literacy Dalam Pembentukan Warga Negara Yang Baik (Good Citizen) Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Warga Negara Muda (Studi Tentang Peran Pemuda HMP PPKn Demokratia pada Dusun Binaan Mutiara Ilmu di Jebres, Surakarta, Jawa Tengah. Jurnal Ketahanan Nasional, 23(2), 51. https://doi.org/10.22146/jkn.26457
Rest, J. R. (1986). Moral development: Advances in research and theory.
Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.
Rizkyani, M., & Wulandari, I. (2022). Arfedo Berbasis Augmented Reality Untuk Meningkatkan Karakter Kebhinekaan Global Dalam Mensukseskan Profil Pelajar Pancasila Jenjang SD. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 5(2), 146. https://doi.org/10.20961/shes.v5i2.58325
Rozi, M. F. (2017). Pluralisme dan Multikulturalisme Dalam Membangun Masyarakat Madani; Kajian Paradigmatik. Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan Dan Keilmuan Islam, 2(2), 104–127.
Rusmiati, M. N., Deti, S., Sukmana, S. F., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Penerapan Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 150–157. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.180
Salsabila, I., & Ninawati, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-up Book Berbasis Kontekstual Muatan Pelajaran PPKN Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy, 9(4), 684. https://doi.org/10.33394/jp.v9i4.5665
Saputra, D., Makki, M., & Zain, M. I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Big Book Berbasis Dongeng Monyet dan Kura-Kura Mata Pelajaran PPKn. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 75–80. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i1.1692
Saputra, H. N. (2020). Augmented Reality dalam Pembelajaran. Idealmathedu: Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 7(2), 92–97. https://doi.org/10.53717/idealmathedu.v7i2.228
Sukmawati, S., Jamaludin, J., Jannah, M., & ... (2022). Penerapan Media Pembelajaran “Mading Pancasila” Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran PPKn. Jurnal …, 6(1), 1323–1326. http://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/2710
Topçiu, M., & Myftiu, J. (2015). Vygotsky Theory on Social Interaction and its Influence on the Development of Pre-School Children. European Journal of Social Sciences Education and Research, 4(1), 172. https://doi.org/10.26417/ejser.v4i1.p172-179
Tuturop, A., & Sihotang, H. (2023). Analisis Perkembangan Karakter dan Peningkatan Mutu Pembelajaran Siswa Melalui Pendidikan Etika Moral. 7, 31332–31341.
Wahab, A. A., & Sapriya. (2023). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. PT Remaja Rosdakarya.
Widiatmaka, P. (2016). Kendala Pendidikan Kewarganegaraan dalam membangun karakter peserta didik di dalam proses pembelajaran. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 13(2), 188–198. https://doi.org/10.21831/civics.v13i2.12743
Wismaliya, R., Hakam, K. A., Rahman, R., & Solehuddin, M. (2021). Penerapan Cerita Bergambar Berbasis Dilema Moral pada Pembelajaran Jarak Jauh dan Tatap Muka dalam Mengembangkan Pertimbangan Moral Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 850–860.
Yanizon, A. (2013). Peranan orang tua dalam pembentukan moral anak. Jurnal Dimensi, 2(1).
Yusuf, R., Sanusi, Razali, Maimun, Putra, I., & Fajri, I. (2020). Tinjauan Literasi Budaya dan Kewargaan Siswa SMA Se-Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(3), 22–28.
Jurnal Moral Kemasyarakatan memungkinkan pembaca untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikelnya dan memungkinkan pembaca menggunakannya untuk tujuan lain yang sah menurut hukum. Jurnal memegang hak cipta. Setelah artikel diterbitkan, hak cipta ditransfer dari penulis ke penerbit jurnal.

Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .

