Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi bahan ajar digital berbasis Qr Code terhadap karakter kemandirian belajar mahasiswa PGSD. Metode penelitian yang digunakan adalah kombinasi antara pendekatan kualitatif yang menguraikan hasil temuan dalam bentuk deskriptif dan pendekatan kuantitaif yang menguraikan hasil temuan dalam bentuk angka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar digital berbasis Qr Code dinilai sangat baik dan karakter kemandirian belajar mahasiswa berada pada kategori tinggi. Hasil analisis angket bahan ajar digital berbasis Qr Code menunjukkan bahwa secara keseluruhan, bahan ajar ini dinilai sangat baik oleh mahasiswa yang dibuktikan dengan sebanyak 22 orang yang dominan berada pada kategori sangat baik dengan persentase 73,3%. Kemudian hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa karakter kemandirian belajar mahasiswa secara keseluruhan berada pada tingkat yang tinggi. Hal ini tercermin dari dominasi 27 orang mahasiswa dalam kategori tinggi dengan persentase 90%, yang menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa telah mengembangkan sikap dan perilaku yang mendukung karakter kemandirian belajar.
References
Abdul Rabu, S., Hussin, H., & Bervell, B. (2019). QR code utilization in a large classroom: Higher Education Students’ initial perceptions. Education and Information Technologies, 24(1), 359–384. https://doi.org/10.1007/s10639-018-9779-2
Alenezi, M., Wardat, S., & Akour, M. (2023). The Need of Integrating Digital Education in Higher Education: Challenges and Opportunities. Sustainability, 15(6), 4782. https://doi.org/10.3390/su15064782
Dewi, N. K., & Rahayu, S. (2024). Inovasi Bahan Ajar Digital dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 9(1), 21–34.
Fitriani, A., & Hartono, B. (2021). Pemanfaatan Teknologi QR Code dalam Pengembangan E-Modul Interaktif. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 10(3), 233–247.
Gamage, K. A. A., Dehideniya, D. M. S. C. P. K., & Ekanayake, S. Y. (2021). The Role of Personal Values in Learning Approaches and Student Achievements. Behavioral Sciences, 11(7), 102. https://doi.org/10.3390/bs11070102
Güleç, İ., & Çoklar, A. N. (2021). Investigation of the effectiveness of using QR code supported books. European Journal of Education Studies, 8(5). http://dx.doi.org/10.46827/ejes.v8i5.3708
Gultom, A. F. (2024). Objektivisme Nilai dalam Fenomenologi Max Scheler. De Cive : Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(4), 141–150. https://doi.org/10.56393/decive.v4i4.2107
Harahap, M S, Harahap, S. D., Nasution, S. W. R., Siregar, D. A., & Karolina, E. (2023a). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Diskrit Berbasis Digital Qr-Code Untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 6(1), 29–39. https://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/3863
Harahap, M S, Harahap, S. D., Nasution, S. W. R., Siregar, D. A., & Karolina, E. (2023b). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Diskrit Berbasis Digital QR Code. MathEdu, 6(1), 29–39.
Harahap, Muhammad Syahril, Harahap, S. D., Nasution, S. W. R., Siregar, D. A., & Karolina, E. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Diskrit Berbasis Digital Qr-Code Untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. JURNAL MathEdu( Mathematic Education Journal0, 6(1), 29–39.
Harlis, H., Aswan, D. M., & Wulandari, I. R. (2024). Kebutuhan E-Modul Interaktif Basidiomycota berbasis Case Study dengan Mengintegrasikan QR Code. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 10(1), 1–7. https://doi.org/10.22437/biodik.v10i1.31900
Inayati, R, Hasanah, N., Fauzi, A. A., & Rusyada, G. N. (2024). Efektivitas Modul Praktikum Histologi Berbasis QR Code. Metik Jurnal, 8(2), 88–97.
Inayati, Rizqa, Hasanah, N., Fauzi, A. A., & Rusyada, G. N. (2024). Efektivitas Modul Penuntun Praktikum Histologi Berbasis Qr Code dalam Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman. Metik Jurnal. https://doi.org/10.47002/metik.v8i2.954
Joseph, P., & Muharli, M. (2024). Pengaruh Inovasi Pembelajaran dan Kurikulum Merdeka Terhadap Karakter Kemandirian Belajar Peserta Didik di Manado. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 9(2), 296–308.
Laila, F., Zuhhri, & Sumaryati. (2024). Inovasi Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Quick Ressponse Code pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Lubuklinggau. Lembaga Publikasi Penelitian, Pengabdian Masyarakat Dan Karya Ilmiah Linggau.
Onyekwelu, B., Alo, G. O., Echefu, F. K., Aderele, M., Adetula, I. O., & Onyekwelu, J. C. (2023). Development of a QR code system for tree species identification. International Journal of Web Research, 6(1), 59-67. https://doi.org/10.22133/ijwr.2023.411727.1174
Qorib, M. (2024). Analysis Of Differentiated Instruction As A Learning Solution In Student Diversity In Inclusive And Moderate Education. International Journal Reglement & Society (IJRS), 5(1), 43-55. https://doi.org/10.55357/ijrs.v5i1.452
Rahmatullah, A. S., Mulyasa, E., Syahrani, S., Pongpalilu, F., & Putri, R. E. (2022). Digital era 4.0: The contribution to education and student psychology. Linguistics and Culture Review, 6(S3), 89-107. https://doi.org/10.21744/lingcure.v6nS3.2064
Rahmatuloh, M., Rizani, A. P., & Resdiana, W. (2023). Rancang Bangun Aplikasi Presensi Mahasiswa Magang Berbasis Web Menggunakan QR Code. Jurnal Teknik Informatika, 15(3), 103–109.
Siregar, E. (2014). Pengembangan profesionalisme guru melalui penelitian tindakan kelas. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 20(77), 173–186. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpkm/article/view/3398/3055
Solihatin, E., Putri, K. Y. S., Siang, J. L., Tulung, J. M., Syarifain, R. I., Kuncoro, E. A., ... & Wuwung, O. C. (2021). Development of Qr Code-Based Character Education Teaching Materials. Review of International Geographical Education Online, 11(5), 4095-4104.
Widyasari, D., Miyono, N., & Saputro, S. A. (2024). Peningkatan Hasil Belajar melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 61–67. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i1.368
Jurnal Moral Kemasyarakatan memungkinkan pembaca untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikelnya dan memungkinkan pembaca menggunakannya untuk tujuan lain yang sah menurut hukum. Jurnal memegang hak cipta. Setelah artikel diterbitkan, hak cipta ditransfer dari penulis ke penerbit jurnal.

Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .
