Penguatan Karakter Kolaboratif Melalui Integrasi Nilai Abbulosibatang Pada Materi Pancasila di Sekolah Dasar Negeri 1 Batang
Pdf

Keywords

Karakter Kolaboratif
Abbulosibatang
Pembelajaran Pancasila
Peserta Didik

How to Cite

Sakman, S., Femmy, F., & Bakhtiar, B. (2025). Penguatan Karakter Kolaboratif Melalui Integrasi Nilai Abbulosibatang Pada Materi Pancasila di Sekolah Dasar Negeri 1 Batang. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 10(2), 977–986. https://doi.org/10.21067/jmk.v10i2.11894

Abstract

Artikel ini membahas konsep Abbulosibatang dalam konteks pembelajaran Pendidikan Pancasila sebagai upaya untuk memperkuat sikap kerjasama di antara peserta didik. Dalam era globalisasi dan perkembangan teknologi yang pesat, nilai-nilai kerjasama menjadi semakin penting untuk ditanamkan dalam diri siswa. Abbulosibatang, yang merupakan istilah kearifan lokal masyarakat Bugis yang mengacu pada prinsip kolaborasi dan saling mendukung, diharapkan dapat menjadi metode efektif dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan produktif. Melalui pendekatan ini, artikel ini menjelaskan bagaimana penerapan nilai Abbulosibatang dalam pembelajaran Pancasila dapat meningkatkan interaksi sosial, empati, dan rasa tanggung jawab di antara siswa. Penelitian ini juga mengidentifikasi berbagai strategi yang dapat digunakan oleh pendidik untuk mengintegrasikan nilai kerjasama dalam materi pendidikan pancasila, serta dampaknya terhadap perkembangan karakter siswa. Dengan demikian, artikel ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan rekomendasi bagi pendidik dalam menciptakan suasana belajar yang mendukung penguatan sikap kerjasama di kalangan peserta didik

https://doi.org/10.21067/jmk.v10i2.11894
Pdf

Jurnal Moral Kemasyarakatan memungkinkan pembaca untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikelnya dan memungkinkan pembaca menggunakannya untuk tujuan lain yang sah menurut hukum. Jurnal memegang hak cipta. Setelah artikel diterbitkan, hak cipta ditransfer dari penulis ke penerbit jurnal.

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .