Kelekatan Emosional dan Pendidikan Karakter: Studi Empiris pada Anak Binaan di Sentra Handayani Jakarta
Pdf

Keywords

Pengembangan
Instrumen Penelitian
Sikap Demokratis
Peserta Didik

How to Cite

Kardeti, D., Susila, N., Pratiwi, D. A. G., Hayati, K., & Megasari, S. D. (2025). Kelekatan Emosional dan Pendidikan Karakter: Studi Empiris pada Anak Binaan di Sentra Handayani Jakarta. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 10(1), 484–492. https://doi.org/10.21067/jmk.v10i1.12151

Abstract

Kelekatan emosional (attachment) merupakan ikatan psikologis yang terbentuk antara anak dan pengasuh, berperan penting dalam pembentukan karakter, khususnya di lingkungan pengasuhan alternatif. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran empiris mengenai kualitas kelekatan anak binaan dengan pengasuh di Sentra Handayani Jakarta, khususnya dalam aspek kepercayaan, komunikasi, dan keterasingan. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan teknik total sampling terhadap 23 anak usia 12-17 tahun. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner berbasis skala Likert, wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Validitas instrumen diuji menggunakan validitas muka, sedangkan reliabilitas diuji dengan rumus Cronbach Alpha. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas kelekatan anak berada pada kategori sedang, dengan skor aktual kepercayaan 634 (sedang), komunikasi 493 (sedang), dan keterasingan 478 (tinggi). Tingginya tingkat keterasingan serta rendahnya komunikasi dan kepercayaan menunjukkan adanya tantangan serius dalam relasi emosional anak dengan pengasuh. Simpulan dari penelitian ini adalah perlunya program intervensi yang terstruktur untuk memperkuat aspek kelekatan emosional, khususnya melalui pendekatan “Care Kids (Peduli Anak)” guna mendukung pendidikan karakter anak binaan secara lebih optimal.

https://doi.org/10.21067/jmk.v10i1.12151
Pdf

References

Appleyard, K., & Berlin, L. J. (2007). Supporting healthy relationships between young children and their parents: Lessons from attachment theory and research. Social Policy Report, 21(4), 3–22.

Appleyard, K., & Berlin, L. J. (2007). Attachment and development: A review of the literature. Developmental Review, 27(1), 13–54.

Armsden, G. C., & Greenberg, M. T. (1987). The Inventory of Parent and Peer Attachment: Individual differences and their relationship to psychological well-being in adolescence. Journal of Youth and Adolescence, 16(5), 427–454. https://doi.org/10.1007/BF02202939

Armsden, G. C., & Greenberg, M. T. (2009). Manual for the IPPA (Inventory of Parent and Peer Attachment). University of Washington.

Bagaskoro, B. (2020). Pengaruh Terapi Keluarga Berbasis Attachment terhadap Motivasi Belajar Anak (Skripsi). Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung.

Baradja, M. F. (2005). Pengantar Ilmu Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Berk, L. E. (2013). Development Through the Lifespan (6th ed.). Pearson Education.

Bowlby, J. (1982). Attachment and Loss: Vol. 1. Attachment. Basic Books.

Chen, X. (2012). Attachment, peer relationships, and social development in adolescence. In Desmita (Ed.), Psikologi perkembangan peserta didik (hal. xx–xx). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Darwati, Y. (2023). Attachment Anak di Panti Asuhan dan Pondok Pesantren Muhammadiyah Gurah. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan Anak, 8(2), 112–130.

Denham, S. A., Bassett, H. H., & Wyatt, T. M. (2012). The socialization of emotional competence. In K. H. Rubin, W. M. Bukowski, & B. Laursen (Eds.), Handbook of Peer Interactions, Relationships, and Groups (pp. 314–329). Guilford Press.

Desmita. (2012). Psikologi perkembangan peserta didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Erikson, E. H. (1950). Childhood and society. W. W. Norton & Company.

Erikson, E. H. (1995). Identity: Youth and crisis. W. W. Norton & Company.

Ervika, E. (2005). Peran figur kelekatan dalam pembentukan kepercayaan dasar anak. Jurnal Psikologi Perkembangan, 3(1), 1–10.

Greenberg, M. T. (1989). Attachment and psychopathology in childhood. In J. Cassidy & P. R. Shaver (Eds.), Handbook of attachment: Theory, research, and clinical applications (pp. 469–496). Guilford Press.

Greenberg, M. T., Domitrovich, C. E., & Bumbarger, B. (2022). The study of attachment and interpersonal relationships in childhood and adolescence: Current trends and future directions. Developmental Psychology, 58(4), 585–600.

Jones, S., Smith, K., & Taylor, M. (2021). Gender differences in emotional expression and coping in adolescence. Journal of Adolescent Research, 36(1), 23–42.

Lestari, S. (2016). Psikologi perkembangan anak. Kencana.

Lickona, T. (1991). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam Books.

Lieberman, A. F., et al. (2011). Psychotherapy with infants and young children: Repairing the effects of stress and trauma on early attachment. Guilford Press.

Main, M., & Solomon, J. (1990). Procedures for identifying disorganized/disoriented attachment in infants. In M. T. Greenberg, D. Cicchetti, & E. M. Cummings (Eds.), Attachment in the preschool years (pp. 121–160). University of Chicago Press.

Malekpour, M. (2007). Effects of attachment on early and later development. The British Journal of Developmental Disabilities, 53(105), 81–95.

Malekpour, M. (2007). Insecure attachment in childhood and adolescence: A review of current perspectives. Adolescent Psychiatry, 32(4), 25–36.

Mikulincer, M., & Shaver, P. R. (2019). Attachment in adulthood: Structure, dynamics, and change (2nd ed.). Guilford Press.

Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Pengasuhan Anak.

Piaget, J. (1972). The psychology of the child. Basic Books.

Rohner, R. P. (2016). Introduction to Interpersonal Acceptance-Rejection Theory (IPARTheory). Online Readings in Psychology and Culture, 6(1).

Santrock, J. W. (2007). Life-span development (11th ed.). McGraw-Hill.

Schneider, B., & Nadel, L. (2023). Cognitive development during adolescence: A neuropsychological perspective. Annual Review of Psychology, 74, 35–60.

Sholihah, M., Kardeti, D., & Subardhini, M. (2020). Kualitas kelekatan anak dengan pengasuh di LKSA Al-Kautsar. Jurnal Pekerjaan Sosial, 6(1), 45–59.

Soetjiningsih. (2012). Psikologi perkembangan anak dan remaja. Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Soetjiningsih. (2012). Tumbuh kembang remaja dan permasalahannya. Salemba Medika.

Togatorop, Y. Y., Rahmadini, & Ahmad, H. (2021). Kelekatan anak dengan pengasuh ditinjau dari dimensi trust, communication, dan alienation. Jurnal Psikologi Anak, 4(2), 85–100.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Jurnal Moral Kemasyarakatan memungkinkan pembaca untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikelnya dan memungkinkan pembaca menggunakannya untuk tujuan lain yang sah menurut hukum. Jurnal memegang hak cipta. Setelah artikel diterbitkan, hak cipta ditransfer dari penulis ke penerbit jurnal.

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .