Abstract
Berwawasan dan berkarakter global merupakan bekal menjadi warga negara global. Karakter tanggung jawab merupakan karakter yang harus dimiliki warga negara global dan dapat dibangun melalui pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Permasalahan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yaitu, belum maksimal menggunakan model inovatif pembelajaran kekinian. Model Pembelajaran Berbasis Inkuiri Global pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan saat ini masih bersifat teoritis, tidak bersifat aplikatif. Pengembangan konten dan instrument sangat dibutuhkan dalam Model Pembelajaran Berbasis Inkuiri Global. Tujuan penelitian, untuk mengetahui efektivitas pengembangan konten dan instrumen model Pembelajaran Berbasis Inkuiri Global dalam membangun karakter tanggung jawab warga negara konteks global. Penelitian dilakukan menggunakan desain quasi eksperimen selama satu semester. Data utama hasil nilai pretes dan postest ditunjang data observasi dan wawancara. Inovasi penelitian terletak pada pengembangan konten dan rubrik penilaian karakter tanggung jawab warga negara konteks global yang terukur melalui digital portfolio, menggabungkan dimensi kognitif, afektif, dan perilaku di mana penerapan model ini menunjukkan peningkatan komitmen mahasiswa terhadap keadilan sosial dengan nilai N-Gan kategori tinggi 0,82. Kesimpulan penelitian yaitu model pembelajaran Berbasis Inkuiri Global efektif dalam membangun karakter tanggung jawab warga negara mahasiswa dalam konteks global.
References
Apuke, O. D. (2017). Quantitative Research Methods : A Synopsis Approach. Kuwait Chapter of Arabian Journal of Business and Management Review, 6(11), 40–47. https://doi.org/10.12816/0040336
Arifin, Z., Sukarmin, Saputro, S., & Kamari, A. (2025). The effect of inquiry-based learning on students’ critical thinking skills in science education: A systematic review and meta-analysis. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 21(3). https://doi.org/10.29333/ejmste/15988
Belladonna, A. P., & Anggraena, S. N. (2019). Penguatan Pengetahuan Kewarganegaraan (Civic Knowledge) Dalam Meningkatkan Kesadaran Hukum Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 3(2), 196. https://doi.org/10.31571/pkn.v3i2.1442
Boyte, H. (1994). Civitas - a Framework for Civic Education - Bahmueller,Cf. Teachers College Record, 95(3), 414–418.
Carrie, A. K. (2015). Literary Study for Critical Global Citizenship Education. MA Thesis, 1(August).
Cholisin. (2010). Penerapan Civic Skills dan Civic Disposition dalam Mata Kuliah Prodi PKn. Diskusi Terbatas Jurusan PKn Dan Hukum FISE, UNY, September, Hlm. 2-10.
Damico, J. S., Baildon, M., & Panos, A. (2018). Media Literacy and Climate Change in a Post-Truth Society. Journal of Media Literacy Education, 10(2), 11–32. https://doi.org/10.23860/jmle-2018-10-2-2
Dolfries. J. Neununy. (2023). Pendidikan Kewarganegaraan (Nofendy Ardyanto (ed.); Cetakan Pe). PT. Pena Persada Kerta Utama.
Firdaus, A., & Nurdin, E. S. (2023). Relevansi Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan dengan Tantangan Global di Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 29(1), 45-60
Fitzpatrick, C., Archambault, I., Barnett, T., & Pagani, L. (2020). Preschool cognitive control and family adversitpredict the evolution of classroom engagemenin elementary school. South African Journal of Childhood Education, 10(1), 1–9. https://doi.org/10.4102/sajce.v10i1.803
Garth-James, K., & Hollis, B. (2014). Connecting Global Learners Using eLearning and the Community of Inquiry Model. American Journal of Educational Research, 2(8), 663–668. https://doi.org/10.12691/education-2-8-15
Johansson, M. (2017). Social inequalities in the allocation of learning support in a Swedish upper secondary school. Education, Citizenship and Social Justice, 12(1), 63–74. https://doi.org/10.1177/1746197916683467
Kusuma, W., & Dewi, S. (2020). Pendidikan Kewarganegaraan untuk Mahasiswa Non-Sosial: Membangun Relevansi. Jurnal Pendidikan Profesional, 5(1), 77-90
Lee, H., et al. (2021). Global Inquiry-Based Learning and Civic Responsibility. Journal of Global Education, 12(3), 45-60
Levinson, M. (2014). Citizenship and Civic Education. Strategic Management Journal, 35(1), 1–23. https://doi.org/http://nrs.harvard.edu/urn-3:HUL.InstRepos:12701475
Lizawati, L., & Uli, I. (2019). Peningkatan Kemandirian Belajar Melalui Pembelajaran Sastra Nusantara Berbasis Pendidikan Karakter Tanggung Jawab. SeBaSa, 2(1), 25. https://doi.org/10.29408/sbs.v2i1.1349
Lütge, C., Merse, T., & Rauschert, P. (2022). Global citizenship in foreign language education: Concepts, practices, connections. Global Citizenship in Foreign Language Education: Concepts, Practices, Connections, November, 1–298. https://doi.org/10.4324/9781003183839
Margaret Stimmann Branson. (1998). The Role of Civic Education (Issue 1). CCE.
Mo’tasim, M., Mollah, M. K., & Nurhayati, I. (2022). Konsep Pendidikan Multikultural dalam Pandangan Banks. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 15(01), 72–90. https://doi.org/10.32806/jf.v15i01.5863
Mulyani, H., Komalasari, K., Permatasari, M., Bribin, M. L., & Suriaman, S. (2024). Transformasi Pendidikan Kewarganegaraan Global di Era Abad 21: Analisis Implementasi dan Tantangan. Jurnal Kewarganegaraan, 21(1), 88. https://doi.org/10.24114/jk.v21i1.55115
Risberg, E. J. (2021). Global citizenship education for non-citizens? Journal of Social Science Education, 20(2), 5–25. https://doi.org/10.4119/jsse-3912
Roche, S. (2018). What’s the score? Assessing the impacts and outcomes of lifelong learning. International Review of Education, 64(5), 535–542. https://doi.org/10.1007/s11159-018-9745-7
Sam, R. (2024). Systematic review of inquiry-based learning : assessing impact and best practices in education [ version 1 ; peer review : awaiting peer review ]. 1–12. https://doi.org/10.12688/f1000research.155367.1
Spires, H. A., Himes, M. P., Paul, C. M., & Kerkhoff, S. N. (2019). Going Global With Project-Based Inquiry: Cosmopolitan Literacies in Practice. Journal of Adolescent and Adult Literacy, 63(1), 51–64. https://doi.org/10.1002/jaal.947
Sundayana, R. (2018). Statistika Penelitian Pendidikan. CV. Alfabeta. https://eka-prasetya.ac.id/perpus/index.php?p=show_detail&id=1451&keywords=
UNESCO. (2015). Education For All 2000-2015: achievements and challenges. United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization. https://doi.org/https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000232565
Jurnal Moral Kemasyarakatan memungkinkan pembaca untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikelnya dan memungkinkan pembaca menggunakannya untuk tujuan lain yang sah menurut hukum. Jurnal memegang hak cipta. Setelah artikel diterbitkan, hak cipta ditransfer dari penulis ke penerbit jurnal.

Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .
