MENELISIK MORAL SOSIAL KEWARGANEGARAAN DALAM PERMAINAN PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
PDF (Bahasa Indonesia)

How to Cite

Istianti, T., Hamid, S. I., Abdillah, F., & ., U. (2016). MENELISIK MORAL SOSIAL KEWARGANEGARAAN DALAM PERMAINAN PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 1(2), 86–96. https://doi.org/10.21067/jmk.v1i2.1527

Abstract

Artikel ini berangkat dari asumsi bahwa pendidikan yang mengikutsertakan muatan moral sosial kewarganegaraaan harus dimulai sejak dini. Pendidikan Anak Usia Dini sebagai institusi yang secara operasional memberikan pelayanan pendidikan untuk segmentasi ini, perlu merumuskan secara programatik untuk menanamkan serta memupuk nilai dan perilaku yang terkonseptualisasikan dalam Moral Sosial Kewarganegaraan. Dengan menganalisis RPH, Observasi dan Wawancara terhadap guru, penelitian ini menelisik kesiapan infrastruktur dan suprastruktur implementasi konsep Moral Sosial Kewarganegaraan. Hasil dari analisis tersebut menunjukkan bahwa secara infrastruktur dan suprastruktur di beberapa tempat penelitian sudah memenuhi syarat serta kualifikasi untuk pelaksanaan konsep ini. Dengan begitu, hasil penelitian pendahuluan ini berimplikasi pada perlu dilaksanakannya penelitian lanjutan berupa mendesain model serta melaksanakan eksperimentasi untuk melihat peningkatan pada hal-hal yang disasar.
https://doi.org/10.21067/jmk.v1i2.1527
PDF (Bahasa Indonesia)

References

Ahmadi, A., 2001. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rineka Cipta.
Brown, B., Weitzman, M. & Zaslow, M., 2004. Early child development in social context: A chartbook. s.l.:The Commonwealth Fund.
Chou, S. Y. & Pearson, J. M., 2012. Organizational citizenship behaviour in IT professionals: an expectancy theory approach. Management Research Review, 35(12), pp. 1170 - 1186.
Colby, A., 2015. Membangun Perkembangan Moral dan Kewarganegaraan Mahasiswa. In: Handbook Pendidikan Moral dan Karakter. Bandung: Nusa Media, pp. 567-595.
Dariyo, A., 2005. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Dick, W., Carey, L. & Carey, J. O., 2005. The Systematic Design of Instruction. Boston, MA: Pearson/Allyn & Bacon.
Djahiri, K., 1999. Menelusuri Dunia Afektif. Bandung: Lab. Pengajaran PMP IKIP Bandung.
Dunlap, G. & Powell, D., 2009. Promoting Social Behavior of Young Children in Group Settings: A Summary of Research. Road Map to Effective Intervention Practices #3. Tampa, Florida: University South of Florida, Technical Assistance Center on Social Emotional Intervention for Young Children.
Ertürk, A., 2007. Increasing organizational citizenship behaviors of Turkish academicians. Journal of Managerial Psychology, 22(3), pp. 257 - 270.
Esnard, C. & Jouffre, S., 2008. Organizational citizenship behavior: Social valorization among pupils and the effect on teachers’ judgments. European Journal of Psychology of Education, pp. 55-274.
Gall, M. D., Borg, W. R. & Gall, J. P., 2003. Educational Research: An Introduction. s.l.:Allyn & Bacon.
Hägglund, S. & Samuelsson, I. P., 2009. Early Childhood Education and Learning for Sustainable Development and Citizenship. International Journal of Early Childhood, 41(2), pp. 49-63.
Hamid, S. I., 2015. Semiotika Kewarganegaraan. Bandung: Rizqi Press.
Hamza B, U., 2012. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif,. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hildebrandt, C. & Zan, B., 2015. Pendekatan Konstruktivis pada Pendidikan Moral Anak Usia Dini. In: Handbook Pendidikan Moral dan Karakter. Bandung: Nusa Media, pp. 511-536.
Hurlock, . E. B., 1978. Perkembangan Anak. 6 ed. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kaelan, 2013. Negara Kebangsaan Pancasila: Historis, Kultural, Filosofis, Yuridis, dan Aktualisasinya. Yogyakarta: Paradigma.
Martin, G. & Pear, J., 2015. Behavior Modification, what is and how to do it. s.l.:Pearson Education, Inc.
Mayfield, C. O. & Taber, T. D., 2010. A prosocial self-concept approach to understanding organizational citizenship behavior. Journal of Managerial Psychology, 25(7), pp. 741 - 763.
Organ, D. W., 1988. Organizational citizenship behavior: The good soldier syndrome. Lexington, MA: Lexington Books.
Podsakoff, P. M., MacKenzie, S. B. & Moorman, R. H., 1990. Transformational leader behaviours and their effects on followers’trust in leader, satisfaction, and organizational citizenship behaviours. Leadership Quarterly, pp. 107-142.
Podsakoff, P. M., Mackenzie, S. B., Paine, J. B. & Bachrach, D. G., 2000. Organizational citizenship behaviors: A critical review of the theorical and empirical literature and suggestions for future research. Journal of Management, 26(3), pp. 513-563.
Rubin, K. H. & Rose-Krasnor, L., 1992. Interpersonal Problem Solving and Social Competence in Children. In: Handbook of Social Development: A Lifespan Perspective. New York: Plenum Press.
Salkind, N. J., 2009. Teori-teori Perkembangan Manusia: Sejarah Kemunculan, Konsepsi Dasar, Analisis Komparatif dan Aplikasi. Bandung: Nusa Media.
Sinclair, M., Davies, L., Obura, A. & Tibbits, F., 2008. Learning to Live Together: Design, Monitoring and Evaluation of Education for Life Skills, Citizenship, Peace and Human Rights.. Eschborn, Germany: Deutsche Gesellschaft für Technische Zusammenarbeit (GTZ) GmbH.
Sudono, A., 2006. Sumber Belajar dan Alat permainan untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Grasindo.
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: CV Alfabeta.
UNESCO, 2014. Global Citizenship Education: Preparing Learners for the challenges of the 21st century. Paris: UNESCO.
UNESCO, 2015. Global Citizenship Education: Topics and Learning Objectives. Paris, France.: United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization.
Woolfolk, A., 2004. Educational Psychology. 9th ed. Boston: Allyn and Bacon.

Jurnal Moral Kemasyarakatan memungkinkan pembaca untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikelnya dan memungkinkan pembaca menggunakannya untuk tujuan lain yang sah menurut hukum. Jurnal memegang hak cipta. Setelah artikel diterbitkan, hak cipta ditransfer dari penulis ke penerbit jurnal.

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .