KERUKUNAN KOMUNITAS MADURA SWASTA DI KECAMATAN KRAKSAAN KABUPATEN PROBOLINGGO (Kajian Kearifan Lokal dan Pendidikan Karakter)
PDF (Bahasa Indonesia)

How to Cite

Sakdiyah, S. H., & Muawwanah, S. H. (2016). KERUKUNAN KOMUNITAS MADURA SWASTA DI KECAMATAN KRAKSAAN KABUPATEN PROBOLINGGO (Kajian Kearifan Lokal dan Pendidikan Karakter). Jurnal Moral Kemasyarakatan, 1(2), 122–134. https://doi.org/10.21067/jmk.v1i2.1530

Abstract

Hasil observasi di wilayah kecamatan Kraksaan ditemukan bahwa penduduk Kecamatan Kraksaan sangat variatif mulai dari suku dan agama. Kerukunan antar agama terjalin dengan erat sehingga dalam penyelenggaraan kehidupan sosial dan pemerintahan dapat berjalan lancar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh teknologi dan ilmu pengetahuan,  perilaku sosial dan lingkungan hidupnya di era globalisasi.  Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif melalui analisis SWOT. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian  menggambarkan bahwa pendidikan menjadi kunci utama untuk menemukan kembali nilai-nilai luhur kebangsaan demi untuk membangun bangsa yang berkarakter dan tidak meninggalkan nilai-nilai kelokalan.
https://doi.org/10.21067/jmk.v1i2.1530
PDF (Bahasa Indonesia)

References

Daldjoeni, 1996, Pokok-pokok Geografi Manusia, Bandung, Bina Aksara.
Haba, 2007, Merencanakan Aceh Bebas Bencana, Kemiskinan Perempuan Aceh Pasca Konflik dan Tsunami, Buletin INEFs.
Juniarta, H.P., 2013, Kajian Profil Kearifan Lokal Masyarakat Pesisir Pulau Gili Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo Jawa Timur, ESCOFIM UB, Vol.1. No.1 tahun 2013.
Pickles, John, 2014, Geografi dan Humanisme, Yogyakarta, Ombak.
Ritzer, George, 2007, Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda, Jakarta, Raja Grafindo Persada
Soekanto, Soerjono, 2003, Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta, Rajawali Pers.
Soekmono, R, 1998, Pengantar Sejarah Kebudayaan Indonesia3, Yogyakarta,Kanisius.

Jurnal Moral Kemasyarakatan memungkinkan pembaca untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikelnya dan memungkinkan pembaca menggunakannya untuk tujuan lain yang sah menurut hukum. Jurnal memegang hak cipta. Setelah artikel diterbitkan, hak cipta ditransfer dari penulis ke penerbit jurnal.

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .