PENGARUH PENGETAHUAN MORAL (MORAL KNOWING) TERHADAP PERILAKU MORAL (MORAL ACTION) PADA SISWA SMP NEGERI KOTA PEKANBARU BERDASARKAN PENDIDIKAN ORANGTUA

Main Article Content

Ilham Hudi

Abstract

ABSTRAKAspek moralitas dilihat dari perspektif siswa adalah difokuskan kepada pengetahuan moral dan perilaku moral. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek moralitas yaitu; pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku moral Siswa SMP Negeri Kota Pekanbaru berdasarkan pendidikan orang tua.  Populasi penelitian terdiri dari 40 SMP Negeri Kota Pekanbaru sebanyak 1600 siswa, sedangkan sampel penelitian meliputi 9 SMP Kota Pekanbaru sebanyak 360 siswa. Kaedah analisis data  menggunakan analisis deskriptif yaitu rata-rata dan simpangan baku serta analisis inferensi yang digunakan regresi melalui program SPSS 18. Hasil kajian menunjukkan terdapat pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku Moral siswa SMP Kelas VIII Kota Pekanbaru berdasarkan pendidikan orangtua.

Article Details

How to Cite
Hudi, I. (2017). PENGARUH PENGETAHUAN MORAL (MORAL KNOWING) TERHADAP PERILAKU MORAL (MORAL ACTION) PADA SISWA SMP NEGERI KOTA PEKANBARU BERDASARKAN PENDIDIKAN ORANGTUA. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 2(1), 30-44. https://doi.org/10.21067/jmk.v2i1.1698
Section
Articles

References

Abdul Rahman Md. Aroff. 2011. Pendidikan Moral, teori etika dan amalan moral. Ulang cetak. Serdang-Selangor: Universiti Putra Malaysia.
Agus Zaenul Fitri. 2012. Pendidikan Karakter berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
BP-7 Pusat. 1995. Bahan Penataran P-4 Terpadu bagi Pegawai Negeri Sipil. Jakarta: BP-7 Pusat
Fatchul Mu’in. 2011. Pendidikan karakter konstruksi teoritik dan praktik. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
Fajar, Malik., 2002. Menggagas Pendidikan Masa Depan. Malang: UMM Press/ FKIP Universitas Muhammadiyah.
Hambali. 2014. Pelaksanaan Pendidikan Karakter Bangsa di Sekolah Menengah Pertama, Kota Pekanbaru, Riau , Indonesia. Malaysia: Desertasi S3 Fakulti Pendidikan UKM
Hambali. 2015.a. Students’ Reaction Towards Nation Characters Education and the Impacts on the Practice of Nationalist Characters. Journal of Applied Sciences, 2015, ISSN 1812-5654. Volume 15 Issue 9 2015. www.ansinet.com. DOI: 10.3923/jas.2015.
Hambali. 2015.b. Class room as a Medium to Develop Character Values. Proceeding 2nd International Conference on Current Issues in Education (ICCI) ISSN: 2460-7185
Hambali. 2015.c. Producing Creative Generation through Nation Character Education. Journal of Educational and Social Research MCSER Publishing, Rome-Italy, Vol.5 No.3 September 2015, ISSN 2239-978X ISSN 2240-0524. Doi:10.5901/jesr.2015.v5n3p81
Kemendiknas. 2010. Bahan Pelatihan, Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan karakter Bangsa, Pengem-bangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa . Jakarta: Balitbang (Badan Penelitian dan Pengembangan) Pusat Kurikulum
Lickona, Thomas. 2013. Pendidikan Karakter (Panduan Lengkap Mendidik Siswa menjadi Pintar dan Baik). Terj. Lita S. Bandung: Nusa Media
Masnur Muslich. 2014.Pendidikan karakter menjawab tantangan krisis multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara
Moleong J Lexy. 2004. Metode penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Najib Sulhan. 2009. Pendidikan Berbasis Karakter. Surabaya: PT. JePe Press Media Utama (Jawa Pos Group)
Singgih Santoso 2006. Menguasai statistik di Era Informasi dengan Statistik, Jakarta: PT Alex Media Komputindo
Sutarjo Adisusilo J.R. 2014. Pembelajaran Nilai Karakter Konstruksi dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada
Suharsimi Arikunto.2006. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Wong Nai Kung, dkk. 2011. Pendidikan moral. Selangor Malaysia: Chengage Learning Pte Ltd.