PEMBINAAN CIVIC DISPOSITION MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT CITIZEN DALAM MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN 2 UNTUK MENUMBUHKAN NILAI MORAL MAHASISWA PRODI PGSD FKIP UPY

Main Article Content

Beny Dwi Lukitoaji

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pembinaan civic disposition melalui model pembelajaran project citizen dalam mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan 2 untuk menumbuhkan nilai moral mahasiswa prodi PGSD FKIP UPY. Desain penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kualitatif dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Partisipan dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester dua yang terdaftar di mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan 2 pada Program Studi PGSD FKIP UPY. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Pengujian keabsahan data penulisan dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan dan triangulasi. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan analisis proses siklus yang interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian adalah terdapat beberapa civic disposition yang muncul dalam pembelajaran mata kuliah PKn 2 dengan model pembelajaran project citizen antara lain: tanggung jawab, disiplin, penghargaan terhadap harkat dan martabat manusia, kepedulian, kesopanan, berpikir kritis, kemauan mendengar, bernegosiasi dan berkompetensi, memajukan kebaikan umum, berpartisipasi dalam masalah bersama dengan cara yang terbuka, mengembangkan kepercayaan diri.

Article Details

How to Cite
Lukitoaji, B. (2017). PEMBINAAN CIVIC DISPOSITION MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT CITIZEN DALAM MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN 2 UNTUK MENUMBUHKAN NILAI MORAL MAHASISWA PRODI PGSD FKIP UPY. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 2(2), 102-116. https://doi.org/10.21067/jmk.v2i2.2172
Section
Articles

References

Affandi, I. (1996). Keploporan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda dalam Pendidikan Politik. (Disertasi). Bandung: SPs UPI Bandung.
Basleman, A dan Mappa, S. (2011). Teori Belajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Budimansyah, D dan Winataputra. (2012). Pendidikan Kewarganegaraan dalam Perspektif Internasional (Konteks, Teori, dan Profil Pembelajaran). Bandung: Widya Aksara Press.
Budimansyah, D. (2002). Model Pembelajaran dan Penilaian Berbasis Portopolio. Bandung: Penerbit PT Genesindo.
Budimansyah, D. (2010). Tantangan globalisasi terhadap pembinaan wawasan kebangsaan dan cinta tanah air di sekolah. Jurnal Penelitian Pendidikan. (Online), Vol 11, No. 1, April 2010.
Budimansyah, D. (2012). Perancangan Pembelajaran Berbasis Karakter Seri Pembinaan Profesionalisme Guru. Bandung: Widya Aksara Press.
Djahiri, A. Kosasih. (2000). Memahami Makna dan Isi Pesan Pembelajaran dan Portofolio Learning and Evaluation Based. Bandung: PPs UPI.
Eleanora, N, F. (2011). Bahaya Penyalahgunaan Narkoba Serta Usaha Pencegahan Dan Penanggulangannya (Suatu Tinjauan Teoritis). Jurnal Hukum. (Online), Vol XXV, No 1, April 2011.
Haryati, T dan Rochman, N. (2012). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Praktik Belajar Kewarganegaraan (Project Citizen). Jurnal Ilmiah CIVIS. (Online), Vol. II, No. 2, Juli 2012.
Kenakalan Remaja. [Online]. Tersedia di http://health.liputan6.com/read/688614/berbagai-perilaku-kenakalan-remaja-yang-mengkhawatirkan?p=3. Diakses 12 November 2017.
Manullang, B. 2013. Grand Desain Pendidikan Karakter Generasi Emas 2045. Jurnal Pendidikan Karakter. (Online), No. 1, Tahun III, Februari 2013.
Remaja di Indonesia Rentan Berperilaku Tidak Sehat. [Online}. Tersedia di http://beritasore.com/2010/07/05/separuh-dari-63-juta-jiwa-remaja-di-indonesia-rentan-berprilaku-tidak-sehat/. Diakses 12 November 2017.
Samani, M dan Hariyanto. (2013). Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Setiawan, D. (2013). Peran Pendidikan Karakter Dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral. Jurnal Pendidikan Karakter. (Online), No. 1, Tahun III, Februari 2013.
Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter?. Jurnal Pendidikan Karakter. (Online), No. 1, Tahun I, Oktober 2011.
Wening, S. (2012). Pembentukan Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Nilai. Jurnal Pendidikan Karakter. (Online), No. 1, Tahun II, Februari 2012.
Winarni, S. (2013). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Perkuliahan. Jurnal Pendidikan Karakter. (Online), No. 1, Tahun III, Februari 2013.
Winarno. (2013). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Isi, Strategi, dan Penilaian. Jakarta: Bumi Aksara.
Winataputra, U, S. (2001). Jatidiri Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Wahana Pendidikan Demokrasi. (Disertasi). Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.