Penanaman Nilai Karakter dan Moral Mahasiswa Melalui Mata Kuliah Anak Berkebutuhan Khusus dan Pendidikan Inklusi
PDF

How to Cite

Pamungkas, B. (2018). Penanaman Nilai Karakter dan Moral Mahasiswa Melalui Mata Kuliah Anak Berkebutuhan Khusus dan Pendidikan Inklusi. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 3(1), 23–28. https://doi.org/10.21067/jmk.v3i1.2374

Abstract

This study aims to determine the planting of character and moral values of students through the subjects of Children with Special Needs and Inclusion Education students of the PGSD FKIP UPY study program. The research design uses a qualitative approach and the method used is a case study. Participants in this study were seventh semester students in the subjects of Children with Special Needs and Inclusive Education of PGSD FKIP UPY study program. Data collection techniques using observation, interviews, documentation. Test the validity of the data by extension of observation and triangulation. Data processing and analysis techniques use interactive cycle process analysis consisting of data reduction, data presentation, and data verification. The results of this study are that there are several character and moral values that can be embedded in the subjects of Children with Special Needs and Inclusive Education, among others: tolerance, nationalism, friendship / communicative, social care and responsibility.

https://doi.org/10.21067/jmk.v3i1.2374
PDF

References

Erawati, Eka Leli. dkk. 2016. Pendidikan Karakter Bangsa Pada Anak Berkebutuhan Khusus dalam Pendidikan Inklusi. Jurnal Studi Sosial, Vol 4 No 1.

Johnson, Elaine B. 2011. Contextual Teaching & Learning, Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Kaifa Learning

Lickona, Thomas. 2013. Mendidik untuk Membentuk Karakter Bagaimana Sekolah dapat Mengajarkan Sikap Hormat, dan Tanggung Jawab. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Muslich, Masnur. 2011. KTSP, Pembelajaran berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara

Pamungkas, Bayu. 2016. Urgensi Pendidikan Karakter untuk Mengoptimalkan Layanan Pendidikan bagi Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif. Prosiding Seminar Nasional Universitas PGRI Yogyakarta, ISBN 978-602-73690-7-8

Pusat Kurikulum dan Perbukuan. 2011. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Riasti, Erlis. 2015. Implementasi Pendidikan Karakter Pada Kelas Inklusi di SD Negeri Widoro Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 9 Tahun ke IV Mei 2015.

Setiawan, D. 2013. Peran Pendidikan Karakter dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral. Jurnal Pendidikan Karakter. Online, No. 1, Tahun III, Februari 2013.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas

Winarni, S. 2013. Integrasi Pendidikan Karakter dalam Perkuliahan. Jurnal Pendidikan Karakter. (Online),

Jurnal Moral Kemasyarakatan memungkinkan pembaca untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikelnya dan memungkinkan pembaca menggunakannya untuk tujuan lain yang sah menurut hukum. Jurnal memegang hak cipta. Setelah artikel diterbitkan, hak cipta ditransfer dari penulis ke penerbit jurnal.

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .