Penanaman Nilai-Nilai Moral Pada Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak

  • Bhakti Prima Findiga Hermuttaqien Universitas Kanjuruan Malang
  • Mutatik Mutatik TK Dharma Wanita Sumber Porong

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah penurunan nilai-nilai moral generasi muda. Indikasi penurunan nilai-nilai moral tersebut yaitu semakin maraknya  tindakan  kriminal,  turunnya  rasa  hormat  dan  sopan santun anak terhadap guru ataupun orang lain. Hal ini dikarenakan minimnya pendidikan  nilai-nilai moral pada anak usia dini melalui kegiatan pembelajaran di Taman Kanak-kanak. Tujuan dari penelitian ini untuk menanamkan nilai-nilai moral pada pembelajaran di Taman Kanak-kanak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik penelitian studi kasus. Penelitian dilakukan di TK Dharma Wanita Sumberporong. pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Uji keabsahan  data dilakukan  dengan  menggunakan  triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan: (1) Nilai-nilai  moral  yang ditanamkan di TK Dharma Wanita melalui kegiatan pembelajaran diantaranya adalah: tolong menolong, saling memaafkan, kasih sayang, berbagi kepada teman sebaya, menabung, sopan santun,  menghormati dan menghargai orang lain.(2) Metode pembelajaran yang dilakukan untuk  menanamkan  nilai-nilai  moral  adalah keteladanan, pembiasaan, stimulus, bermain, bernyanyi, pemberian reward,  pemberian  nasihat.(3) Faktor penghambat dalam menanamkan nilai-nilai moral diantaranya yaitu: kurangnya tenaga pendidik, kurangnya penguasaan psikologi anak, guru masih mengalami kesulitan dalam menangani anak-anak yang nakal, lingkungan yang kurang kondusif. Faktor pendukung yaitu: berbagai media belajar seperti: alat bermain, CD, buku serta dukungan moral dari para guru.

References

Creswell, J. W. (2009). Research Design : Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. (edisi ketiga). Thousand Oaks : Sage.

Drajat, Zakiyah. (1976). Membina Nilai-nilai Moral di Indonesia. Jakarta: Bulan Bintang.

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E. and Hyu, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. New York : McGraw-Hill.

Hawadi, Lydia Freyani. (2012). Pedoman Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini. Jakarta : Direktorat Pembina Pendidikan Anak Usia Dini Kementrian Pendidikan Nasional.

Henry Hazlitt. (2003). Dasar-dasar Moralitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Hurlock, . E. B., (2000). Perkembangan Anak. 6 ed. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Koyan, I Wayan. (2000). Pendidikan Moral : Pendekatan Lintas Budaya. Jakarta : PPGSM Dirjen Dikti.

Lickona, T. (1992). Educating for Character, How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York : Bantam Books.

Mantatov, V.V. & Boldonova, I.S. (2014). Strategiya obrazovaniya Respubliki Byryatiya: istoki I perspektivi (Education strategy of the Republic of Buryatia: Origins and Prospects). Environmental Ethics and technology for sustainable development in the XXI centure. Collected articles, 36–45, Ulan-Ude, Izdatel’stvo VSGUTU.

Musfiroh, Tadkiroatun. 2005. Bermain Sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan. Jakarta : Direktorat Jendral Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Molchanov, S.V. Moral spravedlivosti i moral zaboti: zarubejnie I otechestvennie podhodi k moralnomu razvitiu (Moral of justice and moral of care: foreign and domestic approaches to moral development). Vestnik Moskovskogo Universiteta, Ser.14, Psihologia (The Moscow University Herald. Series 14. Psychology), 2011, 2, 59-72.

Nasibulina, Anastasia. (2015). Education for Sustainable Development and Environmental Ethics. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 214, 1077 – 1082.

Otib Satibi Hidayat. (2000). Metode pengembangan moral dan nilai-nilai agama. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sugiyono. (2010). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Wijana, Widarmi D. dkk. (2008). Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Universitas Terbuka.

Warneken, F., & Orlins, E. (2015). Children tell white lies to make others feel better. British Journal of Developmental Psychology, 33, 259–270.

https://metro.sindonews.com/read/1188065/171/2-anak-tewas-disdik-bekasi-keluarkan-edaran-anti-tawuran-1489426329 (Diakses Tanggal 30 Januari 2018)

https://daerah.sindonews.com/read/1153906/190/tersinggung-anak-smp-nekat-tikam-guru-13-kali-1478666066(Diakses Tanggal 30 Januari 2018)

http://news.okezone.com/read/2015/11/30/65/1258030/empat-masalah-utama-pendidikan-indonesia(Diakses Tanggal 30 Januari 2018)

https://daerah.sindonews.com/read/1211082/192/2-pasang-mahaanak-dan-sepasang-pelajar-sma-terjaring-saat-ngamar-1496714135(Diakses Tanggal 30 Januari 2018)

Published
2018-09-05
How to Cite
Hermuttaqien, B., & Mutatik, M. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Moral Pada Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 3(1), 39-45. https://doi.org/10.21067/jmk.v3i1.2645
Section
Articles