Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah penurunan nilai-nilai moral generasi muda. Indikasi penurunan nilai-nilai moral tersebut yaitu semakin maraknya tindakan kriminal, turunnya rasa hormat dan sopan santun anak terhadap guru ataupun orang lain. Hal ini dikarenakan minimnya pendidikan nilai-nilai moral pada anak usia dini melalui kegiatan pembelajaran di Taman Kanak-kanak. Tujuan dari penelitian ini untuk menanamkan nilai-nilai moral pada pembelajaran di Taman Kanak-kanak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik penelitian studi kasus. Penelitian dilakukan di TK Dharma Wanita Sumberporong. pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan: (1) Nilai-nilai moral yang ditanamkan di TK Dharma Wanita melalui kegiatan pembelajaran diantaranya adalah: tolong menolong, saling memaafkan, kasih sayang, berbagi kepada teman sebaya, menabung, sopan santun, menghormati dan menghargai orang lain.(2) Metode pembelajaran yang dilakukan untuk menanamkan nilai-nilai moral adalah keteladanan, pembiasaan, stimulus, bermain, bernyanyi, pemberian reward, pemberian nasihat.(3) Faktor penghambat dalam menanamkan nilai-nilai moral diantaranya yaitu: kurangnya tenaga pendidik, kurangnya penguasaan psikologi anak, guru masih mengalami kesulitan dalam menangani anak-anak yang nakal, lingkungan yang kurang kondusif. Faktor pendukung yaitu: berbagai media belajar seperti: alat bermain, CD, buku serta dukungan moral dari para guru.
References
Creswell, J. W. (2009). Research Design : Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. (edisi ketiga). Thousand Oaks : Sage.
Drajat, Zakiyah. (1976). Membina Nilai-nilai Moral di Indonesia. Jakarta: Bulan Bintang.
Fraenkel, J. R., Wallen, N. E. and Hyu, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. New York : McGraw-Hill.
Hawadi, Lydia Freyani. (2012). Pedoman Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini. Jakarta : Direktorat Pembina Pendidikan Anak Usia Dini Kementrian Pendidikan Nasional.
Henry Hazlitt. (2003). Dasar-dasar Moralitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Hurlock, . E. B., (2000). Perkembangan Anak. 6 ed. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Koyan, I Wayan. (2000). Pendidikan Moral : Pendekatan Lintas Budaya. Jakarta : PPGSM Dirjen Dikti.
Lickona, T. (1992). Educating for Character, How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York : Bantam Books.
Mantatov, V.V. & Boldonova, I.S. (2014). Strategiya obrazovaniya Respubliki Byryatiya: istoki I perspektivi (Education strategy of the Republic of Buryatia: Origins and Prospects). Environmental Ethics and technology for sustainable development in the XXI centure. Collected articles, 36–45, Ulan-Ude, Izdatel’stvo VSGUTU.
Musfiroh, Tadkiroatun. 2005. Bermain Sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan. Jakarta : Direktorat Jendral Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan.
Molchanov, S.V. Moral spravedlivosti i moral zaboti: zarubejnie I otechestvennie podhodi k moralnomu razvitiu (Moral of justice and moral of care: foreign and domestic approaches to moral development). Vestnik Moskovskogo Universiteta, Ser.14, Psihologia (The Moscow University Herald. Series 14. Psychology), 2011, 2, 59-72.
Nasibulina, Anastasia. (2015). Education for Sustainable Development and Environmental Ethics. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 214, 1077 – 1082.
Otib Satibi Hidayat. (2000). Metode pengembangan moral dan nilai-nilai agama. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sugiyono. (2010). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
Wijana, Widarmi D. dkk. (2008). Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Universitas Terbuka.
Warneken, F., & Orlins, E. (2015). Children tell white lies to make others feel better. British Journal of Developmental Psychology, 33, 259–270.
https://metro.sindonews.com/read/1188065/171/2-anak-tewas-disdik-bekasi-keluarkan-edaran-anti-tawuran-1489426329 (Diakses Tanggal 30 Januari 2018)
https://daerah.sindonews.com/read/1153906/190/tersinggung-anak-smp-nekat-tikam-guru-13-kali-1478666066(Diakses Tanggal 30 Januari 2018)
http://news.okezone.com/read/2015/11/30/65/1258030/empat-masalah-utama-pendidikan-indonesia(Diakses Tanggal 30 Januari 2018)
https://daerah.sindonews.com/read/1211082/192/2-pasang-mahaanak-dan-sepasang-pelajar-sma-terjaring-saat-ngamar-1496714135(Diakses Tanggal 30 Januari 2018)
Jurnal Moral Kemasyarakatan memungkinkan pembaca untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikelnya dan memungkinkan pembaca menggunakannya untuk tujuan lain yang sah menurut hukum. Jurnal memegang hak cipta. Setelah artikel diterbitkan, hak cipta ditransfer dari penulis ke penerbit jurnal.
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .