Proyek Art Citizenship sebagai Representasi Pengetahuan, Sikap dan Partisipasi Kewarganegaraan

Main Article Content

Januar Ibnu Adham Prasetyo Adi Nugroho

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menggambarkan upaya guru dan peserta didik mempraktikan karakteristik warga Negara yang baik, sebagaimana paradigma pembentukan civic intelligence, civic responsibility, dan civic participation pada pembelajaran PPKn sebagaimana tradisi sosial studies tought as citizenship transmission. Penelitian menggunakan desain kualitatif dengan metode classroom action research. Proses pengumpulan data merujuk pada Kemmis dan Taggart yaitu Plan, Act & Observe, dan Reflect serta teknik analisis data menggunakan Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa peserta didik menampilkan kemampuan dalam aspek intelligence, responsibility, dan participation as citizenship dengan membentuk representasi karya poster yang able to create, having or showing imagination and artistic or intellectual inventiveness (creative writing), dan stimulating the imagination and inventive powers. Poster sebagai art citizenship meruapakan hasil dialektika antara sosialisasi dengan eksternalisasi dan objektivasi. Poster art citizenship merupakan representasi insan kreatif yang memiliki kemampuan mengartikulasikan makna secara individual dan sosial, memiliki kebebasan memilih, dan menentukan cara maupun tujuan bertindak. Oleh karena itu poster tersebut merupakan sebuah realitas sosial yang dibentuk secara konstruktif oleh beberapa peserta didik pada masing-masing kelompok.. Proses pembuatan poster termasuk dalam proses konstruksi pengetahuan yang melibatkan pengembangan logika deduktif-induktif-hipotesis-verifikasi.

Article Details

How to Cite
Adham, J., & Nugroho, P. (2019). Proyek Art Citizenship sebagai Representasi Pengetahuan, Sikap dan Partisipasi Kewarganegaraan. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 3(2), 46-51. https://doi.org/10.21067/jmk.v3i2.2942
Section
Articles

References

Bron, J.G. 2014. What Student Want? Involving Students in Negotiating the Social Studies Classroom Curriculum. Journal of International Social Studies, Vol. 4, No. 1, 2014, 3-16
Kenedi. 2017. Pengembangan Kreativitas Siswa Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas II Smp Negeri 3 Rokan IV Koto. Suara guru: jurnal ilmu pendidikan sosial, sains, dan humaniora vol. 3 no. 2, juni 2017
Kisti, H.H & Fardana, N.A. 2012. Hubungan Antara Self Efficacy dengan Kreativitas pada Siswa SMK. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental Vol. 1 No. 02, Juni 2012
Mandasari, Y. & Nadjamuddin, R. 2015. Pengaruh Gaya Belajar Siswa Terhadap Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Dan Keterampilan (SBK) Materi Seni Rupa Menggambar Kelas 4 di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Karang Binangun Belitang Oku Timur. Volume 1 januari 2015
NCSS. 2002. National Standards for Social Studies Teachers. Volume 1, 2002
Paul, R. & Elder, L. 2008. The thinkers guide to the nature and functions of critical & creative thinking. Foundation for critical thinking press
Sucipto, H. 2017. Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan: Riset & Konseptual. Vol. 1 No. 1. Oktober 2017
Suprijono, A. & Pasya, G. K. 2013. Konstruksi Sosial Remaja Osing Terhadap Ritus Buyut Cili Sebagai Civic Culture un-tuk Pembentukan Jatidiri. Jurnal penelitian pendidikan. Unversitas Pendidikan Indonesia Vol 13, No. 2
Supardan, Dadang. 2015. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial: Perspektif Filosofi dan Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.
Sari, e.m. 2015. Pengaruh model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas V. Universitas Tanjungpura Pontianak. Skripsi (tidak diterbitkan)
Sayekti, A. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Pokok Bahasan Masa Colonial Eropa Di Indonesia Terhadap Keaktifan Belajar IPS Kelas VII SMP N 2 Juwana tahun Pelajaran 2015/2016. Universitas Negeri Semarang. Skripsi (tidak diterbitkan)
Wijayanti, R. 2016. Peningkatan Prestasi Belajar Pkn Melelui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Digal Wonogiri. Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi (tidak diterbitkan)
Winataputra, U. S. & Sapriya. 2011. Paradigm Baru PKn di SD/MI. Universitas Terbuka Press: Jakarta