Intensitas Media Sosial Terhadap Perkembangan Moral Siswa

Main Article Content

Hendrawan Nurcahyo Purwito Adi Cahyo Edi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial yang terlalu sering terhadap perkembangan moral siswa di SMP Islam Ma’arif dan di SMP NU Bululawang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 278 siswa dengan menggunakan teknik sampel apabila lebih dari 100 diambil antara 10 – 15 % atau 20 – 25 % atau labih sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 83 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis persentase, normalitas, homogenitas, dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara intensitas media sosial terhadap perkembangan moral siswa kelas VIII. Data tersebut berdasarkan hasil uji F nilai F hitung sebesar 11,368. Dengan sig. sebesar 0,000 < 0,05. Penelitian yang dilakukan dengan baik akan menghasilkan informasi yang akurat, rinci, dan terpecaya sehingga dapat memberikan manfaat mengenai cara penggunaan media sosial kepada siswa sehingga teralihkan dengan informasi yang tidak benar atau percakapan yang kurang bermanfaat khususnya bagi peneliti maupun orang lain. Berdasarkan hasil penelitian ini juga bermanfaat 1) bagi kepala sekolah, 2) bagi peneliti, 3) bagi guru.  

Article Details

How to Cite
Nurcahyo, H., Adi, P., & Edi, C. (2019). Intensitas Media Sosial Terhadap Perkembangan Moral Siswa. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 3(2), 57-63. https://doi.org/10.21067/jmk.v3i2.2943
Section
Articles

References

Abdulsyani. (2012). Sosiologi Skematik, Teori, dan Terapan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Azizah, N. (2005). Perilaku Moral dan Religiusitas Siswa Berlatar Belakang Pendidikan Umum dan Agama. Jurnal Psikologi, 1-16.
Bungin, B. (2005). Metode Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.
Ibda, F. (2011). Perkembangan Moral Pada Anak Dan Relevansi Dengan Pendidikan. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 380-391.
Istiyanto, S. (2016, Agustus). Retrieved from Telepon Genggam dan Perubahan Sosial Studi Kasus Dampak Negatif Media Komunikasi dan Informasi Bagi Anak-anak di Kelurahan Bobosan Purwokerto Kabupaten Banyumas. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia. 2:58-63: https://scholar.google.co.id/citations?user=7SBD35gAAAAJ&hl=id
Mukino, Purnomo, E., & Suntoro, I. (2016). Penerapan Model Moral Reasoning Untuk Membentuk Moralitas Dan Karakter Siswa Pada PKn. Jurnal Studi Sosial, 42-52.
Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 1.
Rohmadi, A. (2016). Tipe Produktif Ber-Social Media. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitia Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Tanzeh, A. (2009). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Teras.
Thompson, G. (1977). Planning and Design of Library Buildings. London: Architetural Press.
Ummi. (2001). Mengasah Empati Pada Anak. Jakarta: Kamus Bina Tadzkia.