Validasi Buku Karakter Anak Berbasis Contextual Teaching and Learning Materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas II Sekolah Dasar
PDF

Keywords

Buku Karakter
Pendidikan Agama Islam
Budi Pekerti
Contextual Teaching Learning

How to Cite

Yulianti, Y. (2019). Validasi Buku Karakter Anak Berbasis Contextual Teaching and Learning Materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 4(2), 62–68. https://doi.org/10.21067/jmk.v4i2.3926

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain dan materi buku karakter anak berbasis Contextual Taching Learning  yang layak dan valid digunakan untuk mendukung pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di Sekolah Dasar kelas II. Buku karakter yang dikembangkan ini belum ditemui di sekolah dasar karena mengintegrasikan antara materi dengan konsep CTL (contextual, teaching and learning) yang sesuai dengan karakter siswa kelas II SD, prosedur pengembangan buku karakter ini yaitu: (1) penelitian/studi pendahuluan dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan draf produk, (4) uji coba lapangan awal atau dalam penelitian ini merupakan uji validasi oleh ahli, (5) merevisi hasil uji coba lapangan awal, (6) uji coba lapangan utama atau dalam penelitian ini adalah uji coba skala kecil, (7) merevisi produk hasil uji lapangan utama, (8) uji pelaksanaan lapangan atau dalam penelitian ini adalah uji coba lapangan/ kelas, dan (9) revisi produk akhir. Instrumen yang digunakan adalah angket. Hasil dari penelitian ini untuk mengetahui kevalidan dari segi materi dan desain. Segi validasi materi diperoleh prosentase 84,5 % dan dari segi desain 86,5 %, dalam kategori sangat valid. Buku karakter ini diperlukan guna mengasah kemampuan anak sesuai usia sekolah dasar, dan untuk guru PAI dan Budi Pekerti supaya menanamkan konsep nilai agama sebagai pondasi karakter baik anak dalam setiap pembelajaran.

https://doi.org/10.21067/jmk.v4i2.3926
PDF

Jurnal Moral Kemasyarakatan memungkinkan pembaca untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikelnya dan memungkinkan pembaca menggunakannya untuk tujuan lain yang sah menurut hukum. Jurnal memegang hak cipta. Setelah artikel diterbitkan, hak cipta ditransfer dari penulis ke penerbit jurnal.

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .