Model Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Kejuruan
PDF

Keywords

Karakter
Model pendidikan
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

How to Cite

Akhimelita, L., Sumarto, S., & Abdullah, A. G. (2020). Model Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 5(1), 27–33. https://doi.org/10.21067/jmk.v5i1.4299

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter peserta didik di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif, dengan pendekatan fenomenologi dibantu program software Nvivo 12 Plus, informan terdiri dari para guru, peserta didik, dan industri. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan snowball sampling, sehingga terdapat informan kunci dan informan pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter, seperti disiplin, religius, bersahabat/komunikatif, kerja keras, tanggung jawab dan jujur merupakan nilai-nilai utama yang acap kali diberikan pendidik kepada peserta didik di SMK. Sedangkan karakter siswa yang cenderung diinginkan oleh industri adalah religius, disiplin, bersahabat/komunikatif, tanggung jawab dan jujur. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dari delapan belas nilai karakter yang ada, empat nilai yang sama muncul, perbedaannya terletak di kerja keras dan jujur. Hal ini mengindikasikan bahwa pembentukan karakter peserta didik di SMK membutuhkan elaborasi yang baik antara satuan pendidikan, masyarakat dan keluarga, sehingga tujuan dari pendidikan karakter ini dapat tercapai dengan maksimal.

https://doi.org/10.21067/jmk.v5i1.4299
PDF

References

Albertus, D. K. (2010). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak Di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.

Anwar, S. (2017). Pendidikan Karakter Di Indonesia. Jurnal Pendidikan.

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Azzet, A. M. (2011). Urgensi Pendidikan Karakter Di Indonesia. Karsa.

Chusna, P. A. (2018). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan.

Citra, Y. (2012). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Dalam Pembelanjaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus.

Darmayanti, S. E., & Wibowo, U. B. (2014). Evaluasi Program Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Prima Edukasia. Https://Doi.Org/10.21831/Jpe.V2i2.2721

Derlina, Sabani, & Mihardi, S. (2015). Improved Characters And Student Learning Outcomes Through Development Of Character Education Based General Physics Learning Model. Journal Of Education And Practice.

Hamid, A., & Sudira, P. (2013). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Siswa Smk Salafiyah Prodi Tkj Kajen Margoyoso Pati Jawa Tengah. Jurnal Pendidikan Vokasi. Https://Doi.Org/10.21831/Jpv.V3i2.1592

Ibrahim, T., Kesuma, D., Robandi, B., & Riyadi, A. R. (2017). Profil Karakter Guru Pembelajar: Sebuah Kerangka Konseptual. Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran. Https://Doi.Org/10.35568/Naturalistic.V2i1.11

Judiani, S. (2010). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. Https://Doi.Org/10.24832/Jpnk.V16i9.519

Koentjaraningrat. (1987). Anthropology In Indonesia. Journal Of Southeast Asian Studies. Https://Doi.Org/10.1017/S002246340002052x

Koesoema, D. (2007). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak Di Zaman Global. In Jakarta: Grasindo.

Manullang, B. (2013). Character Education Grand Design Of The 2045 Golden Generation. Jurnal Grand Desain Pendidikan Karakter Generasi Emas 2045.

Nugroho, T. (2011). Implementasi Nilai-Nilai Dasar Pendidikan Karakter Bangsa Dalam Pembelajaran Matematika Di Smk Muhammadiyah 4 Surakarta Kelas Xii Tahun Pelajaran 2010/. 137–144. Retrieved From Https://Publikasiilmiah.Ums.Ac.Id/Handle/11617/606

Saryono, D., Koesoema, D. A., Kanumoyoso, B., Umasih, Tirmizi, Shalfiyanti, & Sobari, B. (2013). Ppk Berbasis Budaya Sekolah Melalui Sejarah. In Journal Of Chemical Information And Modeling. Https://Doi.Org/10.1017/Cbo9781107415324.004

Raharjo, S.B. (2010). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan.

Sofyan, P. R. F. (2019). Penanaman Nilai Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Di Smk Ethika Palembang. P a i r a d e n f a t a h.

Titin, T. (2016). Efisiensi Angka Pengangguran Melalui Lulusan Smk dengan Sistem Pendidikan Berkarakter ( Enabler, Builders dan Engineer) Di Jawa Timur. Jurnal EKBIS. https://doi.org/10.30736/ekbis.v15i1.21

Jurnal Moral Kemasyarakatan memungkinkan pembaca untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikelnya dan memungkinkan pembaca menggunakannya untuk tujuan lain yang sah menurut hukum. Jurnal memegang hak cipta. Setelah artikel diterbitkan, hak cipta ditransfer dari penulis ke penerbit jurnal.

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .