Implementasi Karakter Peduli Lingkungan Sungai Berbasis Kewarganegaraan Ekologis Melalui Program Adiwiyata di Sekolah Dasar
PDF

Keywords

Implementasi
Karakter
Peduli Lingkungan
Kewarganegaraan Ekologis
Adiwiyata

How to Cite

Fahlevi, R., Jannah, F., & Sari, R. (2020). Implementasi Karakter Peduli Lingkungan Sungai Berbasis Kewarganegaraan Ekologis Melalui Program Adiwiyata di Sekolah Dasar. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 5(2), 68–74. https://doi.org/10.21067/jmk.v5i2.5069

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi karakter peduli lingkungan sungai berbasis kewarganegaraan ekologis melalui program Adiwiyata di Sekolah Dasar Negeri 1 Basirih. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukan bahwa karakter peduli lingkungan sungai sudah terintegrasi di dalam aspek-aspek  program Adiwiyata. Adanya visi, misi dan tujuan sekolah yang memuat tentang lingkungan sungai, kurikulum yang sudah terintegrasi mengenai lingkungan dengan mengintegrasikan semua mata pelajaran materi terkait lingkungan sungai, optimalisasi kegiatan ekstrakulikuler khususnya pramuka terkait dengan lingkungan sungai, ikut berpartisipasi kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pelestarian dan kebersihan lingkungan sungai, serta tersedianya dengan baik pengelolaan sarana dan prasarana yang ramah lingkungan. Implementasi karakter peduli lingkungan sungai sudah diimplementasikan cukup baik di sekolah tersebut, namun masih sangat perlu  dilakukan optimalisasi kembali khususnya mengenai nilai karakter peduli lingkungan sungai. Hal itu harus dilakukan dari tingkat yang paling dasar agar mampu membentuk serta menanamkan kepada peserta didik di sekolah.

https://doi.org/10.21067/jmk.v5i2.5069
PDF

References

Ardiyansyah, H., Hermuttaqien, B. P. F., & Wadu, L. B. (2019). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Moral Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.21067/jmk

Berkowitz, A. R., Ford, M. E., & Brewer, C. A. (2005). A Framework for Integrating Ecological Literacy, Civics Literacy, and Environmental Citizenship in Environmental Education and Advocacy: Changing Perspectives of Ecology and education, 227.

Berkowitz, MW (2002). Ilmu pendidikan karakter . Hoover Press: Damon

Elmy, M., & Winarso, H. P. (2019). Kepedulian Orang Tua dalam Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan (Studi terhadap Warga di Bantaran Sungai Kuin Kota Banjarmasin). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(2), 51-57. DOI: http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v9i2.7553

Fahlevi, R., Fathul, J., R, Sari. 2020. Internalization of River Literacy Based on Ecological Citizenship At Adiwiyata School. In International Conference on Social Education 2020.

Goenmiandari, B., Silas, J., & Supriharjo, R. (2010). Konsep Penataan Permukiman Bantaran Sungai di Kota Banjarmasin berdasarkan Budaya Setempat. In Seminar Nasional Perumahan Permukiman dalam Pembangunan Kota (hal. 10). Surabaya: Jurusan Arsitektur ITS.

Gultom, A. F. (2016). Iman dengan akal dan etika menurut Thomas Aquinas. JPAK: Jurnal Pendidikan Agama Katolik, 16(8), 44-54.

Gultom, A. F. (2019). Konsumtivisme Masyarakat Satu Dimensi Dalam Optik Herbert Marcuse. Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter, 2(1), 17-30. https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2018.002.01.2

Gultom, A. F., Munir, M., & Ariani, I. (2019). Perubahan Identitas Diri Dalam Eksistensialisme Kierkegaard: Relevansinya Bagi Mental Warga Negara Indonesia. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(2), 77-84. http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v9i2.8052

Hadin, A. F., & Fahlevi, R. (2016). Desain Bahan Ajar Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Pendidikan Anti Korupsi Di Perguruan Tinggi. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 1(2), 162-172.

Hidayanti, N. Taruna, T. & Purnaweni, H. (2013). Perilaku Warga Sekolah dalam program Adiwiyata di SMK Negeri 2 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan, 1 (2), 149-155.

Isin, E. F., & Turner, B. S. (Eds.). (2002). Handbook of Citizenship Studies. Sage.

Jannah, F., & Fahlevi, R. (2018, December). Strengthening The Pancasila Character Values in Forming The Character of Pancasilais Generation. In 1st International Conference on Creativity, Innovation and Technology in Education (IC-CITE 2018). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/iccite-18.2018.18

Mariyani, 2017. Strategi Pembentukan Kewarganegaraan Ekologis. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III. p-ISSN 2598-5973. e-ISSN 2599-008X. 11 November 2017, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Mentayani, I. (2019, December). Identitas dan eksistensi permukiman tepi sungai di Banjarmasin. In Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah (Vol. 4, No. 3, pp. 497-502).

Nono, G. U., Hermuttaqien, B. P. F., & Wadu, L. B. (2018). Hubungan Mata Pelajaran PPKn Terhadap Peningkatan Karakter Siswa. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 3(2), 52–56. https://doi.org/10.21067/jmk

Nugroho, Intan Ari, Triyanto, dan Triana Rejekiningsih 2017, Upaya Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Sekolah Adiwiyata dalam Pelaksanaan Ecological Citizenship (Studi di SMA Negeri 4 Surakarta)’, Jurnal PKn Progresif, vol. 12, no. 2, hh. 634-648.

Nuzulia, S., Sukamto, S., & Purnomo, A. (2019). Implementasi program adiwiyata mandiri dalam menanamkan karakter peduli lingkungan. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 6(2), 155-164.

Purwanto, N. (2018). Perilaku Sadar Lingkungan Pemukim Bantaran Sungai jelai, Kabupaten Sukamara Environmental Conscious Behavior of Settler Jelai River Banks, Sumakamara District. Jurnal Pembangunan Wilayah dan Kota, 14(1), 41-50.

Pradini, I. K., Sudjanto, B., & Nurjannah, N. (2018). Implementasi program sekolah adiwiyata dalam peningkatan mutu pendidikan di SDN Tanah Tinggi 3 Kota Tangerang. Jurnal Green Growth Dan Manajemen Lingkungan, 7(2), 122-132. DOI: https://doi.org/10.21009/jgg.072.03.

Prasetyo, W. H., & Dasim, B 2016, Warga Negara dan Ekologi: Studi Kasus Pengembangan Warga Negara Peduli Lingkungan dalam Komunitas Bandung Berkebun’, Jurnal Pendidikan Humaniora, vol. 4, no. 4, hh. 177-186.

Rochgiyanti, R. (2011). Fungsi Sungai bagi Masyarakat di Tepian Sungai Kuin Kota Banjarmasin. Komunitas: International Journal of Indonesian Society and Culture, 3(1), 168898.

Sari, RN (2019). Menerapkan Mutu Pendidkan Karakter Di Sekolah [Menerapkan Pendidikan Karakter yang Berkualitas di Sekolah] . Tanggal kueri:2020-09-11 13:04:17 . https://doi.org/10.31227/osf.io/aznv6

Sari, S. C. W., Samsuri, S., & Wahidin, D. (2020). Penguatan Kewarganegaraan Ekologis Untuk Mewujudkan Ketahanan Lingkungan (Studi di Kampung Gambiran, Kelurahan Pandeyan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta). Jurnal Ketahanan Nasional, 26(1), 40-54.

Smith, W. (2019). Peran klub lingkungan dalam mempromosikan ekosentrisme di urutan kedua sekolah: Identitas siswa dan hubungan dengan bumi. Jurnal Pendidikan Lingkungan , 50 (1), 52-71. https://doi.org/10.1080/00958964.2018.1499603

Sumarmi, S., Bachri, S., Baidowi, A., & Aliman, M. (2020). Pengaruh Pembelajaran Layanan Berbasis Masalah pada Kepedulian Lingkungan dan Kemampuan Menulis Makalah Ilmiah. Jurnal Internasional Pengajaran , 13.

Tanyid, M. (2014). Etika dalam Pendidikan: Kajian Etis Tentang Krisis Moral Berdampak pada Pendidikan [Etika dalam Pendidikan: Kajian Etis Dampak Krisis Moral terhadap Pendidikan] . JURNAL JAFFRAY , 12 (2), 16. http://dx.doi.org/10.25278/jj71.v12i2.13.

Wadu, L. B., Darma, I. P., & Ladamay, I. (2019). Pengintegrasian Nilai Moral Melalui Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Di SMP. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 9(1), 66–70. https://doi.org/10.21067/jip.v9i1.3067

Wadu, L. B., & Jaisa, Y. (2017). Pembinaan Moral Untuk Memantapkan Watak Kewarganegaraan Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 2(2), 131–139. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21067/jmk.v2i2.2256

Wadu, L. B., Ladamay, I., & Vemi, E. E. (2019). Pembinaan Moral Anak-Anak melalui Sekolah Minggu di Gereja Santo Andreas Tidar, Malang. Journal Of Moral And Civic Education, 3(2), 107–113. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/8851412322019204

Wardani, D. N. K. (2020). Analisis Implementasi Program Adiwiyata dalam Membangun Karakter Peduli Lingkungan. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 60-73. https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i1.6

Warju, Harto, S. P., Soenarto & Hartmann, M. D. (2017). Evaluating the Implementation of Green School (Adiwiyata) Program: Evidence from Indonesia. International Journal of Environmental and Science Education, 12(6), 1483-1501. http://www.ijese.net/makale/1914.html

Yasin, M. K. (2019). Character Education for Environmental Awareness through the Adiwiyata Program. Islamic Studies Journal for Social Transformation, 127-145. DOI: https://doi.org/10.28918/isjoust.v3i2.2265

Yusuf, R., Sanusi, S., Maimun, M., Fajri, I., & Putra, I. (2020). Hubungan Antara Kewarganegaraan Lingkungan Terhadap Perilaku Lingkungan Sisiwa di Sekolah Adiwiyara. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(1), 1-15. http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v10i1.8215

Jurnal Moral Kemasyarakatan memungkinkan pembaca untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikelnya dan memungkinkan pembaca menggunakannya untuk tujuan lain yang sah menurut hukum. Jurnal memegang hak cipta. Setelah artikel diterbitkan, hak cipta ditransfer dari penulis ke penerbit jurnal.

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .