Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ; (1) bagaimana pembentukan karakter disiplin peserta didik selama ini pada Sekolah Dasar di Kota Ambon, (2) bagaiman karakteristik model Classroom community Patnership (CCP), (3) bagaimana intervensi model CCP dalam pengembangan self-regulated learning dengan aspek karakter disiplin pesera didik didalamnya. Metode research and development digunakan pada penelitian ini, dengan prosedur; tahapan studi pendahuluan, tahapan pengembangan yang terdiri dari pengujian pada skala terbatas dan lebih luas, dan tahapan validasi model akhir. Teknik proposive sample digunakan dengan memperhatikan karakteristik dan klaster sekolah. Studi pendahuluan dilakukan pada empat sekolah. Studi Pengembangan dilakukan pada enam sekolah, dan validasi model akhir dilakukan pada dua sekolah dengan kelas yang berbeda (kelas kontrol dan kelas eksperimen). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dan angket. Untuk melihat peningkatan karakter disiplin teknik analisis data dilakukan dengan N-Gain. Hasil pengembangan ditemukan terdapat peningkatan yang signifikan karakter disiplin melalui intervensi model CCP. Kolaborasi antar Tripusat pendidikan menjadi aspek penting dalam peningkatan karakter disiplin.
References
Aktim Wahyuni. (2012). Kulturalisasi Pendidikan Humanistik Di Era Global.
Alawiyah, F. (2012). Kebijakan dan Pengembangan Pembangunan Karakter Melalui Pendidikan di Indonesia. Aspirasi, 3(1), 87–101. https://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/259
Baehaqi, M. L., & Murdiono, M. (2020). Strengthening Discipline Character of Students at Muhammadiyah Boarding-School (MBS) Muhiba Yogyakarta. Dinamika Ilmu, 20(1), 63–82. https://doi.org/10.21093/di.v20i1.1671
Bandura, A. (1986). Social foundations of thought and action: A social cognitive theory.
Dabbagh, N., & Kitsantas, A. (2012). Internet and Higher Education Personal Learning Environments , social media , and self-regulated learning : A natural formula for connecting formal and informal learning. Internet and Higher Education, 15(1), 3–8. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2011.06.002
de Vries, H. J., & Egyedi, T. M. (2007). Education about Standardization: Recent Findings. International Journal of IT Standards and Standardization Research (IJITSR), 5(2), 1–16. https://doi.org/10.4018/jitsr.2007070101
Garden. (2011). Parents ’ Influence on Child Social Self-Efficacy and Social Cognition. Marquette University.
HAR, T. (1999). Bebeberapa agenda reformasi pendidikan nasional: Dalam prespektip abad 21, Magelang. Indonesia Tera.
Hrbá, K., & HladÃk, J. (2011). Domain-Specific Context of Students ´ Self-Regulated Learning in the Preparation of Helping Professions. 29(Iceepsy), 330–340. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.11.247
Lisye Salamor. (2010). Peranan Keluaraga dan Sekolah dalam Pelaksanaan Pendidikan Nilai Guna Membentuk Karakter Anak. Pendidikan Karakter Bangsa.
Lisye Salamor. (2015). Pengembangan Model pembelajaran Classroom Community patnership pada siswa sekolah dasar di Kota Ambon. Universitas Pendidikan Indonesia.
Lubis, Aa. (2013). Pelaksanaan Standar Nasional dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan, 1–17.
Noer Arfani, R. (2004). Globalisasi Karakteristik dan Implikasinya. Ekonomi Politik Digital Journal Al-Manär Edisi I, 1(April 2003), 1–13.
Peraturan Presiden RI. (2017a). Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.
Peraturan Presiden RI. (2017b). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(195), 164–178. https://setkab.go.id/inilah-materi-perpres-no-87-tahun-2017-tentang-penguatan-pendidikan-karakter/
Peraturan Pemerintah No 4 Tahun 2022, Lembaran negara Republik Indonesia 1 (2022). https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/196151/pp-no-4-tahun-2022
Puteh, M., & Ibrahim, M. (2010). The Usage of Self-Regulated Learning Strategies among Form Four Students in the Mathematical Problem-Solving Context : A Case Study. Procedia Social and Behavioral Sciences 8 (2010) 446–452, 8, 446–452. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.061
Rusnawati. (2020). Komponen-komponen dalam operasional pendidikan. Jurnal Azakia, 15(2), 1–9.
Salamor, L. (2015). NPengembangan Model Pembelajaran Classroom Community Partnership (CCP) Untuk Peningkatan Kemampuan Kognitif Sosial (Social Cognitive Skills) Peserta Didik Dalam Pembelajaran …o Title.
Shirkhani, S., Ghaemi, F., & Ph, D. (2011). Social and Barriers to self-regulation of language learning : Drawing on Bandura ’ s ideas. Procedia - Social and Behavioral Sciences 29 (2011) 107 – 110, 29, 107–110. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.11.213
Sona Vavrova, Jakup H, K. H. (2012). The Determinants of Self-Regulated Learning Development in Students of Helping Professions. Procedia - Social and Behavioral Sciences 69 ( 2012 ) 332 – 340 Internation, 69(Iceepsy), 332–340. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.11.418
Sulistyarini. (2011). Pentingnya pendidikan Humanistik di era globalisasi. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 2(1), 27–34. https://volkskrant.bigvillagestory.com/nl
Syamsuddin, R. (2021). Learning Motivation Motivation of Learning. July, 1–32.
Tavakolizadeh, J., Yadollahi, H., & Poorshafeic, H. (2012). The role of Self regulated learning strategies in psychological well being condition of students. Procedia - Social and Behavioral Sciences 69 ( 2012 ) 807 – 815, 69(Iceepsy), 807–815. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.12.002
Yohanes, N., Salamor, L., & Cindy Semahurua. (2020). Peran Keluarga dan Pemerintah Negeri Passo dalam Mendisiplinkan Jam Belajar Anak. Pedagogika: Jurnal Pedagogik DanDinamikaPendidikan, 8(2), 140–148.
Jurnal Moral Kemasyarakatan memungkinkan pembaca untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikelnya dan memungkinkan pembaca menggunakannya untuk tujuan lain yang sah menurut hukum. Jurnal memegang hak cipta. Setelah artikel diterbitkan, hak cipta ditransfer dari penulis ke penerbit jurnal.
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .