Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor dan upaya yang dilakukan pihak sekolah Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Daarul Muhsinin untuk mengatasi tindak bullying. Penelitian ini menggunakan studi deskriptif kualitatif untuk memperoleh informasi mengenai faktor yang menjadi sebab munculnya tindakan bullying, dan upaya yang dilakukan sekolah dalam mengatasi tindak bullying yang dialami kalangan pelajar-santri di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Daarul Muhsinin. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Responden penelitian yaitu kepala sekolah, wali kelas, guru kesiswaan, pelajar-santri yang terlibat tindak bullying, dan pembina Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Daarul Muhsinin. Hasil penelitian ini menemukan mengenai faktor penyebab bullying di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Daarul Muhsinin yaitu: faktor fisik, faktor senioritas, faktor teman sebaya, faktor lingkungan. Bentuk upaya sekolah dalam mengatasi tindakan bullying yang telah didapatkan melalui peroses penelitian yaitu: sosialisasi, peraturan dan sanksi, komunikasi antar guru, orang tua dan peserta didik dalam mengatasi tindak bullying. Adanya kerjasama untuk mengubah tingkah laku dengan penalaran nilai moral yang baik sesuai dengan arahan dan bantuan baik pihak sekolah maupun orang tua.
References
Dewi, P. Y. A. (2020). Perilaku School Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 39. https://doi.org/10.55115/edukasi.v1i1.526
Efianingrum, A., Dwiningrum, S. I. A., & Nurhayati, R. (2021). Aktivitas sekolah yang rentan terjadi bullying di kalangan siswa. Foundasia, 12(1), 37–43. https://doi.org/10.21831/foundasia.v12i1.43465
Ela Zain Zakiyah, Sahadi Humaedi, M. B. S. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 324–330. https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14352
Fikriyah, S., Mayasari, A., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2022). Peran Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Dalam Menyikapi Bullying. Jurnal Tahsinia, 3(1), 11-19.
Gultom, A. F. (2022). Bahasa Rasis Pemimpin Universitas dalam Paradigma Historis Eddie Cole. Metahumaniora, 12(2).
Hadi, S., & Zohriana, H. (2020). Penanganan Perilaku Bullying Teman Sebaya Menggunakan Analisis Transaksional Dan Konseling Islam Di Mts Putra Al-Ishlahuddiny. Al-Tazkiyah: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 9(1), 56–66.
Hantika, A., & Rohana, R. (2022). Analisis Pendidikan Karakter Disiplin, Jujur, dan Tanggung Jawab SD Di Kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 7(1), 36-43.
Hasanah, S., & Sano, A. (2020). Peer Conformity and Students Bullying Behavior and Implications for Guidance and Counseling Services. Jurnal Neo Konseling, 2(2), 1–9. https://doi.org/10.24036/00269kons2020
Hidayati. (2012). Bullying pada anak: Analisis dan alternatif solusi. Jurnal Insan, 14(1), 41–48. http://www.journal.unair.ac.id/filerPDF/artikel 5-14-1.pdf
Ian, A., & Raya, P. (2021). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengurangi Kasus Bullying di Madrasah. 1, 537–546.
Kusumawardani, L. H., Dewanti, B. R., Maitsani, N. A., Uliyah, Z., Dewantari, A. C., Laksono, A. D., Saraswati, G. I., Nugroho, K. A., Lestari, A. D., & Laila, N. R. (2020). Peningkatan Pengetahuan Pencegahan Perilaku Bullying Melalui Metode Edukasi Dan Role Play Pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Ilmiah Keperawatan Stikes Hang Tuah Surbaya, 15(2), 162–171. https://doi.org/10.30643/jiksht.v15i2.73
Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. p-ISSN 2549-7332 %7C e-ISSN 2614-1167%0D
Maunah, B. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 1, 90–101. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8615
Mawardah, M. (2010). Hubungan antara regulasi emosi dengan kecenderungan perilaku bullying. Jurnal Ilmiah Psyche/Ilmu Psikologi, 4(2).
Ningsih, S. W., & Sari, D. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tindakan Bullying Pada Anak Usia Sekolah Di SDN 63 Lubuk Basung The Factors Influencing Bullying Actions At School-Age Children In Elementary School 63 Lubuk Basung. Jurnal Kesehatan Prima Nusantara Bukittinggi, 9(2), 162–168.
Nugroho. (2019). Gambaran Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Perilaku Bullying pada Anak. NERS: Jurnal Keperawatan, 15(1), 60–66.
Nurlelah, S. G. M. (2019). Dampak Bullying terhadap Kesehatan Mental Santri (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Darul Muttaqien Parung). Fikrah: Journal of Islamic Education, 3(1), 72–86.
Rada, A. M., Pascasarjana, P., Khairun, U., Artikel, I., & Sanctions, L. (2022). Pencegahan Perilaku Perundungan ( Bullying ) Pada. 1(1), 14–21.
Rotun, M., & Awalya. (2021). Hubungan Penalaran Moral dan Iklim Sekolah Terhadap. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 4(1), Hal. 1-12. https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/biblio
Tunggono, V. M. (2021). Childfree & Happy. EA Books.
Utami, I. S., & Nurlaili, L. (2022). Optimalisasi peran sekolah dengan analisis interaktif bagi penguatan pendidikan karakter. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 7(1), 32-43.
Winarni, I., Lestari, R., Kedokteran, F., & Brawijaya, U. (2018). Eksplorasi Fenomena Korban Bullying Pada Kesehatan Jiwa Remaja Di Pesantren. Jurnal Ilmu Keperawatan, 4(2), 99–113.
Jurnal Moral Kemasyarakatan memungkinkan pembaca untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikelnya dan memungkinkan pembaca menggunakannya untuk tujuan lain yang sah menurut hukum. Jurnal memegang hak cipta. Setelah artikel diterbitkan, hak cipta ditransfer dari penulis ke penerbit jurnal.
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .