Desain Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila untuk Menanamkan Nilai Karakter Mandiri, Kreatif dan Gotong-Royong
PDF

Keywords

Profil Pelajar Pancasila
Karakter Mandiri
Gotong royong

How to Cite

Piesesa, M. S. L., & Camellia, C. (2023). Desain Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila untuk Menanamkan Nilai Karakter Mandiri, Kreatif dan Gotong-Royong. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(1), 74–83. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i1.8260

Abstract

Desain Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila untuk menanamkan nilai karakter mandiri, kreatif dan gotong-royong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana desain proyek penguatan profil pelajar Pancasil untuk menanamkan nilai karakter mandiri, kreatif dan gotong royong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak 7 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengumpulan data dengan wawancara dan teknik pengumpulan data dengan observasi. Pengujian keabsahan data kualitatif menggunakan pengujian uji kredabilitas data, uji transferabilitas data, uji dependabilitas, dan uji komfirmabilitas. Dari hasil penelitian secara keseluruhan melalui pengumpulan data wawancara dan observasi yang dilakukan oleh peneliti mengenai bagaimana desain proyek penguatan profil pelajar Pancasil untuk menanamkan nilai karakter mandiri, kreatif dan gotong royong yaitu cukup baik dengan persentase Nilai 92% meskipun pada data teknik wawancara masih terdapat informan yang memberikan jawaban yang belum tepat atau kurang maksimal. Maka dari itu diharapkan desain proyek penguatan profil pelajar Pancasila harus terus dikembangkan agar penanaman nilai karakter mandiri, kreatif dan gotong-royong dapat berjalan dengan optimal.

https://doi.org/10.21067/jmk.v8i1.8260
PDF

References

Camellia, C., Kurnisar, K., & Dianti, P. (2020). Buku Ajar Hukum Pidana Berbasis Karakter. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn, 7(2), 120–125. https://doi.org/10.36706/jbti.v7i2.12325

Camellia, & Dianti, P. (n.d.). Bahan Ajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan ( Ppkn ) Berbasis Nilai-Nilai Karakter Dalam Membentuk Sikap / Watak Kewarganegaraan Siswa ( Civic Dispositions ). 13–21.

Diputera, A. M., Damanik, S. H., Medan, U. N., & Utara, S. (2022). Evaluasi Kebijakan Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Prototipe untuk Pendidikan Anak Usia Dini. 8(1), 1–12.

Hamidah, J. (2022). Jurnal Cemerlang : Pengabdian Pada Masyarakat PELAJAR PANCASILA Pada Kepala Sekolah Dan Guru-Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Banjar Jurnal Cemerlang : Pengabdian pada Masyarakat kurikulum merdeka belajar , selanjutnya menggunakan Backward Desain sebagai. 4(2), 259–271.

Hardianti, D., Martati, B., Dian, K., & Afiani, A. (2021). Inventa : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pendahuluan. V(1).

Hayati, R. K., & Utomo, A. C. (2022). Jurnal basicedu. 6(4), 6419–6427.

Karim, A. A., Firdaus, M. Y., Dewi, R. K., Yuliani, & Dian Hartati. (n.d.). SeBaSa SeBaSa. Implementation of Character-Based Listening Skills Through Indonesian Language Learning, 2(2), 197–209.

Labudasari, E., Rochmah, E., Cirebon, U. M., & Cirebon, U. M. (2019). Pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap karakter mandiri siswa di SDN Kanggraksan Cirebon. 9(1), 57–63. https://doi.org/10.25273/pe.v9i1.4254

Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840–7849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3617

Mustaghfiroh, V., & Listyaningsih. (2023). Strategi Sekolah Dalam Menginternalisasikan Nilai Karakter Gotong Royong Pada Siswa Di Smp Negeri 1 Prambon Nganjuk Abstrak. 11, 382–397.

Nisah, N., Widiyono, A., & Salsabela, T. (2022). Konsep penguatan profil pelajar pancasila dalam optimalisasi efikasi diri dan gaya belajar siswa. November, 96–108.

Nova, D. D. R., & Widiastuti, N. (2019). Jurnal comm-edu. 113–118.

Oktari, D. P., & Kosasih, A. (2019). Pendidikan Karakter Religius dan Mandiri di Pesantren. 28, 42–52.

Rahmayani, F. (2019). JPE ( Jurnal Pendidikan Edutama ) Vol . 6 No . 2 Juli 2019 Negara . Pendidikan itu sendiri meliputi banyak cabang ilmu pengetahuan , salah satu diantaranya adalah ilmu Fisika . 6(2), 87–94.

Rusdiyanto, A., & Restiyanti, D. (2021). Jurnal Fundadikdas ( Fundamental Pendidikan Dasar ) Wujud nilai karakter gotong royong dalam teks nusantara bertutur pada harian kompas dan pemanfaatannya pada pembelajaran bahasa Indonesia sekolah dasar Cooperation character ’ s value in nusantara bertut. 4(3), 225–240.

Rusnaini, Raharjo, Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. 27(2), 230–249.

Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. 3(1), 8–19.

Simarmata, M. Y., Yatty, M. P., & Fadhillah, N. S. (2022). Analisis Keterampilan Berbicara Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Smp Negeri 1 Kuala Mandor B. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 13(1), 47–59. https://doi.org/10.31932/ve.v13i1.1564

Sufyadi, S., Harjatanaya, T., Y., A., P., Satria, M. R., Andiarti, A., &, & Herutami, I. (2021). Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi.

Syarifah Fadillah, wiwi, A. (2020). J urnal Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 67–76. http://ojs.uho.ac.id/index.php/jpm

Wulandari, F. A., Mawardi, & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas 5 Menggunakan Model Mind Mapping. 3(1), 10–16.

Yana, O., Ariyanto, P., & Huda, C. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4, 12861–12866.

Yasiro, L. R., Wulandari, F. E., & Fahmi. (2021). JOUrnal of Banua Science Education. 1(2), 69–72.

Yusutria, Y., & Febriana, R. (2019). Aktualisasi Nilai–Nilai Kemandirian Dalam Membentuk Karakter Mandiri Siswa. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 577–582. https://doi.org/10.29313/tjpi.v8i1.4575

Jurnal Moral Kemasyarakatan memungkinkan pembaca untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikelnya dan memungkinkan pembaca menggunakannya untuk tujuan lain yang sah menurut hukum. Jurnal memegang hak cipta. Setelah artikel diterbitkan, hak cipta ditransfer dari penulis ke penerbit jurnal.

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .