Abstract
Kurikulum baru kadangkala menghadirkan problematik diawal implementasinya. Problematik berkenaan dengan kesesuaian pemahaman adanya perubahan kurikulum antara pengembang kurikulum dan pengguna kurikulum. Kemudian munculnya isu degradasi moral pelajar juga masih menjadi perhatian dunia pendidikan bangsa ini. Oleh karena itu diperlukan implementasi kurikulum berorientasi pembentukan karakter profil pelajar Pancasila seperti yang dilakukan oleh sekolah penggerak yang menerapkan Kurikulum Merdeka. Dengan demikian, layanan pendidikan yang diberikan di sekolah dapat mencegah terjadinya defisiensi moral yang terjadi di kalangan pelajar dan dalam perannya dapat melahirkan peserta didik yang berkarakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi Kurikulum Merdeka berorientasi pembentukan karakter profil pelajar Pancasila di sekolah penggerak. Kualitatif deskriptif dipakai sebagai metode dalam penelitian ini. Data yang terkumpul didapatkan dari observasi, wawancara, dan dokumentasi akan dianalisis dengan teknik analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) enam dimensi dengan elemen dan subelemnnya merupakan manifestasi dari lima sila Pancasila; (2) implementasi Kurikulum Merdeka berorientasi pembentukan karakter profil pelajar Pancasila di sekolah penggerak dilakukan dalam empat tahapan, yaitu persiapan, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.
References
Ainurrosidah, L., Ulfatin, N., & Wiyono, B. B. (2018). Pembentukan Karakter Peserta Didik Pada Sekolah Berbasis Pesantren Melalui Implementasi Kurikulum Terpadu. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 160–170. https://doi.org/10.17977/um027v1i22018p160
Andiarini, S. E., Arifin, I., & Nurabadi, A. (2018). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembiasaan Dalam Peningkatan Mutu Sekolah. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 238–244.
Andriani, S. E., Arifin, I., & Nurabadi, A. (2018). Implementasi Program Penguatan Pendidikan. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1, 238–244.
Angga; Suryana, Cucu;Nurwahidah, Ima;Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889.
Anggraena, Y., Sufyadi, S., Maisura, R., Chodidjah, I., Takwin, B., Cahyadi, S., Felicia, N., Gazali, H., Wijayanti, M. A., Khoiri, H. M., Matakupan, S. J., Siantajani, Y., & Kurnianingsih, S. (2020). Kajian Pengmebangan Profil Pelajar Pancasila (1st ed.). Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Anggraena Yogi, F. N. (2022). Kurikulum untuk pemulihan pembelajaran-Kajian akademik. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/upload/filemanager/download/kurikulum-merdeka/Kajian Akademik Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran (2).pdf
Ardi, N. S. P., Sobri, A. Y., & Kusumaningrum, D. E. (2019). Manajemen Pembinaan Akhlak Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 2(1), 017–025. https://doi.org/10.17977/um027v2i22019p17
Azizah, N. P. N., & Amalia, N. (2023). Kegiatan Adiwiyata Sebagai Sarana Penanaman Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(1), 46–63. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jmk.v8i1.8422
Efferi, A. (2017). Respon Guru Dalam Menyikapi Perubahan Kurikulum. Quality, 5(1), 19–39. http://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Quality/article/view/3164
Eraslan, A. (2013). Teachers’ Reflections on the Implementation of the New Elementary School Mathematics Curriculum in Turkey. Hacettepe Üniversitesi Eğitim Fakültesi Dergisi, 28(28–2), 152–165.
Gultom, Andri, Nilai Yang Hilang dari Profil Pelajar Pancasila," Researchgate, 2023<https://www.researchgate.net/publication/371199628_Nilai_Yang_Hilang_dari_Profil_Pelajar_Pancasila>
Hamalik, O. (2017). Manajemen Pengembangan Kurikulum (Cetakan ke). PT Remaja Rosdakarya.
Katuuk, D. A. (2014). Manajemen Implementasi Kurikulum: Strategi Penguatan Implementasi Kurikulum 2013. Cakrawala Pendidikan, XXXIII(1), 13–26. https://media.neliti.com/media/publications/81383-none-5977081d.pdf
Kemendikbud Ristek. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. In Http://Ditpsd.Kemdikbud.Go.Id/Hal/Profil-Pelajar-Pancasila.
Kepmendikbudristek Nomor 009/H/Kr/2022, (2022).
Maisaro, A., Wiyono, B. B., & Arifin, I. (2018). Manajemen Program Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 302–312. https://doi.org/10.17977/um027v1i32018p302
Maisyaroh, M., Untari, S., Chusniyah, T., Prestiadi, D., Yulaidi, E. M., Adha, M. A., Saputra, B. R., & Ariyanti, N. S. (2021). Strategi Pembinaan Peserta Didik Dalam Rangka Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Pancasila Di Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4(2), 171–177. https://doi.org/10.17977/um027v4i12021p171
Maladerita, W., Septiana, V. W., Gistituati, N., & Betri, A. (2021). Peran Guru dalam Menerapkan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4771–4776. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1507
Nahdiyah, U., Arifin, I., & Juharyanto, J. (2022). Pendidikan profil pelajar pancasila ditinjau dari konsep kurikulum merdeka. Seminar Nasional Manajemen Strategi Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dan Pendidikan Dasar (Dikd As), 5, 1–8.
Rahayu, Restu; Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230
Rahayu, S., Rossari, D., Wangsanata, S. A., Eka, N., Saputri, & Nuriani Dwi Saputri. (2021). Hambatan Guru Sekolah Dasar Dalam Melaksanakan Kurikulum Sekolah Penggerak Dari Sisi Manajeman Waktu Dan Ruang Di Era Pandemi Covid-19. Jptam.Org, 5(3), 5759–5768. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1869
Revalina, A., Moeis, I., & Indrawadi, J. (2023). Degradasi Moral Siswa-Siswi Dalam Penerapan Nilai Pancasila Ditinjau. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(1), 24–36. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jmk.v8i1.8278
Safitri, Andriani; Wulandari, Dwi; Herlambang, Y. T. (2022). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274 ISSN
Saraswati, M., & Safitri, A. (2020). 56-Article Text-336-1-10-20210601. 1(3), 120–128.
Saraswati, S., Safitri, A., & Kabiba, K. (2022). Peran Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran (JPP), 1(3), 120–128. https://doi.org/10.51454/jpp.v1i3.56
Sudirman, H. S. (2019). Strategi Implementasi Kurikulum: Suatu Kajian Perspektif Teori Di Sekolah Dasar. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 936–951. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v9i2.428
Sufyadi, Susanti; Lambas; Rosdiana, Tjaturingsih; Rochim, Fauzan Amin Nur; Novrika, Sandra; Iswoyo, Setiyo; Hartini, Yayuk; Primadonna, Marsaria; Mahardhika, R. L. (2021). Pembelajaran Paradigma Baru. Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Wening, S. (2012). Pembentukan Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Nilai. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(1), 55–66. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/1452
Widodo, H. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Di SD Muhammadiyah Macanan Sleman Yogyakarta. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 22(1), 40–51. https://doi.org/doi.org/10.24252/lp.2019v22n1i4
Jurnal Moral Kemasyarakatan memungkinkan pembaca untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikelnya dan memungkinkan pembaca menggunakannya untuk tujuan lain yang sah menurut hukum. Jurnal memegang hak cipta. Setelah artikel diterbitkan, hak cipta ditransfer dari penulis ke penerbit jurnal.
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .