Implementasi Gerakan Literasi Minat Baca Dan Hasil Belajar
DOI:
https://doi.org/10.21067/jppi.v15i2.5678Abstract
Literasi adalah kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas, antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan berbicara. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menumbuhkan minat baca peserta didik agar pengetahuan dapat dikuasai dengan baik. Rendahnya minat baca karena siswa tidak dibiasakan membaca, guru kurang memotivasi dan siswa kurang memanfaatkan fasilitas belajar yang disediakan sekolah. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gerakan literasi terhadap minat baca dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel penelitian adalah siswa kelas X SMK Bhakti Luhur Malang yang berjumlah 79 orang yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampel. Instrument pengumpulan data adalah angket untuk variable gerakan literasi dan minat baca, sedangkan untuk hasil belajar sejarah menggunakan nilai raport semester 2. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa ada pengaruh signifikan gerakan literasi terhadap minat baca dan hasil belajar. Sekolah perlu membudayakan gerakan literasi untuk menumbuhkembangkan minat baca siswa dan guru perlu memasukkan strategi literasi dalam pembelajarannya. Pengembangan kemampuan literasi di sekolah akan membantu meningkatkan kemampuan belajar siswa.
References
Andrejs Geske dan Antra Ozola (2008). Factors Influencing Reading Literacy At The Primary
School Level.
Ardy, Kurniawan Wisnu.(2014).Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA
Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Lightening The Learning Climate Bagi
Siswa Kelas V SD 01 Tawangmangu Tahun 2013/2014.Skripsi.Surakarta: Fakultas
Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Awais, Sania (2013). The Reading Preferences of Primary School Children in Lahore
Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers.
Heri Hidayat dan Siti Aisah (2013). “Read Interest Co-Relational with Student Study
Performance in IPS Subject Grade IV (Four) in State Elementary School 1
Pagerwangi Lembangâ€Â
Kamus Besar Bahasa Indonesia Depdiknas.2005.Balai Pustaka
Naim, Ngainun. (2013). The Power of Reading. Yogyakarta: Aura Pustaka.
Satgas GLS Ditjen Dikdasmen, (2017a).“Strategi Literasi dalam Pembelajaran di Sekolah
Dasar (Modul Materi Penyegaran Instruktur Kurikulum 2013)â€Â. Jakarta.
Satgas GLS Ditjen Dikdasmen, (2017b).“Strategi Literasi dalam Pembelajaran di Sekolah
Menengah Atasâ€Â. Jakarta.
Sudjana, Nana . (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja
Rosdakarya.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Satgas GLS Ditjen Dikdasmen, (2017c).“Strategi Literasi dalam Pembelajaran di Sekolah
Satgas GLS Ditjen Dikdasmen, (2018).“ Strategi Literasi Dalam Pembelajaran Di Sekolah
Menengah Kejuruan. Jakarta
Wahyu Angga Raditya (2016. Hubungan Minat Baca dengan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas
V