Implementasi Gerakan Literasi Minat Baca Dan Hasil Belajar

Authors

  • Maria Kanusta Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Program Pascasarjana
  • Pieter Sahertian Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Program Pascasarjana
  • Joice Soraya Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Program Pascasarjana

DOI:

https://doi.org/10.21067/jppi.v15i2.5678

Abstract

Literasi adalah kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas  melalui  berbagai aktivitas, antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan berbicara. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menumbuhkan minat baca peserta didik agar pengetahuan dapat dikuasai dengan baik. Rendahnya minat baca karena siswa tidak dibiasakan membaca, guru kurang memotivasi dan siswa kurang memanfaatkan fasilitas belajar yang disediakan sekolah. Artikel  ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gerakan literasi terhadap minat baca dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel penelitian adalah siswa kelas X SMK Bhakti Luhur Malang yang berjumlah 79 orang yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampel. Instrument pengumpulan data adalah angket untuk variable gerakan literasi dan  minat baca, sedangkan untuk hasil belajar sejarah menggunakan nilai raport semester 2. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa ada pengaruh signifikan gerakan literasi terhadap minat baca dan  hasil belajar. Sekolah perlu membudayakan gerakan literasi untuk menumbuhkembangkan minat baca siswa dan guru perlu memasukkan strategi literasi dalam pembelajarannya. Pengembangan kemampuan literasi di sekolah akan membantu meningkatkan kemampuan belajar siswa.

 

References

Andrejs Geske dan Antra Ozola (2008). Factors Influencing Reading Literacy At The Primary

School Level.

Ardy, Kurniawan Wisnu.(2014).Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA

Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Lightening The Learning Climate Bagi

Siswa Kelas V SD 01 Tawangmangu Tahun 2013/2014.Skripsi.Surakarta: Fakultas

Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Awais, Sania (2013). The Reading Preferences of Primary School Children in Lahore

Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers.

Heri Hidayat dan Siti Aisah (2013). “Read Interest Co-Relational with Student Study

Performance in IPS Subject Grade IV (Four) in State Elementary School 1

Pagerwangi Lembangâ€Â

Kamus Besar Bahasa Indonesia Depdiknas.2005.Balai Pustaka

Naim, Ngainun. (2013). The Power of Reading. Yogyakarta: Aura Pustaka.

Satgas GLS Ditjen Dikdasmen, (2017a).“Strategi Literasi dalam Pembelajaran di Sekolah

Dasar (Modul Materi Penyegaran Instruktur Kurikulum 2013)â€Â. Jakarta.

Satgas GLS Ditjen Dikdasmen, (2017b).“Strategi Literasi dalam Pembelajaran di Sekolah

Menengah Atasâ€Â. Jakarta.

Sudjana, Nana . (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja

Rosdakarya.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Satgas GLS Ditjen Dikdasmen, (2017c).“Strategi Literasi dalam Pembelajaran di Sekolah

Satgas GLS Ditjen Dikdasmen, (2018).“ Strategi Literasi Dalam Pembelajaran Di Sekolah

Menengah Kejuruan. Jakarta

Wahyu Angga Raditya (2016. Hubungan Minat Baca dengan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas

V

Downloads

Published

2021-10-30

How to Cite

Kanusta, M. ., Sahertian, P. ., & Soraya, J. . (2021). Implementasi Gerakan Literasi Minat Baca Dan Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 15(2), 152–156. https://doi.org/10.21067/jppi.v15i2.5678

Issue

Section

Articles