Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Di Sekolah Dasar

Authors

  • Lilik Hayati Pogram Pascasarjana Universitas Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jppi.v15i2.5684

Abstract

Realita di sekolah dasar kondisinya saat ini, pembelajaran IPS menunjukan indikasi bahwa pola pembelajarannya masih bersifat teacher centered. Tujuan pengembangan ini adalah untuk pengembangan  media flashcard pada mata pelajaran IPS pokok bahasan tentang Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Indonesia bagi peserta didik kelas IV di SDN Pucangsari II Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan. Pengembangan media pembelajaran didasarkan pada model pengembangan ADDIE. Adapun langkah pengembangan model ADDIE. Uji pengembangan produk media pembelajaran flashcard ini dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu uji perseorangan, uji kelompok kecil dan uji lapangan. Disamping itu, uji coba juga dilakukan oleh ahli materi pelajaran, uji ahli media pembelajaran dan uji guru sebagai pengguna. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan: (1) Setelah melalui proses penyusunan  media flashcard mata pelajaran IPS bagi siswa kelas IV SDN Pucangsari II Purwodadi Kabupaten Pasuruan, maka tersusunlah  media fashcard sesuai standard kompetensi, (2) Proses validasi dimulai dari validasi ahli materi, ahli media, guru, peserta didik kelas IV SDN Pucangsari II Purwodadi Kabupaten Pasuruan, (3) Setelah memperoleh saran perbaikan maka media flashcard layak digunakan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar, dan (4) Produk akhir pengembangan adalah berupa flashcard, telah dilakukan revisi dan perbaikan sebagaimana yang disarankan oleh ahli materi dan ahli media. Media pembelajaran flashcard perlu diterapkan tidak hanya pada mata pelajaran IPS tetapi juga mata pelajaran lainnya.

 

References

Antari, Pradnya, I.G.A.D , Sujana, I.W., & Abadi, I.B.G.S. (2015) Meningkatkan Perkembangan Bahasa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Time Token Berbantuan Media Flashcard Pada Anak Kelompok B4 TK Kemala Bhayangkari I Denpasar. e-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 3 Nomor 1 Tahun 2015.

Arikunto, S. (2011). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Cañasi, D. M., Amyot, C., & Tira, D. (2014). Evaluating meaningful learning using concept mapping in Dental Hygiene Education: a pilot study. The Journal of Dental Hygiene, Februari 2014, Vol. 88, No. 1, pg. 20.

Damayanti, E., Yunus, S.R. & Sudarto. (2016). Pengembangan Media Visual Flash Card pada Materi

Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Dikdasmen.

Davies, M. (2011). Concept mapping, mind mapping and argument mapping: what are the differences and do they matter?. Journal Higher Education, September 2011, Vol. 62, Issue 3, pg. 279-301.

Gusti, N., Bahar, A. & Handayani, D. (2017). Studi Perbandingan Pembelajaran Kooperatif Menggunakan Media Chemical Domino Card dan Flash Card. ALOTROP Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 2017: 1 (2): 85-88.

Hyerle, D. N. & Larry, A. (Eds.). (2011). Student successes with thinking maps: school-based research, result, and models for achievement using visual tools. 2nd Ed. California: Corwin, Sage Company.

Hidayat, D. (2013). Permainan Tradisional dan Kearifan Lokal Kampung Dukuh Garut Selatan Jawa Barat. Jurnal Academica Fisip Untad, 5 (2), 1057-1070.

Indriana, D. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Jogjakarta: DIVA Press.

Madasari, C.A. & Buditjahjanto, I.G.P.A. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Flash Card Berbasis Komputer pada Standar Kompetensi Menjelaskan Dasar-Dasar Sinyal Video di SMK Neger 2 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Volume 1 Nomor 2 Tahun 2012.

Maghfiroh, L. & Zuhdi, L. (2013). Penggunaan Media Flashcard untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal PGSD, Volume 01 Nomor 02 Tahun 2013.

Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Safitri, R.W., Primiani, C.N. & Hartini. (2018). Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, Volume 8 (1) 1-14 Juni 2018.

Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2021-10-30

How to Cite

Hayati, L. . (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 15(2), 197–208. https://doi.org/10.21067/jppi.v15i2.5684

Issue

Section

Articles