Model Kerjasama (CO-management) Pengelolaan Hutan Desa Giripurno Kota Batu sebagai Sumber Belajar Kontekstual Geografi Sumberdaya Alam
DOI:
https://doi.org/10.21067/jppi.v15i2.6146Keywords:
Geografi Semberdaya Alam, Sumber Belajar, Kontekstual, Co-Management, HutanAbstract
Sumber belajar kontekstual perlu digali dari wilayah sekitar mahasiswa guna mewujudkan pembelajaran bermakna mata kuliah Geografi Sumberdaya Alam. Salahsatu studi kasus pengelolaan sumberdaya alam adalah pengelolaan hutan oleh Perum Perhutani dan LMDH Desa Giripurno. Tujuan penelitian untuk mengkaji dinamika pengelolaan hutan menuju co-management, model kerjasama dalam co-management, selanjutnya diakhiri dengan mengintegrasikan temuan tersebut sebagai sumber belajar kontekstual pada mata kuliah Geografi Sumberdaya Alam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dalam pengumpulan dan analisis data. Informan dipilih menggunakan teknik purposive-snowball sampling meliputi pihak Perum Perhutani, Pihak LMDH, dan petani hutan. Data sekunder digunakan untuk mendukung temuan lapangan. Analisis data dengan mengelompokan data kedalam kategori dan selanjutnya disusun berdasarkan tema sesuai tujuan penelitian. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Dinamika pengelolaan hutan Desa Giripurno Kota Batu melalui tiga periode besar orde lama, orde baru, dan reformasi dimana titik balik diterapkannya PHBM adalah kurangnya keterlibatan masyarakat. Model co-management PHBM dilakukan melalui kemitraan sejajar antara Perum Perhutani, LMDH dan pihak lain yang berkepentingan untuk mencapai kelestarian hutan dan kesejahteraan masyarakat. Integrasi temuan ke dalam mata kuliah bahwa temuan penelitian dapat dijadikan sumber belajar kontekstual dengan melihat kesesuaiannya dengan CPMK, Sub-CPMK, dan indikator capaian pembelajaran mata kuliah Geografi Sumberdaya Alam
References
Al Musafiri, M. R., Utaya, S., & Astina, I. K. (2016). Potensi kearifan lokal suku using sebagai sumber belajar Geografi SMA di Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(10), 2040-2046
Barona, C. S. (2015). PENGARUH PENGGUNAAN RUMOH ACEH SEBAGAI SUMBER BELAJAR GEOGRAFI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MITIGASI BENCANA: Studi Eksperimen di SMAN 1 Peusangan Selatan (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia)
Bintarto, R. & Hadisumarmo, S. 1987. Metode Analisa Geografi. Jakarta: Lp3es
Fao. 2015. Global Forest Resources Assessment 2015: How Have the World’s Forests
Hidayat, H. 2015. Pengelolaan Hutan Lestari. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia
KEMNLHK. 2012. Media Informasi KPH Kesatuan Pengelolaan Hutan: Sejarah Pengelolaan Hutan. Online: Http://Kph.Menlhk.Go.Id. Diakses Januari, 2017
Kumsap, K. & Indanon, R. 2016. Integration of Community Forest Management and Development Activities: Lessons Learned from Ubon Ratchathani Province. Kasetsart Journal of Social Sciences (2016) 1-6.
Mau, M. H., Susilo, S., & Ruja, I. N. (2019). Kearifan Lokal Upacara An Tama Masyarakat Adat Loona sebagai Sumber Belajar Geografi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(9), 1202-1206
Ming’ate, F. L. M., Hamish, G., & Rennie, A. M., 2014. Potential for Co-Management Approaches to Strengthen Livelihoods of Forest Dependent Communities: A Kenyan Case. Land Use Polic 41 (2014) 304-312.
Perhutani. 2010. Pedoman Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat
Perhutani. 2016. PHBM. Http://Www.Bumn.Go.Id/Perhutani/Halaman/159
Prakosa, M, 1996. Renjana Kebijakan Kehutanan, Aditya Media, Yogyakarta.
Profil Desa Giripurno. 2016
Sukmawati, Utaya, S., & Susilo, S. 2015. Kearifan Lokal Masyarakat Adat dalam Pelestarian Hutan sebagai Sumber Belajar Geografi. Jurnal Pendidikan Humaniora, Hal 202–208
Surat Perjanjian Perum Perhutani KPH Malang dengan Masyarakat Desa Hutan Kota Batu. 2004
Youn, Yeo-Chang, Junyeong Choi, Wil De Jong, Jinlong Liu, Mi Sun Park, Leni D. Camacho, Satoshi Tachibana, Nguyen Din Huudung, Padam Parkash Bhojvaid, Ellyn K. Damayanti, Phongxiong Wanneng, Mohd Shawahid Othman. 2017. Conditions of Forest Transition in Asian Countries. Forest Policy and Economics 76 (2017) 14-24
Yunus, H.S. 2010. Metodologi Penelitian Wilayah Kontemporer. Yogyakarta: Pustaka Pelajar