SISTEM PAKAR DIAGNOSA KERUSAKAN SEPEDA MOTOR MATIC INJEKSI MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING BERBASIS ANDROID

Anggri Sartika Wiguna, Isman Harianto

Abstract

Abstrak− Perkembangan industri sepeda motor matic injeksi di indonesia mengalami perkembangan yang signifikan, sepeda motor matic injeksi yang lebih irit bahan bakar dan ramah lingkungan, dengan tingginya pengguna sepeda motor matic injeksi saat ini timbul permasalahan bahwa tidak semua pengguna motor matic injeksi memiliki kemampuan melakukan perbaikan terhadap kerusakan sepeda motornya. Dengan kemajuan teknologi smarthphone saat ini, memunculkan suatu ide atau gagasan aplikasi sistem pakar ke dalam aktivitas mutu pelayanan smartphone. Sistem yang akan dibuat adalah “Sistem pakar diagnosa kerusakan sepeda motor matic injeksi menggunakan metode forward chaining berbasis mobile†aplikasi ini akan menggunakan metode forward chaining. Sistem pakar ini diharapkan dapat membantu pengguna mengetahui kerusakan dan melakukan perbaikan sepeda motornya lebih awal sebelum terjadi kerusakan yang berkelanjutan. Sistem ini dibangun menggunakan aplikasi Basic4android.

References

[1] Ardiansyah, F. 2011. "Pengenalan Dasar Android Programming". Biraynara. Jakarta.
[2] Arhami, M.2005. ”Ciri ciri Sistem Pakar”. Andi offset .Yogyakarta.
[3] Ferdianto. I, 2009. ”Sistem Pakar [4] Moch. Solikin, 2005. Sistem Injeksi Bahan Bakar Motor Bensin (EFI System). Gava media.Yogyakarta: Kampong Ilmu
[4] Metode Forward Chaining”[online]. Tersedia: http: Sistem Pakar M.FC Indra Ferdianto’s WebLoG. Htm [9Maret2017]

Authors

Anggri Sartika Wiguna
anggrisartikawiguna@unikama.ac.id (Primary Contact)
Isman Harianto
Author Biographies

Anggri Sartika Wiguna, Universitas Kanjuruhan Malang

Teknik Informatika

Isman Harianto, Universitas Kanjuruhan Malang

Teknik Informatika
[1]
A. S. Wiguna and I. Harianto, “SISTEM PAKAR DIAGNOSA KERUSAKAN SEPEDA MOTOR MATIC INJEKSI MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING BERBASIS ANDROID”, SMARTICS, vol. 3, no. 1, pp. 25–30, Apr. 2017.

Article Details