Pemanfaatan Teknologi Single Page Application (SPA) dalam Pembuatan Aplikasi Feedback Dosen dari Mahasiswa Sebagai Bentuk Pengawasan Lembaga Terhadap Kinerja Dosen di Bidang Pengajaran

Main Article Content

Achmad Teguh Wibowo
Anggri Sartika Wiguna

Abstract

Feedback mahasiswa untuk dosen dalam bidang pengajaran sangat diperlukan untuk meningkatkan kinerja universitas dalam manjalankan proses bisnisnya. Universitas sebagai lembaga pendidikan tidak lepas dari bidang pengajaran, bidang ini sangat berpengaruh karena dengan pengajaran yang baik maka bisa didapatkan lulusan yang kompeten dan bermanfaat untuk kemajuan bangsa. Pemanfaatan teknologi single page application(SPA) untuk pembuatan aplikasi feedback merupakan bentuk kepedulian universitas terhadap bidang pengajaran yang dilakukan, teknologi ini sangat berbeda dengan teknologi model view controller (MVC) yang sudah mulai ditinggalkan. SPA mempunyai kelebihan yaitu lebih ringan dalam sisi server karena cara kerjannya tidak lagi menggunakan dua bahasa (client side dan server side) dalam memproses data dan menampilkan ke monitor, melainkan menggunakan satu bahasa yaitu javascript dalam menangani semuanya. Otomatis server tidak terlalu banyak membutuhkan resource lebih untuk menjalankan aplikasi ini. Dengan adanya aplikasi ini maka tujuan dari universitas untuk memberikan pengajaran yang maksimal ke mahasiswa dan penggunaan resource komputer yang minimal dapat tercapai.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Wibowo and A. Wiguna, “Pemanfaatan Teknologi Single Page Application (SPA) dalam Pembuatan Aplikasi Feedback Dosen dari Mahasiswa Sebagai Bentuk Pengawasan Lembaga Terhadap Kinerja Dosen di Bidang Pengajaran”, SMARTICS, vol. 5, no. 1, pp. 34-43, Apr. 2019.
Section
Article

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.