Implementasi Algoritma Apriori Untuk Mengetahui Aturan Asosiasi Pada Data Transaksi Penjualan

Penulis

  • Daryanto Daryanto Universitas Muhammadiyah Jember

Abstrak

Abstrak: Banyaknya persaingan dunia bisnis penjualan palawija menuntut perencanaan strategi bisnis yang tepat, oleh karena itu diperlukan suatu strategi yang dapat meningkatkan penjualan dan pemasaran produk. Salah satunya dengan memanfaatkan data transaksi untuk menemukan pola berupa produk-produk yang sering dibeli bersamaan dalam satu transaksi. Metode yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan ini adalah algoritma Apriori yang temasuk jenis aturan asosiasi pada data mining. Algoritma Apriori adalah teknik data mining untuk menemukan aturan assosiatif antara suatu kombinasi item. Diharapkan dengan algoritma Apriori akan diperoleh kombinasi produk-produk yang sering dibeli bersamaan di toko palawija, sehingga dapat ditentukan strategi pemasaran yang tepat.

Kata Kunci : Data Mining, Aturan Asosiasi, Algoritma Apriori

Biografi Penulis

Daryanto Daryanto, Universitas Muhammadiyah Jember

Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik

Referensi

[1] Bertalya. (2009). Konsep Data Mining. Universitas Gunadarma. Depok
[2] Dinda, Devi. (2009). Penggunaan Metode Apriori Untuk Analisa Keranjang Pasar Pada Data Transaksi Penjualan Minimarket Menggunakan Java & Mysql. Teknik Informatika. Universitas Gunadarma, Depok.
[3] Kusrini dan taufiq, Emha. (2009). Algoritma Data Mining. CV. Andi Offset, Jogjakarta

Unduhan

Diterbitkan

2016-04-19

Cara Mengutip

[1]
D. Daryanto, “Implementasi Algoritma Apriori Untuk Mengetahui Aturan Asosiasi Pada Data Transaksi Penjualan”, SMARTICS, vol. 2, no. 1, hlm. 21–24, Apr 2016.

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama