Segmentasi Perilaku Belajar Mahasiswa Selama Masa Pandemi Covid-19 Berbasis K-Means
DOI:
https://doi.org/10.21067/smartics.v7i2.5843Abstrak
Sejak adanya pandemi Virus Covid-19 yang memiliki nama panjang Corona Virus Disease-19 melanda banyak negara salah satunya adalah Indonesia, maka saat ini pemerintah melakukan berbagai upaya dan langkah untuk mencegah terjadinya penularan virus Corona di tanah air kita adalah dengan cara menghindari Kerumunan, maka dari itu pemerintah melakukan instruksi untuk mengatasi kerumunan tersebut dengan cara menutup atau mengistrahatkan atau melakukan segala aktivitas dari rumah, cara tersebut agar menghindari penyebaran Covid-19. Penelitian ini menggunkan metode K-Means Clustering. Tujuan pembuatan jurnal ini adalah untuk menemukan solusi untuk mengevaluasi sistem belajar online yang telah ada berdasarkan Segmentasi Perilaku Belajar Mahasiswa Selama Masa Pandemi Covid-19 Berbasis K-Means. Teknik survey adalah teknik yang akan di gunakan di dalam penelitian ini, survey digunakan untuk memperoleh data atau informasi dari sejumlah responden terhadap adanya suatu isu atau topik . Data didapatkan dari pengisian pertanyaan yang sudah dibagi ke seluruh responden melalui bentuk google form yang nanti akan diolah. Data yang sudah terkumpul berdasarkan data akan menggunakan clustering efektif mengenai pembelajaran online dalam 4 cluster. Para peneliti melaporkan bahwa K-Means juga dapat digunakan untuk pendeteksian pola dari data. Segmentasi perilaku belajar mahasiswa selama masa pandemi Covid-19 Berbasis K-Means berdasarkan tingkat “sangat baikâ€Â, “Baikâ€Â, “cukupâ€Â, “Kurangâ€Â, “sangat kurang†terhadap Segmentasi perilaku belajar mahasiswa selama masa pandemi Covid-19 Berbasis K-Means
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.