Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Peserta Didik Melalui Model Project Based Learning (PjBL) berbantuan Quizizz Paper Mode
DOI:
https://doi.org/10.21067/jtst.v6i2.10184Keywords:
motivasi, prestasi belajar, PjBL, quizizzAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik
kelas II B SD Negeri Tanjungrejo 5 Kota Malang melalui penerapan model project based
learning (PjBL) berbantuan quizizz paper mode. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk
Penilitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun subyek penelitian ini ialah 18 peserta didik kelas
II B SD Negeri Tanjungrejo 5. Desain penelitian yang digunakan yaitu model kemmis dan
mc taggart dimana model penelitian yang pertama akan menjadi acuan pada model
penelitian tindakan yang lain. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan
observasi. Adapun instrumen yang digunakan yaitu soal tes pilihan ganda dan lembar
observasi motivasi belajar.Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa ada peningkatan yang signifikan terhadap
motivasi dan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas II B
SD Negeri Tanjungrejo 5 Kota Malang tahun Pelajaran 2023/2024. Hal ini ditandai dengan
meningkatnya presentase rata-rata motivasi dari 72,5% pada siklus I menjadi 82,22% pada
siklus II dan rata-rata prestasi belajar dari 73,34% pada siklus I menjadi 84,45% pada siklus
II. Dengan demikian terbukti bahwa model project based learning berbantuan quizizz paper
mode dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik.
Kata kunci : motivasi, prestasi belajar, project based learning, quizizz paper mode.
References
Amir, A., Azmin, N., Rubianti, I., & Olahairullah, O. (2021). Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Index Card Match Pada Pelajaran Ipa Terp. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (JP-IPA), 2(01), 1–6. https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v2i01.48
Arifah, F., AP, N., & Reski, D. P. (2021). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPA dengan Model Pembelajaran. Pinisi Journal PGSD, 1(3), 926–936.
Azizah, B. Y., Hermawan, I., & Farida, N. A. (2023). Penggunaan Aplikasi Quizizz Paper Mode dalam Peningkatan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII SMP Islam Tarbiyyatul Falah Karawang. SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam, 6(2), 281–300. https://doi.org/10.54396/saliha.v6i2.782
Elisabet, E., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Journal of Education Action Research, 3(3), 285. https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.19451
Fathurrohman. (2016). Implementasi Model Pembelaaran berbasis Case Method dan Project Based Learning dalam rangka mengakomodir Higher Order Thinking Skill mahasiswa dalam Mata Kuliah Psikologi Pendidikan Bahasa Arab di Masa Pandemi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pestasi Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 25–33.
Latifatunnisa, N. (2019). … Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Tema 9 Benda-Benda Di Sekitar Kita Melalui Model Project Based Learning Di Kelas V Sd …. Dwija Inspira: Jurnal Pendidikan Multi …. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2069780
Maliasih, Hartono, & Nurani, P. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Metode Teams Games Tournaments dengan Strategi Peta Konsep Pada Siswa SMA. Jurnal Profesi Keguruan, 3(2), 222–226.
Nurjanah, S. A. (2019). Analisis Kompetensi Abad-21 Dalam Bidang Komunikasi Pendidikan. Gunahumas, 2(2), 387–402. https://doi.org/10.17509/ghm.v2i2.23027
Pamungkas, M. A., Studi, P., Dasar, P., & Semarang, U. N. (2024). Pengaruh Penggunaan Quizizz Paper Mode Terhadap Penilaian Formatif Dan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VI Dalam Kurikulum Merdeka Sekolah Dasar. 4, 12449–12460.
Pratiwi, N. W. D., Sri Asri, I. G. A. A., & Kristiantari, M. G. R. (2018). Hubungan Motivasi Dengan Prestasi Belajar Siswa. International Journal of Elementary Education, 2(3), 192. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15958
Saputri, D. A., Aminah, S., & Wakhyudin, H. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Game Quizizz Paper Mode pada Peserta Didik Kelas V SD 5 Margorejo. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1699–1707.
Silpia, L. (2019). Pengaruh model pembelajaran project based learning (PjBL) terhadap motivasi dan prestasi belajar peserta didik materi sistem peredaran darah manusia elas VIII MTS AN-NUR palangka raya. Jurnal Pendidikan Tadris Biologi, 1–103.
Sri Lutfiwati. (2020). Motivasi Belajar dan Prestasi Akademik. Jurnal Kependidikan Islam, 10(1), 55.
Suparyanto dan Rosad. (2020). Pengertian Motivasi Belajar. Motivasi Belajar, 5(3), 248–253.
Tirta, D. M., Martha, I. N., & Artawan, G. (2015). Motivasi dan Hasil Belajar Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks dengan Pendekatan Saintifik Pada Siswa SMA Negeri 2 Semarapura Tahun Pelajaran 2014 / 2015. 1–11.
Viera Valencia, L. F., & Garcia Giraldo, D. (2019). Dukungan Orangtua. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2, 9–36.
WAHYUNI, W. (2022). Implementasi Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas Iv Sd N 2 Sabdodadi. ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 2(3), 342–348. https://doi.org/10.51878/action.v2i3.1445
Yuliana. (2016). Upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa SD melalui model problem based learning (PBL) berbantuan aplikasi quizizz. XX, 1–23.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi