Implementation Of The Talking Stick Learning Model Used By Koper Sebeni Media

Iis Anjarsari, Trija Fayeldi, Yuniar Ika Putri Pranyata

Abstract

The use of media can increase clarity and interest in the learning process, increase learning motivation, and make it easier to understand the material. The aim of this research is to determine the talking stick learning model that can improve student learning outcomes in comparative material in class VII Pagak Islamic Middle School with the help of the Koper Sebeni media. This classroom action research was carried out using qualitative methodology. The steps in the process are preparation, action, observation, and reflection. The flow model is used to analyze the data obtained, which includes data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The research results showed that from cycle 1 to cycle 2 student learning outcomes increased. The percentage of completion of the final exams for cycles 1 and 2 was 83.33% and 91.67% respectively, which shows an increase in the proportion of students by 8.33%. Thus it can be said that the use of the Koper Sebeni media combined with the talk stick learning strategy can improve student learning outcomes. So that most students have the opportunity to answer questions, future researchers must spend sufficient time on the talking stick learning model.

References

Agustin, dkk, N. 2021. Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa. Yogyakarta: UAD Press.

Anditiasari, N., Pujiastuti, E., & Susilo, B. E. 2021. Systematic Literature Review: Pengaruh Motivasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 12(2), 236-248. https://doi.org/10.26877/aks.v12i2.8884

Amallia, N., & Unaenah, E. 2018. Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Attadib Journal Of Elementary Education, 3(2), 123-133. https://doi.org/10.32507/attadib.v2i2.414

Baid, N., dkk. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Aritmatika Sosial. EULER: Jurnal Ilmiah Matematika, Sains, dan Teknologi, 10(2), 164-172. https://doi.org/10.34312/euler.v10i2.16342

Choyriyyah, Muftiatul & Sujadi, A. A. 2014. Pembelajaran Matematika dengan Metode Joyful Learning dengan Media Papan Permainan Pada Materi Bilangan Bulat Kelas VII SMP Muhammadiyah Sidareja. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 265-272.
https://doi.org/10.30738/.v2i3.210

Eksak, G. S. 2019. Memotret Realita Antologi Artikel Guru SMK Eksak. Trenggalek: Rose Book.

Emda, A. 2017. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 93-196. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Fajrin, O. A. 2018. Pengaruh Model Talking Stick Terhadap Hasil BelajarIPS Siswa SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 2(1A), 85-91.
https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2353

Habibati, S. 2017. Strategi Belajar Mengajar. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

Isnaeni, S., dkk. 2019. Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Varibel. Journal On Education, 01(02), 309-316. https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.68

Isnaeni, Muhaemin, & Hasri. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Talking Stick.
Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 5(2), 131-142. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v5i2.272
Kulsum, U. 2023. Model Problem- Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Peserta Didik. Lombok Tengah: Pusat Pengembang Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Kustandi, C., & Darmawan, D. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Konsep dan Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat . Jakarta: Kencana.

Kusumaningtyas, R., dkk. 2018. Uji Kompetensi Guru. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Lestari, D. G., & Irawati, H. 2020. Literatur Review: Peningkatan Hasil Belajar Kognitif dan Motivasi Siswa Pada Materi Biologi Melalui Model Pembelajaran Guided Inquiri. Bioma, 2(2), 51-59.

Lutfi, M., & Fathani, A. H. 2013. Hitam Putih Pendidikan (Menyingkap Realitas, Merajut Solusi). Malang: UB Press.

Nuraida, K., Patmaningrum, A., & Suharto. 2023. Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Rasio atau Perbandingan Kelas VII Di SMP Sains Miftahul Huda Nganjuk Tahun Ajaran 2021/2022. Dharma Pendidikan Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 18(1), 32-43.

Nurjanah. 2009. Rangkuman Matematika SMP. Jakarta: Gagas Media.

Rafiudin. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Media Pohon Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD Negeri Kecil Palapi Provinsi Sulawesi Sulawesi Barat. Tesis. Malang: Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Rajab, L., & Rahman, A. M. 2023. Strategi Pengembangan Madrasah Menjadi Lembaga Pendidikan Modern; Kajian Manajemen Pendidikan Islam. Yogyakarta: Deepublish.

Renaldie, Z., dkk. 2024. Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Dick & Carey Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Jurnal Arjuna: Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Matematika, 2(6), 242-251. https://doi.org/10.61132/arjuna.v2i1.506

Sartika, Dian. 2021. Pengembangan Media Komik Materi Perbandingan Pada Siswa Kelas VII SMP. Skripsi. Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia. Sidoarjo

Siagian, R. E. 2015. Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 2(2), 122-131.
https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.93

Suharti, P. 2023. Buku Model Pembelajaran (Investigation Based Scientific Collaborative (IBSC) Untuk Melatihkan Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi Siswa. Surabaya: Um Publising Surabaya.

Supriyanto, A., & Miftahudin. 2017. Explore Matematika Jilid 1. Bandung: Penerbit Duta.

Ulfa, Maria. 2019. Pengembangan Media Papan Kayu Aksara Jawa Melalui Modelling The Way Untuk Siswa Kelas III SD. Skripsi.
Universitas Muhammadiyah Malang. Malang.
Wahyudy, M. A., Putri, H. E., & Muqodas, I. 2019. Penerapan Pendekatan Concrete-Pictorial-Abstract (CPA) Dalam Menurunkan Kecemasan Matematis Siswa Sekolah Dasar. Simposium Nasional Ilmiah dengan tema: (Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah melalui Hasil Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat), (pp. 228-238). Purwakarta: 7 November 2019. https://doi.org/10.30998/simponi.v1i1.428

Wibawanto, W. 2017. Desain dan Pemrograman multimedia pembelajaran interaktif. Jember: Penerbit Cerdas Ulet Kreatif.

Yunitasari, I., dkk. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Dengan Memanfaatkan Program Geogebra Untuk Meningkatkan
Pemahaman Konsep dan Kemandirian Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. Journal Of Matematics Learning, 2(2), 1-11.

Authors

Iis Anjarsari
Trija Fayeldi
trija_fayeldi@unikama.ac.id (Primary Contact)
Yuniar Ika Putri Pranyata
Author Biography

Trija Fayeldi, Universitas Kanjuruhan Malang

Trija Fayeldi Universitas Kanjuruhan Malang  Sinta ID: 5982929 Scopus ID: 55927513800 Scholar Google ID Researchgate ID Orcid ID: 0000-0001-8564-7898
Anjarsari, I., Fayeldi, T., & Pranyata, Y. I. P. (2024). Implementation Of The Talking Stick Learning Model Used By Koper Sebeni Media. AINSTEK urnal erapan ains & eknologi, 6(2), 152–163. https://doi.org/10.21067/jtst.v6i2.10426

Article Details