Turn Based Strategy Game Perang Komando Dengan Metode Finite State Machine Pada Karakter Musuh

Authors

  • Wennedy Surya Pratama Universitas Kanjuruhan Malang
  • Amak Yunus Universitas Kanjuruhan Malang
  • Wasum - Universitas Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jtst.v1i1.3022

Keywords:

Turn Based Strategy; Game; Finite State Machine; Decision Making; Artificial Intelligence

Abstract

Game adalah alternatif sarana media hiburan yang banyak dipilih pada era globalisasi seperti saat ini. Di dalam sebuah game offline khususnya mode single player dimana pemain harus melawan musuh yang dikendalikan oleh komputer atau kecerdasan buatan. Salah satu kecerdasan buatan yang peneliti pilih untuk diteliti adalah finite state machine. Yang menjadi permasalahannya ialah bagaimana menerapkan kecerdasan buatan ini kepada karakter musuh dalam game ber-genre turn based strategy. Sebelum menerapkannya pengembangan game tersebut harus dilakukan, metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan waterfall. Selama pengembangan game, peneliti mendapatkan hasil bahwa unit musuh mampu memeriksa kondisi yang sudah ditentukan dan mengambil keputusan sesuai dengan kondisi-kondisi tersebut.

Downloads

Published

2019-03-29

How to Cite

Pratama, W. S., Yunus, A., & -, W. (2019). Turn Based Strategy Game Perang Komando Dengan Metode Finite State Machine Pada Karakter Musuh. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 1(1), 10–15. https://doi.org/10.21067/jtst.v1i1.3022

Issue

Section

Articles