IMPLEMENTASI ALGORITMA COLLISION DETECTION DAN FINITE STATE MACHINE UNTUK KARAKTER MUSUH PADA GAME BERTIPE METROIDVANIA

  • Firmanu Alamsyah Universitas kanjuruhan malang
  • Wasum Diwa Universitas Kanjuruhan Malang
  • Amak Yunus Universitas Kanuruhan Malang
Keywords: Artificial Intelligence;, Collision Detection;, Finite State Machine;, Metroidvania;

Abstract

Kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence) adalah satu unsur yang diperlukan untuk pembuatan dan pengembangan game yakni untuk membuat permainan lebih dinamis, menarik dan natural. AI yang dapat diterapkan adalah AI yang dapat menentukan perilaku salah satunya adalah Finite State Machine dan didukung Algoritma Collision Detection sebagai pemicu. Penulis menerapkan kedua metode tersebut pada game bertipe metroidvania. Manfaat dari penulisan ini adalah dapat menjadi permulaan dalam project pembuatan game yang berkelanjutan sehingga dapat menghasilkan suatu game yang berkualitas. Game ini diterapkan pada smartphone berbasis android sehingga dapat dimainkan oleh siapa saja dengan harapan game dapat lebih menyenangkan dan lebih menarik bagi pengguna saat dimainkan serta minat pengguna untuk memainkan game juga akan meningkat.
Published
2019-06-25
How to Cite
Alamsyah, F., Diwa, W., & Yunus, A. (2019). IMPLEMENTASI ALGORITMA COLLISION DETECTION DAN FINITE STATE MACHINE UNTUK KARAKTER MUSUH PADA GAME BERTIPE METROIDVANIA. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(2), 8 - 13. https://doi.org/10.21067/jtst.v1i2.3062
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.