IMPLEMENTASI ALGORITMA COLLISION DETECTION DAN FINITE STATE MACHINE UNTUK KARAKTER MUSUH PADA GAME BERTIPE METROIDVANIA

Authors

  • Firmanu Alamsyah Universitas kanjuruhan malang
  • Wasum Diwa Universitas Kanjuruhan Malang
  • Amak Yunus Universitas Kanuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jtst.v1i2.3062

Keywords:

Artificial Intelligence;, Collision Detection;, Finite State Machine;, Metroidvania;

Abstract

Kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence) adalah satu unsur yang diperlukan untuk pembuatan dan pengembangan game yakni untuk membuat permainan lebih dinamis, menarik dan natural. AI yang dapat diterapkan adalah AI yang dapat menentukan perilaku salah satunya adalah Finite State Machine dan didukung Algoritma Collision Detection sebagai pemicu. Penulis menerapkan kedua metode tersebut pada game bertipe metroidvania. Manfaat dari penulisan ini adalah dapat menjadi permulaan dalam project pembuatan game yang berkelanjutan sehingga dapat menghasilkan suatu game yang berkualitas. Game ini diterapkan pada smartphone berbasis android sehingga dapat dimainkan oleh siapa saja dengan harapan game dapat lebih menyenangkan dan lebih menarik bagi pengguna saat dimainkan serta minat pengguna untuk memainkan game juga akan meningkat.

Downloads

Published

2019-06-25

How to Cite

Alamsyah, F., Diwa, W., & Yunus, A. (2019). IMPLEMENTASI ALGORITMA COLLISION DETECTION DAN FINITE STATE MACHINE UNTUK KARAKTER MUSUH PADA GAME BERTIPE METROIDVANIA. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 1(2), 8–13. https://doi.org/10.21067/jtst.v1i2.3062

Issue

Section

Articles