IMPLEMENTASI FUZZY LOGIC PADA PERILAKU NPC (NON PLAYER CHARACTER) DALAM TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN PADA GAME MLIJO 2D BERBASIS MOBILE

Authors

  • Sely Prastikasari Universitas Kanjuruhan Malang
  • Amak Yunus Universitas Kanjuruhan Malang
  • Danang Aditya Nugraha Universitas Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jtst.v1i3.3012

Keywords:

NPC (Non Player Character), Artificial Intelligence (AI), Fuzzy Mamdani

Abstract

NPC (Non Player Character) merupakan karakter otonom yang sudah ditentukan rule/aturan pergerakannya oleh komputer pada sebuah game. Dalam game bertema pelayanan, NPC berperan penting pada kualitas game dan daya tarik game tersebut. Dalam Game bernama “ Mlijoâ€Â, NPC berperan sebagai konsumen dimana dibutuhkan beberapa perilaku NPC dan penerapan artificial intelligence (AI) dalam game tersebut. Penerapan fuzzy mamdani pada game Mlijo ini terdapat pada perilaku dalam kepuasan pelayanan NPC berupa mimik wajah. Hasil yang diperoleh berupa nilai dari beberapa mimik wajah NPC yaitu puas, biasa dan kecewa yang berhubungan dengan waktu NPC, kualitas barang dan harga yang ditawarkan dengan menggunakan bahasa #C pada game engine unity 2D.

References

Arno Nomadeni Fitroh & Ahsan Moh, 2015, "Clustering Data Mahasiswa Menggunakan Metode Self Organizing Maps untuk Menentukan Strategi Promosi Universitas Kanjuruhan Malang". Jurnal Bimasakti Vol 1 No 5 2015

Hidayah, Nur, Mulyadi, Ichsan Ridwan. 2016. “Algoritma Boids dan Logika Fuzzy pada Pergerakan dan Perilaku Non Player Characters Permainan Borneo Missionâ€Â. Kalimantan Selatan: Kumpulan Jurnal Ilmu Komputer, ISSN 2406- 7857

Suyanto. 2014. Artificial Intelligence Searching, Reasoning, Planning dan Learning. Bandung: Informatika Bandung, ISBN 978-602-1514-44-3

Downloads

Published

2019-09-30

How to Cite

Prastikasari, S., Yunus, A., & Nugraha, D. A. (2019). IMPLEMENTASI FUZZY LOGIC PADA PERILAKU NPC (NON PLAYER CHARACTER) DALAM TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN PADA GAME MLIJO 2D BERBASIS MOBILE. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 1(3), 43–52. https://doi.org/10.21067/jtst.v1i3.3012

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)