IMPLEMENTASI FUZZY LOGIC PADA PERILAKU NPC (NON PLAYER CHARACTER) DALAM TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN PADA GAME MLIJO 2D BERBASIS MOBILE
DOI:
https://doi.org/10.21067/jtst.v1i3.3012Keywords:
NPC (Non Player Character), Artificial Intelligence (AI), Fuzzy MamdaniAbstract
NPC (Non Player Character) merupakan karakter otonom yang sudah ditentukan rule/aturan pergerakannya oleh komputer pada sebuah game. Dalam game bertema pelayanan, NPC berperan penting pada kualitas game dan daya tarik game tersebut. Dalam Game bernama “ Mlijoâ€Â, NPC berperan sebagai konsumen dimana dibutuhkan beberapa perilaku NPC dan penerapan artificial intelligence (AI) dalam game tersebut. Penerapan fuzzy mamdani pada game Mlijo ini terdapat pada perilaku dalam kepuasan pelayanan NPC berupa mimik wajah. Hasil yang diperoleh berupa nilai dari beberapa mimik wajah NPC yaitu puas, biasa dan kecewa yang berhubungan dengan waktu NPC, kualitas barang dan harga yang ditawarkan dengan menggunakan bahasa #C pada game engine unity 2D.
References
Arno Nomadeni Fitroh & Ahsan Moh, 2015, "Clustering Data Mahasiswa Menggunakan Metode Self Organizing Maps untuk Menentukan Strategi Promosi Universitas Kanjuruhan Malang". Jurnal Bimasakti Vol 1 No 5 2015
Hidayah, Nur, Mulyadi, Ichsan Ridwan. 2016. “Algoritma Boids dan Logika Fuzzy pada Pergerakan dan Perilaku Non Player Characters Permainan Borneo Missionâ€Â. Kalimantan Selatan: Kumpulan Jurnal Ilmu Komputer, ISSN 2406- 7857
Suyanto. 2014. Artificial Intelligence Searching, Reasoning, Planning dan Learning. Bandung: Informatika Bandung, ISBN 978-602-1514-44-3
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi