IMPLEMENTASI IOT PADA PENANGANAN LISTRIK PADAM MENGGUNAKAN MIKROKONTROLLER

  • Yulistya Trinowanda Gita Universitas Kanjuruhan Malang
  • Anggri Sartika Wiguna Universitas Kanjuruhan Malang
  • Wahyudi Harianto Universitas Kanjuruhan Malang
Keywords: Low Voltage Circiut Breaker, Website, Short Message Service, PT PLN (Persero)

Abstract

Masyarakat saat ini mengalami banyak peningkatan terhadap kebutuhan konsumsi energi listrik, namun ada kalanya dilakukan pemeliharaan trafo distribusi tersebut artinya listrik yang didistribusikan ke pelanggan akan padam dengan waktu cukup lama. Lama penggantian trafo distribusi dibutuhkan waktu yang cukup lama, antara 4 sampai 5 jam tergantung lokasi penggantian trafo distribusi tersebut. Dengan demikian kWh listrik tidak dapat terjual dengan maksimal dan pelayanan kepada pelanggan jadi terganggu.Disisi lain pelanggan akan merasa kecewa karena lisrik yang dinikmati sedang dipadamkan karena ada pemeliharaan trafo distribusi. Dan juga PT PLN (Persero) tidak dapat menjual listrik dengan maksimal, maka sebuah sistem dirancang untuk melimpahkan beban trafo distribusi yang padam ke trafo distribusi lainnya yang tidak mengalami pemadaman. Artinya pelanggan yang harusnya merasakan pemadaman listrik masih dapat menikmati pasokan listrik dan kWh listrik tetap terjual dengan baik. Dan dengan adanya alat ini dapat mengetahui dengan cepat trafo distribusi mana yang mengalami padam tanpa menunggu adanya laporan dari pelanggan bahwa listrik mengalami padam.
Published
2019-06-20
How to Cite
Gita, Y., Wiguna, A., & Harianto, W. (2019). IMPLEMENTASI IOT PADA PENANGANAN LISTRIK PADAM MENGGUNAKAN MIKROKONTROLLER. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(2), 1 - 7. https://doi.org/10.21067/jtst.v1i2.3029
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.