PENGARUH PBL BERBASIS FLIPPED CLASS TERHADAP PRESTASI DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA

Authors

  • Wolfharda Fitriani Sinmas Universitas Kanjuruhan Malang
  • Chandra Sundaygara Universitas Kanjuruhan
  • Kurriawan Budi Pranata Universitas Kanjuruhan

DOI:

https://doi.org/10.21067/jtst.v1i3.3730

Keywords:

PBl, Flipped class, motivasi, prestasi

Abstract

Kegiatan pembelajaran fisika hendaknya lebih melibatkan siswa secara aktif dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapinya dalam pembelajaran. Untuk memfasilitasinya diperlukan model ataupun metode pembelajaran inovatif, yang berorientasi pada masalah dan bersifat student centered. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran PBL dengan metode flipped class. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL berbasis flipped class terhadap prestasi belajar ditinjau dari motivasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 2 Singosari tahun pelajaran 2018/2019. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasy eksperimen dengan rancangan penelitian posstest only control grup design. Data dianalisis dengan menggunakan uji ANOVA dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) ada perbedaan prestasi belajar siswa yang belajar melalui model pembelajaran problem based learning berbasis flipped class dengan siswa yang belajar melalui model pembelajaran konvensional,  nilai signifikkansi 0.00 < 0.05; (2) ada perbedaan prestasi belajar antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah,  nilai signifikansi 0.01 < 0.05; (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran problem based learning berbasis flipped class dengan motivasi terhadap prestasi belajar siswa, nilai Fhitung > Ftabel ( 6.24 > 3. 91).

Downloads

Published

2019-10-18

How to Cite

Sinmas, W. F., Sundaygara, C., & Pranata, K. B. (2019). PENGARUH PBL BERBASIS FLIPPED CLASS TERHADAP PRESTASI DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 1(3), 14–20. https://doi.org/10.21067/jtst.v1i3.3730

Issue

Section

Articles