Pengaruh Laboratorium Virtual Olabs dan Motivasi Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa
DOI:
https://doi.org/10.21067/jtst.v7i1.9355Keywords:
Virtual Lab, Motivasi Belajar, Pemahaman konsepAbstract
Tujuan penelitian ini, yaitu 1) untuk mengetahui adanya perbedaan pemahaman konsep yang belajar menggunakan laboratorium virtual olabs dan konvensional, 2) untuk mengetahui adanya perbedaan pemahaman konsep siswa yang memiliki motivasi tinggi dan motivasi rendah, 3) untuk mengetahui adanya interaksi antara laboratorium virtual olabs dan motivasi belajar terhadap pemahaman konsep siswa. Jenis penelitian menggunakan eksperimen semu (Quasi Experimental) dengan model penelitian Pretest-Posttest Control Grup Design. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI SMAN I Arjasa semester genap tahun ajaran 2023. Pengambilan sampel menggunakan teknik porpusive sampling. Sampel penelitian ini menggunakan 100 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data motivasi belajar menggunakan angket dan data pemahaman konsep menggunakan soal objektif dengan menggunakan analisis uji T-test dan uji anova dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada perbedaan pemahaman konsep yang belajar menggunakan laboratorium virtual olabs dan konvensional, 2) ada perbedaan pemahaman konsep siswa yang memiliki motivasi tinggi dan motivasi rendah, 3) ada interaksi antara laboratorium virtual olabs dan motivasi belajar terhadap pemahaman konsep siswa.
References
Adi, W. C., Suratno, & Iqbal, M. (2016). - Virtual Laboratory. Pengembangan Virtual Laboratory Sistem Ekskresi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA, 4(4), 130–136. https://doi.org/10.1201/b12912-12
Andi Quraisy, Muzaini, M., Ilhamsyah, I., & Gaffar, A. (2023). Pemanfaatan Laboratorium Virtual Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Abdimas Indonesia, 3(3), 280–288. https://doi.org/10.53769/jai.v3i3.514
Bungkuran, A., Taunaumang, H., & Komansilan, A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbantuan Amrita Olabs Pada Materi Gelombang Bunyi. Jurnal Pendidikan Fisika Charm Sains, 2(3), 149–155. https://doi.org/10.53682/charmsains.v2i3.123
Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Prosiding DPNPM Unindra 2019, 0812(2019), 181–188.
Hermansyah, Gunawan, & Herayanti, L. (2017). Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Getaran dan Gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(2), 97–102. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i2.242
Hikmah, N., Saridewi, N., & Agung, S. (2017). Penerapan Laboratorium Virtual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. EduChemia (Jurnal Kimia Dan Pendidikan), 2(2), 186. https://doi.org/10.30870/educhemia.v2i2.1608
Kurniawan, Basuki, & Ariani. (2015). Virtual Laboratory Berbasis Inquiry Terbimbing: Percobaan Viskositas. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 11(1), 1–7. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpfi
Kurniawan, Rifa’i, & Fajar. (2020). Analisis Kemenarikan Media Pembelajaran Phet Berbasis Virtual Lab pada Materi Listrik Statis Selama Perkuliahan Daring Ditinjau dari Perspektif Mahasiswa. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 1(1), 19–28. https://doi.org/10.35719/vektor.v1i1.6
Lestari, L., Aprilia, L., Fortuna, N., Cahyo, R. N., Fitriani, S., Mulyana, Y., & Kusumaningtyas, P. (2023). Review: Laboratorium Virtual untuk Pembelajaran Kimia di Era Digital. Jambura Journal of Educational Chemistry, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.34312/jjec.v5i1.15008
Liliana, I., Dewi, K., Zaenuri, Z., Dwijanto, D., & Mulyono, M. (2015). Kemampuan Pemahaman Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 534–540.
Masithoh, D. (2021). Pengaruh Praktikum Biologi Berbasis Laboratorium Virtual (Olabs) Terhadap Hasil Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Ginjal Kelas XI Di SMAN 1 Rejotangan Tulungagung.
Maulana, I., Suryani, N., & Asrowi, A. (2019). Augmented Reality: Solusi Pembelajaran IPA di Era Revolusi Industri 4.0. Proceedings of The ICECRS, 2(1), 19–26. https://doi.org/10.21070/picecrs.v2i1.2399
Mu’minah, I. H. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Praktikum Virtual Lab Berbasis OLABS (Online Laboratory) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal Of Community Service, 2(1), 99–107.
Muthmainnah, Rokhmat, J., & ’Ardhuha, J. (2017). No 主観的å¥åº·æ„Ÿã‚’ä¸å¿ƒã¨ã—ãŸåœ¨å®…高齢者ã«ãŠã‘ã‚‹ å¥åº·é–¢é€£æŒ‡æ¨™ã«é–¢ã™ã‚‹å…±åˆ†æ•£æ§‹é€ 分æžTitle. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknolo, III(1), 40–47. http://i-lib.ugm.ac.id/jurnal/download.php?dataId=2227%0A???%0Ahttps://ejournal.unisba.ac.id/index.php/kajian_akuntansi/article/view/3307%0Ahttp://publicacoes.cardiol.br/portal/ijcs/portugues/2018/v3103/pdf/3103009.pdf%0Ahttp://www.scielo.org.co/scielo.php?scri
Naharuddin. (2021). Pengaruh Metode Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing Dan Motivasi Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Ipa Fisika. 3, 1–8. http://eprints.unm.ac.id/19373/
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Putri. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah. LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.18326/lisania.v1i1.1160
Rihi, S. P. P., Bano, V. O., & Enda, R., R. (2022). Pengaruh Laboratorium Virtual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 14(2), 183–188. https://doi.org/10.25134/quagga.v14i2.5753
Rista, L. (2019). Penerapan media pembelajaran berbasis ICT (Information Communication of Technology) terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas IX SMP Negeri 1 Lhokseumawe. Jurnal MathEducation Nusantara, 2(2), 172–180.
Rosdiana, R., Jamalsari, F. N., & Bhakti, Y. B. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 11(2), 202–208. https://doi.org/10.26877/jp2f.v11i2.6381
Sarini, P. (2015). Pengaruh Virtual Experiment Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Singaraja. Proceedings Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA V, 2, 21–26.
Sitompul, Astalini, & Alrizal. (2018). Deskripsi Motivasi Belajar Fisika Siswa Kelas X MIPA di SMAN 1 Kota Jambi. Jurnal Edufiska, 3(2), 22–31. https://doi.org/10.37251/jee.v3i3.245
Supari, K. P., Kenap, A. A., & Mewengkang, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(6), 700–708. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i6.3295
Swandi, A., Nurul Hidayah, S., & Irsan. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Laboratorium Virtual untuk Mengatasi Miskonsepsi Pada Materi Fisika Inti di SMAN 1 Binamu, Jeneponto. Jurnal Fisika Indonesia, 18(52), 20–24. https://doi.org/10.22146/jfi.24399
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Utami, F. D., Djatmika, E. T., & Sa’dijah, C. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep, Sikap Ilmiah, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 2(12), 1629–1638.
Wicaksana, S. B., & Anistyasari, Y. (2020). Tinjauan Pustaka Sistematis Tentang Penggunaan Flashcard pada Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal IT- EDU, 5(1), 121–131. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/36597
Widiyanti, N., & Ansori, Y. Z. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V di SDN Ciparay I. Seminar Nasional Pendidikan, 2, 222–228. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/325/308
Yanda, K. O., Jumroh, & Octaria, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1), 58–67. https://doi.org/10.31851/indiktika.v2i1.3428
Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(1), 75–82. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i1.409
Zuleni, E., & Marfilinda, R. (2022). Pengaruh Motivasi Terhadap Pemahaman Konsep Ilmu Pengetahuan Alam Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 244–250. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.34
Zulhelmi, Adlim, & Mahidin. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Peningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 05(01), 72–80. http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi