Pengaruh Laboratorium Virtual Olabs dan Motivasi Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa

Pengaruh Laboratorium Virtual Olabs dan Motivasi Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa

Authors

  • Aminatul Alfia a:1:{s:5:"en_US";s:34:"Universitas PGRI Kanjuruhan Malang";}
  • Sudi Dul Aji Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Chandra Sundaygara Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jtst.v7i1.9355

Keywords:

Virtual Lab, Motivasi Belajar, Pemahaman konsep

Abstract

Tujuan penelitian ini, yaitu 1) untuk mengetahui adanya perbedaan pemahaman konsep yang belajar menggunakan laboratorium virtual olabs dan konvensional, 2) untuk mengetahui adanya perbedaan pemahaman konsep siswa yang memiliki motivasi tinggi dan motivasi rendah, 3) untuk mengetahui adanya interaksi antara laboratorium virtual olabs dan motivasi belajar terhadap pemahaman konsep siswa. Jenis penelitian menggunakan eksperimen semu (Quasi Experimental) dengan model penelitian Pretest-Posttest Control Grup Design. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI SMAN I Arjasa semester genap tahun ajaran 2023. Pengambilan sampel menggunakan teknik porpusive sampling. Sampel penelitian ini menggunakan 100 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data motivasi belajar menggunakan angket dan data pemahaman konsep menggunakan soal objektif dengan menggunakan analisis uji T-test dan uji anova dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada perbedaan pemahaman konsep yang belajar menggunakan laboratorium virtual olabs dan konvensional, 2) ada perbedaan pemahaman konsep siswa yang memiliki motivasi tinggi dan motivasi rendah, 3) ada interaksi antara laboratorium virtual olabs dan motivasi belajar terhadap pemahaman konsep siswa.

References

Adi, W. C., Suratno, & Iqbal, M. (2016). - Virtual Laboratory. Pengembangan Virtual Laboratory Sistem Ekskresi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA, 4(4), 130–136. https://doi.org/10.1201/b12912-12

Andi Quraisy, Muzaini, M., Ilhamsyah, I., & Gaffar, A. (2023). Pemanfaatan Laboratorium Virtual Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Abdimas Indonesia, 3(3), 280–288. https://doi.org/10.53769/jai.v3i3.514

Bungkuran, A., Taunaumang, H., & Komansilan, A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbantuan Amrita Olabs Pada Materi Gelombang Bunyi. Jurnal Pendidikan Fisika Charm Sains, 2(3), 149–155. https://doi.org/10.53682/charmsains.v2i3.123

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Prosiding DPNPM Unindra 2019, 0812(2019), 181–188.

Hermansyah, Gunawan, & Herayanti, L. (2017). Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Getaran dan Gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(2), 97–102. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i2.242

Hikmah, N., Saridewi, N., & Agung, S. (2017). Penerapan Laboratorium Virtual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. EduChemia (Jurnal Kimia Dan Pendidikan), 2(2), 186. https://doi.org/10.30870/educhemia.v2i2.1608

Kurniawan, Basuki, & Ariani. (2015). Virtual Laboratory Berbasis Inquiry Terbimbing: Percobaan Viskositas. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 11(1), 1–7. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpfi

Kurniawan, Rifa’i, & Fajar. (2020). Analisis Kemenarikan Media Pembelajaran Phet Berbasis Virtual Lab pada Materi Listrik Statis Selama Perkuliahan Daring Ditinjau dari Perspektif Mahasiswa. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 1(1), 19–28. https://doi.org/10.35719/vektor.v1i1.6

Lestari, L., Aprilia, L., Fortuna, N., Cahyo, R. N., Fitriani, S., Mulyana, Y., & Kusumaningtyas, P. (2023). Review: Laboratorium Virtual untuk Pembelajaran Kimia di Era Digital. Jambura Journal of Educational Chemistry, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.34312/jjec.v5i1.15008

Liliana, I., Dewi, K., Zaenuri, Z., Dwijanto, D., & Mulyono, M. (2015). Kemampuan Pemahaman Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 534–540.

Masithoh, D. (2021). Pengaruh Praktikum Biologi Berbasis Laboratorium Virtual (Olabs) Terhadap Hasil Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Ginjal Kelas XI Di SMAN 1 Rejotangan Tulungagung.

Maulana, I., Suryani, N., & Asrowi, A. (2019). Augmented Reality: Solusi Pembelajaran IPA di Era Revolusi Industri 4.0. Proceedings of The ICECRS, 2(1), 19–26. https://doi.org/10.21070/picecrs.v2i1.2399

Mu’minah, I. H. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Praktikum Virtual Lab Berbasis OLABS (Online Laboratory) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal Of Community Service, 2(1), 99–107.

Muthmainnah, Rokhmat, J., & ’Ardhuha, J. (2017). No 主観的å¥åº·æ„Ÿã‚’中心ã¨ã—ãŸåœ¨å®…高齢者ã«ãŠã‘ã‚‹ å¥åº·é–¢é€£æŒ‡æ¨™ã«é–¢ã™ã‚‹å…±åˆ†æ•£æ§‹é€ 分æžTitle. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknolo, III(1), 40–47. http://i-lib.ugm.ac.id/jurnal/download.php?dataId=2227%0A???%0Ahttps://ejournal.unisba.ac.id/index.php/kajian_akuntansi/article/view/3307%0Ahttp://publicacoes.cardiol.br/portal/ijcs/portugues/2018/v3103/pdf/3103009.pdf%0Ahttp://www.scielo.org.co/scielo.php?scri

Naharuddin. (2021). Pengaruh Metode Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing Dan Motivasi Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Ipa Fisika. 3, 1–8. http://eprints.unm.ac.id/19373/

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Putri. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah. LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.18326/lisania.v1i1.1160

Rihi, S. P. P., Bano, V. O., & Enda, R., R. (2022). Pengaruh Laboratorium Virtual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 14(2), 183–188. https://doi.org/10.25134/quagga.v14i2.5753

Rista, L. (2019). Penerapan media pembelajaran berbasis ICT (Information Communication of Technology) terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas IX SMP Negeri 1 Lhokseumawe. Jurnal MathEducation Nusantara, 2(2), 172–180.

Rosdiana, R., Jamalsari, F. N., & Bhakti, Y. B. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 11(2), 202–208. https://doi.org/10.26877/jp2f.v11i2.6381

Sarini, P. (2015). Pengaruh Virtual Experiment Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Singaraja. Proceedings Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA V, 2, 21–26.

Sitompul, Astalini, & Alrizal. (2018). Deskripsi Motivasi Belajar Fisika Siswa Kelas X MIPA di SMAN 1 Kota Jambi. Jurnal Edufiska, 3(2), 22–31. https://doi.org/10.37251/jee.v3i3.245

Supari, K. P., Kenap, A. A., & Mewengkang, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(6), 700–708. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i6.3295

Swandi, A., Nurul Hidayah, S., & Irsan. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Laboratorium Virtual untuk Mengatasi Miskonsepsi Pada Materi Fisika Inti di SMAN 1 Binamu, Jeneponto. Jurnal Fisika Indonesia, 18(52), 20–24. https://doi.org/10.22146/jfi.24399

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Utami, F. D., Djatmika, E. T., & Sa’dijah, C. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep, Sikap Ilmiah, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 2(12), 1629–1638.

Wicaksana, S. B., & Anistyasari, Y. (2020). Tinjauan Pustaka Sistematis Tentang Penggunaan Flashcard pada Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal IT- EDU, 5(1), 121–131. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/36597

Widiyanti, N., & Ansori, Y. Z. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V di SDN Ciparay I. Seminar Nasional Pendidikan, 2, 222–228. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/325/308

Yanda, K. O., Jumroh, & Octaria, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1), 58–67. https://doi.org/10.31851/indiktika.v2i1.3428

Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(1), 75–82. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i1.409

Zuleni, E., & Marfilinda, R. (2022). Pengaruh Motivasi Terhadap Pemahaman Konsep Ilmu Pengetahuan Alam Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 244–250. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.34

Zulhelmi, Adlim, & Mahidin. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Peningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 05(01), 72–80. http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi

Downloads

Published

2025-03-31

How to Cite

Alfia, A., Dul Aji, S., & Sundaygara, C. (2025). Pengaruh Laboratorium Virtual Olabs dan Motivasi Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 7(1), 1–9. https://doi.org/10.21067/jtst.v7i1.9355

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >> 
Loading...