PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA KELAS VIII SMP
DOI:
https://doi.org/10.21067/jtst.v2i3.4824Keywords:
Conceptual Understanding Procedures, Motivasi Belajar, Penguasaan KonsepAbstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kualitas keterlaksanaan pembelajaran model Conceptual Understanding Procedures dapat meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa. Adapun jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas berupa rancangan penelitian yang terdiri dari dua siklus dan terbagi menjadi empat tahap, seperti : (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Sasaran atau subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VIII G SMP Negeri 17 Malang sebanyak 33 siswa. Adapun hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model Conceptual Understanding Procedures pada siklus I 74,72% dan pada siklus II 89,44%, motivasi belajar pada siklus I yaitu 69,12% dan pada siklus II yaitu 86,49%, dan penguasaan konsep pada siklus I mencapai rata-rata 75,84 dan rata-rata siklus II yaitu 82,18. Dari data hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model conceptual understanding procedures dapat meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa kelas VIII G SMP Negeri 17 Malang tahun ajaran 2019/2020.
References
Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktek / Suharsimi Arikunto. Rineka Cipta, 2006(2006), 1–99. https://doi.org/2006
Ismawati, F. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures untuk Meningkatkan Curiosty dan Pemahaman Konsep Siswa (Vol. 10). https://doi.org/10.15294/jpfi.v10i1.3047
Ringan, J., Arsyad, M., & Nurlina, N. (2014). Peningkatan Pemahaman Fisika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 09 Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika Unismuh, 2(2), 127–136.
Trianggono, M. M. (2017). Analisis Kausalitas Pemahaman Konsep Dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 3(1), 1. https://doi.org/10.25273/jpfk.v3i1.874
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi