PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA

Agnes Noa, Sudi Dul Aji, Kurriawan Budi Pranata

Abstract

Dalam mengembangkan suatu produk baru yaitu berupa lembar kerja siswa merupakan tujuan dari penelitian ini.Penelitian ini menggnakan modle  R & D, yaitu Foour - D Modeels. Kevalidan  LKS yang didasarkan dari ketiga ahli yaitu ahli materi, ahli media dan ahli bahasa, penilain produk LKS bebasis inkuiri terbimbing oleh ahli materi, ahli media dan ahli bahasa menunjukan bahwa kualitas LKS termasuk dalam kriteria “Valid†dengan presentase pencapaiannya sebesar   dan  Hasil kepraktisan LKS didasarkan pda anket, presentase pencapaiannya sebesar  untuk uji coba perorangan presentase pencapaiannya sebesar  dengan rata-rata gabungannya  untuk uji coba kelompok kecil presentase pencapainnya sebesar   dengan rata-rata gabungannya  dan uji coba lapangan dengan presentase pencapaiannya sebesar  dengan rata-rata gabungannya  Hasil keefektivan LKS berdasarkan tes awal dan tes akhir, untuk tes awal diperoleh skor terendahnya skor tertinggi  dengan rata-rata skor  untuk tes akhir diperoleh skor terendah  skor tertinggi , dengan rata-rata skornya  Rata-rata skor tes akhir tersebut sudah mencapai sehingga telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM).


 

References

Endang, S. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Representasi Ganda Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA. Universitas Negri Yogyakarta.
Ema,Wahyuni.(2012).Pengembangan Lembar Kerja Siswa Matematika SMP Berbasis Kontekstual Untuk Memfasilitasi Pencapaian Kemampuan Memecahkan Masalah.
Maulida, R dan Simanjuntak.M.P: Pengembangan Bahan Ajar Fisika SMA Berbasis Investigasi pada Materi Fluida Dinamis untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jornal Pendidikan Fisika ISSN 2252-732X, Vol 4. No 1 Juni 2015.
Rahmi, R. (2013).Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing dan Multimedia Pembelajaran IPA SMP Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin.
Oktavia, L. (2019). Pengembangan Lembar Kerja (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Kalor dan Perubahanyadi Kelas VII SMP Negri 12 Pontianak. Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA), Vol2 No 1 (2019), Hal 23-27.
Permana, Ardy, Agus Suyatna dan Undang Rosidin. 2013. Pengembangan LKS (Lembar Kerja Siswa) Model Inkuiri Terbimbing Matrei Pokok Optika. Jurnal Pendidikan Fisika, Vol 1 No 5. Hal 55.

Authors

Agnes Noa
agnesnoa12@gmail.com (Primary Contact)
Sudi Dul Aji
Kurriawan Budi Pranata
Noa, A., Dul Aji, S., & Pranata, K. B. (2022). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 3(4), 258–264. https://doi.org/10.21067/jtst.v3i4.6172

Article Details

Most read articles by the same author(s)