PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN MOTIVASI SISWA

Felisitas Dayanti, Chandra Sundaygara, Kurriawan Budi Pranata

Abstract

Penelitian ini adalah bertujuan untuk mengetahui sejauh mana model pembelajaran Creative Problem Solving untuk meningkatkan literasi sains dan motivasi belajar siswa kelas VIII-A SMP PGRI 6 Malang. Creative Problem Solving (CPS) adalah pembelajaran yang berpusat pada pemecahan masalah yang diikuti dengan penguatan kreativitas.  Model Pembelajaran Creative Problem Solving  dapat menciptakan pembelajaran yang dapat merangsang  siswa menyelesaikannya secara kreatif sehingga dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Subjek penelitian siswa kelas VIII-A SMP PGRI 6 Malang yang berjumlah 25 siswa. penelitian ini dilakukan dua siklus. Jenis penelitian ini PTK (Classroom Action Research) yang masing-masing siklus terdiri dari tahapan-tahapan (1) Perencanaan (planing), (2) pelaksanaan (acting), (3) observer (observation), (4) refleksi (reflecting). Prosedur pengumpulan data melalui observasi dan tes.Hasil penelitian keterlasanaan pembelajaran pada siklus I adalah 70,2% berada pada kualifikasi cukup biak  dan pada siklus II 87,19 berada pada kualifikasi baik, sedangkan literasi sains pada siklus I rata-rata kemampuan siswa 75,17 dan pada sisklus II rata-rata kelas 80,08 dan motivasi belajar siswa pada siklus I 60.42% dan pada siklus II 86,12%`. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Creative Problem Solving dapat meningkatkan literasi sains dan motivasi belajar siswa.


                                                                                                                               

References

Aini, Q. (2016). pengaruh motivasi belajar intrinsik dan ekstrinsik terhadap prestasi belajar. di SMA NW Pancor Lombok Timur NTB: STKIP Hamzanwadi:Bima. Diakses tanggal 9 pebuari 2018.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Arikunto. (2006). prosedur penelitian suatu pendekatan praktis, Ed Revisi VI. jakarta: PT Rineka Cipta.
Aritonang, k. T. (2008). Minat dan motivasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa. jakarta.
Ginanjar. (2015). penerapan model problem based learning untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa Kelas XI SMAN 7 Surabaya.
Hartati & Asyari, A. (2015). profil peningkatan kemampuan literasi sains siswa melalui pembelajaran saintifik. Retrieved 28, 2018.
Hamzah, d. (2011). penerapan metode Creative problem solving untuk meningkatakn aktifitas siwa. sukarta: Universitas Muhammadiyah sukarta.
Huda, M. (2014). Model-model pengajaran dan pembelajaran. yogyakarta: pustaka pelajar.
Kemendikbud. 2016. Penguatan Literasi Dalam Pembelajaran. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Kemendikbud. 2017. Materi Pendukung Literasi Sains. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kuswanto, H. (2016). Pengembangan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui model pembelajaran Creative Prblem solving.
Kriswahyudi, D. (2009). Definisi Daya serap. diambil dari http://library.um.ac.id pada tanggal 3 mei 2016.
Majid, A. (2013). Startegi Pembelajaran . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mudjiono & Damyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Penerbit Rinika Cipta:Jakarta
Muslich, M. (2007). pembelajaran Berbasis Kompetensi. jakarta: Bumi Askara.Nihayah, Rizqi P. (2013). Peningkatan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Menghias Busana dengan Model pembelajaran Langsung Berbantuan Media Wallchart di SMKN1 Pengasih Kulonprogo. Yogyakarta: Tidak Dipublikasikan
Rusilowati, A. 2013. Peningkatan Literasi Sains Siswa Melalui Pengembangan Instrumen Penilaian. Pidato Pengukuhan Profesor Unnes Semarang.
Rustini, T. (2008). Penerapan Model Problem Solving Untuk Meningkatkan Pengembangan Potensi Berpikir Siswa Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, Nomor: 10.
Rustaman, d. (2011). Membangun Literasi Sains peserta didik. Bandung: Humaniora.
Sardiman,A.M. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:Grafindo.
Sardirman, A.M. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:Grafindo.
Sujarwo. (2012). Model-model pembelajaran suatu srategi mengajar. yogyakarta
Rustini, T. (2008). Penerapan Model Problem Solving Untuk Meningkatkan Pengembangan Potensi Berpikir Siswa Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, Nomor: 10.

Authors

Felisitas Dayanti
felisitasdayanti1998@gmail.com (Primary Contact)
Chandra Sundaygara
Kurriawan Budi Pranata
Dayanti, F., Sundaygara, C., & Pranata, K. B. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN MOTIVASI SISWA. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 2(4), 333–341. https://doi.org/10.21067/jtst.v2i4.4924

Article Details

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>