PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL GUIDE INQUIRY PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.21067/jtst.v3i2.4972Keywords:
Inkuiri terbimbing, hasil belajarAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan yaitu(1)mengetahui kualitas keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model guide inquiry,(2)dapat mengetahui peningkatan hasil belajar. Adapun penelitian ini menggunakanan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindak kelas,rancangan penelitian ini ada 2 tindakan dan terbagi menjadi 4 tahapan, yaitu: perencanaan,tindakan,pengamatan,dan refleksi.Sasaran dalam tindakan ini adalah peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 2 Wanukaka terdiri dari 32 orang. Adapun hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pada keterlaksanaan kegiatan belajar mengajar pada tindakan 68,12% pada tindakan II 85%. Sedangkan rata-rata hasil belajar dari ketiga ranah yaitu afektif tindakan I 68,67% dan tindakan II 76,25%, kognitif pada tindakan I 73,59% pada tindakan II 82,03%,ranah psikomotorik pada tindakan I 71,04%, pada tindakan II 77,53%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan melalui penerapan model inkuiri terbimbing hasil belajar siswa dapat meningkat.
References
Kemdikbud.(2013). Kurikulum 2013. Jakarta: Pemerintah RI.
Muchindasari, D.2016. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIIB smpn 4 Madium. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains).
Nurbudiyani, I.2013. Pelaksanaan Pengukuran Ranah Kognitif,Afektif dan Psikomotorik Pada Mata Pelajaran IPS Kelas III SD Muhammadiyah Palangkaraya. Pedagogik Jurnal Pendidikan
Abdurrahman, M.2003. Pendidikan Bagi Berkesulitan Belajar. Jakarta:Rineka Cipta
Agung, A.A.Gede.2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan
Chodijah.2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika. Jurnal penelitian pembelajaran fisika.
Hamalik.2003. Tahapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jakarta: Balai Pustaka.
Nurbudiyani, I.2013. Pelaksanaan Pengukuran Ranah Kognitif,Afektif dan Psikomotorik Pada Mata Pelajaran IPS Kelas III SD Muhammadiyah Palangkaraya. Pedagogik Jurnal Pendidikan
Partono.2014. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMP NEGERI 4 Metro Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Fisika. P-ISSN:2337-5973
Safitri,N.,Sunarmi,& Suwono,H.(2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIIC SMPN 10 Malang. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1),31-38. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/indeks.php/jpb/article/view/715
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi