PENGARUH MODEL PBL DAN MOTIVASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
DOI:
https://doi.org/10.21067/jtst.v3i2.5025Keywords:
Motivasi Belajar, Berpikir Kritis, PBLAbstract
Pada abad 21 kemajuan IPTEk difokuskan kepada kemampuan berpikir seorang siswa. Tujuan penelitian yaitu melihat pengaruh model PBL dan motivasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian Quasi Experimentdan desain penelitian post test only control design. Ada dua kelas yang digunakan sebagai sampel yaitu VIII B dan VIII D dengan populasi semua siswa kelas VIII SMP NEGERI 2 MALANG. Instrumen yang digunakan adalah motivasi belajar dan berpikir kritis dengan motivasi belajar melalui observasi yang berpikir kritis melalui tes pilihan ganda. Anova 2 jalur merupakan cara yang digunakan peneliti untuk menganalisis data dalam penelitian tersebut. Dan hasilnya menunjukkan bahwa: 1) Model PBL dan konvensional tidak dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, 2) motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah memiliki pemikiran dalam berpikir kritis, 3) PBL dan motivasi belajar terhadap berpikir kritis tidak memiliki interaksi.
References
Aryana. (2015). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Tinggi Melalui Pembelajaran. Singaraja: UNDIKSHA.
Dolan. (2016). Pengaruh Model PBL Terhadap Motivasi ditinjau dari Proses Pemecahan Masalah. 2(1), 1–18.
Gultom, M., & Adam, D. H. (2018). Pengaruh Pendekatan Model PBL Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. 4(2), 1–5.
Hamruni. (2012). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.
Hasmiati. (2017). Penerapan Model PBL dan Hasil Belajar dalam Meningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif. 3(1), 257–262.
Nurfiyanti, N., & Widodo, W. (2017). Kelayakan KIT IPA Sebagai Alat Praktikum. 5(03), 191–194.
Sri, S. (2017). Pengaruh Motivasi terhadap Berpikir Kritis. 3(1), 1–20.
Syarif, I. (2012). Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar. 2(2), 234–249.
Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. 1–2.
Wulandari, B. (2013). Pengaruh Model PBLTerhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar. 3(2), 178–191.
Wulandari, N., & Sholihin, H. (2015). Penerapan Model PBL pada Pembelajaran IPA Terpadu untuk Meningkatkan Aspek Sikap Literasi Sains. 2015(Snips), 437–440.
Yamin, S. (2011). The Effect of Problem Based Learning on Critical Thinking Ability. 2(1), 215–221.
Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Pada Abad Ke 21 yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. 2(2), 1–17. https://doi.org/10.1021/acs.langmuir.6b02842
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi