PENGARUH MODEL PBL DAN MOTIVASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Authors

  • Etwinia Bajung Antonius Etwinia Bajung
  • Nurul Ain Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Sholikhan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jtst.v3i2.5025

Keywords:

Motivasi Belajar, Berpikir Kritis, PBL

Abstract

Pada abad 21 kemajuan IPTEk difokuskan kepada kemampuan berpikir seorang siswa. Tujuan penelitian yaitu melihat pengaruh model PBL dan motivasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian Quasi Experimentdan desain penelitian post test only control design. Ada dua kelas yang digunakan sebagai sampel yaitu VIII B dan VIII D dengan populasi semua siswa kelas VIII SMP NEGERI 2 MALANG. Instrumen yang digunakan adalah motivasi belajar dan berpikir kritis dengan motivasi belajar melalui observasi yang berpikir kritis melalui tes pilihan ganda. Anova 2 jalur merupakan cara yang digunakan peneliti untuk menganalisis data dalam penelitian tersebut. Dan hasilnya menunjukkan bahwa: 1) Model PBL dan konvensional tidak dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, 2) motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah memiliki pemikiran dalam berpikir kritis, 3) PBL dan motivasi belajar terhadap berpikir kritis tidak memiliki interaksi.

References

Ahmad, L. O., Ibrahim, M., & Arapu, L. (2018). Perbandingan Model PBL dan DL Terhadap Hasil Belajar. 6(1), 57–70.
Aryana. (2015). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Tinggi Melalui Pembelajaran. Singaraja: UNDIKSHA.
Dolan. (2016). Pengaruh Model PBL Terhadap Motivasi ditinjau dari Proses Pemecahan Masalah. 2(1), 1–18.
Gultom, M., & Adam, D. H. (2018). Pengaruh Pendekatan Model PBL Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. 4(2), 1–5.
Hamruni. (2012). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.
Hasmiati. (2017). Penerapan Model PBL dan Hasil Belajar dalam Meningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif. 3(1), 257–262.
Nurfiyanti, N., & Widodo, W. (2017). Kelayakan KIT IPA Sebagai Alat Praktikum. 5(03), 191–194.
Sri, S. (2017). Pengaruh Motivasi terhadap Berpikir Kritis. 3(1), 1–20.
Syarif, I. (2012). Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar. 2(2), 234–249.
Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. 1–2.
Wulandari, B. (2013). Pengaruh Model PBLTerhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar. 3(2), 178–191.
Wulandari, N., & Sholihin, H. (2015). Penerapan Model PBL pada Pembelajaran IPA Terpadu untuk Meningkatkan Aspek Sikap Literasi Sains. 2015(Snips), 437–440.
Yamin, S. (2011). The Effect of Problem Based Learning on Critical Thinking Ability. 2(1), 215–221.
Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Pada Abad Ke 21 yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. 2(2), 1–17. https://doi.org/10.1021/acs.langmuir.6b02842

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Antonius, E. B., Ain, N., & Sholikhan. (2021). PENGARUH MODEL PBL DAN MOTIVASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS . RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 3(2), 113–121. https://doi.org/10.21067/jtst.v3i2.5025

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>